6 Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Efektif

Kelola keuangan dengan lebih bijak.

6 Cara Mengatur Keuangan Pribadi yang Efektif
ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat sejumlah cara mengatur keuangan pribadi yang efektif dan bisa Anda praktikkan. Hal ini penting untuk diketahui dari sekarang agar Anda bisa mengelola penghasilan dengan bijak.

Sangat disayangkan jika Anda memiliki gaji yang besar, tetapi memiliki pengeluaran dan jumlah utang yang melebihi kemampuan bayar, sehingga Anda tidak memiliki simpanan uang untuk membayar utang tersebut.

Penghasilan yang banyak tidak akan menjamin kesejahteraan hidup seseorang, jika tidak dibarengi dengan mengatur keuangan pribadi yang baik. Anda harus mampu menata pendapatn dan pengeluaran satu persatu.

Untuk menghindari permasalahan tersebut, berikut ini sejumlah cara mengatur keuangan pribadi yang efektif agar terhindar dari jerat gaya hidup konsumtif.

1. Membuat anggaran bulanan

ilustrasi uang (unsplash.com/Ibrahim Rifath)

Cara mengatur keuangan pribadi pertama adalah membuat anggaran bulanan. Jika Anda bingung, Anda bisa menggunakan formula 40-3-20-10 dengan rincian sebagai berikut:

  • 40 persen pendapatan digunakan untuk biaya keperluan sehari-hari.
  • 30 persen pendapatan untuk membayar cicilan utang yang dimiliki.
  • 20 persen pendapatan alokasi pendapatan Anda untuk tabungan atau investasi masa depan.
  • 10 persen pendapatan digunakan untuk bersedekah.

2. Konsisten mencatat pengeluaran dan pemasukan

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/ima Miroshnichenko)

Jangan lupa untuk konsisten mencatat keuangan Anda, termasuk pengeluaran dan pemasukan. Dengan begitu, perencanaan keuangan dapat tertata dengan baik.

Selain itu, mencatat keuangan pribadi juga dapat membantu Anda untuk mengetahui uang yang dihasilkan dibelanjakan untuk apa saja. Anda bisa mengurangi atau menambahkan nominal sesuai dengan kebutuhan

Mencatat keuangan juga membantu Anda untuk mewujudkan tujuan finansial Anda. Misalnya, Anda memiliki rencana ingin membeli rumah dengan KPR 5 tahun yang akan datang. Anda bisa mengatur jumlah pengeluaran dari sekarang.

3. Mulai berinvestasi

ilustrasi investasi (pexels.com/Joslyn Pickens)

Cara lain yang bisa Anda gunakan untuk mengelola keuangan dengan bijak adalah mulailah berinvestasi. Menabung di bank saja tidak akan cukup, jumlah bunga yang diterima tidak sebanding dengan biaya potongan administrasi bulanan, terlebih lagi dengan tingkat inflasi yang terus meningkat setiap tahunnya.

Oleh sebab itu, sebaiknya mulailah berinvestasi dari sekarang. Anda bisa memilih instrumen investasi yang disenangi. Ada beragam artikel bacaaan yang bisa Anda baca mengenai investasi.

4. Memiliki dana darurat

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Dana darurat sangat penting untuk dimiliki demi mengantisipasi keadaan urgent, sehingga tidak terlalu memengaruhi kondisi finansial Anda.

Ada sejumlah kejadian yang tidak bisa diprediksi, mulai dari pengeluaran keluarga, tanggungan, biaya berobat, bencana alam, dan lain sebagainya.

5. Membayar utang atau cicilan

ilustrasi uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Cara mengatur keuangan pribadi yang efektif lainnya adalah melunasi cicilan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari bunga yang membengkak dan solusi agar Anda terlepas dari utang. 

Hindari utang konsumtif yang membuat dana Anda terkuras. Sebaliknya, untuk meningkatkan pendapatan, Anda bisa menggunakan utang produktif. Ini adalah konndisi saat Anda meminjam sejumlah dana untuk digunakan sebagai modal usaha.

6. Memiliki asuransi kesehatan dan jiwa

Ilustrasi Asuransi/Dok. unsplash.com/@vladdeep

Hal lainya yang tidak kalah pentingnya adalah memiliki asuransi. Mungkin jika Anda merasa rugi karena harus membayar asuransi, tetapi ini sangat bermanfaat untuk masa mendatang.

Itulah tadi sejumlah cara mengatur keuangan pribadi yang bisa Anda lakukan. Semoga informasi ini bisa membantu Anda untuk mengelola penghasilan dengan lebih bijak.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia