Dompet Digital: Pengertian dan Contoh-Contohnya di Indonesia

Transaksi jadi lebih praktis dan efisien.

Dompet Digital: Pengertian dan Contoh-Contohnya di Indonesia
ilustrasi dompet digital (unsplash.com/Blake Wisz)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

E-wallet atau dompet digital adalah salah satu metode pembayaran cashless atau nontunai. Melalui layanan ini, transaksi menjadi lebih praktis, aman, serta menguntungkan.

Dompet digital sangat berguna bagi Anda yang ingin bertransaksi secara online, offline, atau melalui QR code. Tidak hanya digunakan untuk pembayaran, tetapi Anda juga bisa melakukan transfer ke sesama bank.

Istilah e-wallet ini mulai populer sejak GoPay dan OVO mulai memperkenalkannya. Ada beragam promo dan potongan harga di sejumlah merchant yang bekerja sama dengan dompet digital tersebut.

Untuk lebih jelasnya, simak artikel mengenai dompet digital di bawah ini!

Apa itu dompet digital?

Dompet digital adalah sebuah aplikasi elektronik yang digunakan sebagai alat pembayaran. Anda tidak perlu kartu atau uang tunai, tetapi cukup mengaksesnya melalui ponsel.

Anda tidak perlu takut untuk menggunakannya karena dompet digital dilengkapi dengan kata sandi atau pengamanan biometrik, sehingga hanya bisa diakses oleh penggunanya saja. 

Contoh dompet digital di Indonesia

ilustrasi dompet digital (unsplash.com/Clay Banks)

Terdapat enam contoh dompet digital yang cukup populer digunakan. Di antaranya sebagai berikut:

1. GoPay

Jenis dompet digital yang populer di Indonesia adalah GoPay. Aplikasi yang masih berada di bawah satu nuangan GoJek ini telah mendapatkan izin dari Bank Indonesia.

Ada berbagai fitur transaksi yang bisa Anda lakukan melalui GoPay, seperti memesan makanan, membayar transportasi, bayar tagihan, dan lainnya. Selain itu, pada momen-momen tertentu, terdapat promo menarik yang disediakan untuk pengguna.

2. OVO

OVO masuk dalam deretan e-wallet yang banyak digunakan di Indonesia. Pada mulanya, OVO merupakan milik dari perusahaan Lippo Group. Akan tetapi, kini telah beralih dan bekerjasama dengan Grab.

Ada berbagai fitur menarik yang bisa Anda gunakan, seperti pembelanjaan online, transfer antar bank, pemesanan makanan, dan masih banyak lagi.

3. ShopeePay

Dompet digital lainnya yang tak kalah menarik adalah Shopeepay. E-wallet yang satu ini langsung terhubung dengan marketplace, Shopee.

Tidak hanya digunakan untuk berbelanja di Shopee, dompet digital ini juga bisa Anda gunakan di sejumlah merchant yang bekerjasama.

4. LinkAja

LinkAja merupakan dompet digital yang bekerja sama dengan sejumlah perusahaan besar di tanah air, mulai dari Telkomsel, Pertamina, hingga Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Fitur yang dihadirkan juga cukup lengkap dan memberikan kemudahan untuk bertransaksi.

5. Dana

Dana merupakan dompet digital buatan anak bangsa dan telah mendapat izin dari Bank Indonesia. Hal yang menarik dari DANA adalah e-wallet ini telah terhubung dengan ATM dan juga BPJS.

Anda bisa menggunakan fitur scan QR code untuk proses pembayaran. Temukan fitur menarik lainnya di aplikasi ini.

6. Sakuku

Sakuku merupakan e-wallet milik Indomaret. Layanan ini mempermudahkan pelanggan Indomaret untuk melakukan transaksi. Selain itu, fitur yang disediakan juga cukup beragam, seperti pembayaran pulsa, tiket, dan sebagainya.

Penggunaan dompet digital lebih praktis

Ilustrasi dompet digital. (Shutterstock/Creative Caliph)

Jika dibandingkan dengan transaksi konvensional yang menggunakan uang tunai, pembayaran menggunakan dompet digital lebih praktis. Anda juga memindah barcode yang tersedia.

Selain itu, e-wallet juga dinilai lebih aman dengan menggunakan sandi pengaman, sehingga tidak bisa disalah gunakan pihak lainnya. Semua riwayat transaksi juga akan tersimpan secara otomatis di dalam aplikasi. Hal ini akan memudahkan Anda untuk memeriksanya kembali.

Jadi, dompet digital adalah salah satu metode pembayaran nontunai yang memudahkan Anda dalam bertransaksi. Penggunaaan dompet digital pun dinilai lebih aman dan praktis dibanding pembaran konvensional.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu