Apa itu Investasi Jangka Pendek? Kelebihan dan Bentuk Investasinya

Solusi bagi Anda yang membutuhkan dana cepat.

Apa itu Investasi Jangka Pendek? Kelebihan dan Bentuk Investasinya
ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Mungkin sebagian dari Anda sudah yang mengetahui apa itu Investasi Jangka Pendek. Jenis investasi ini menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mencari dana dengan cepat. 

Perlu untuk diketahui bahwa jenis investasi, berdasarkan durasinya, dibedakan menjadi dua, yaitu investasi jangka panjang dan jangka pendek. Lalu, apa itu investasi jangka pendek? Berikut selengkapnya dalam artikel di bawah ini.

Apa itu investasi jangka pendek?

ilustrasi uang (unsplash.com/Micheile Dot Com)

Investasi jangka pendek adalah investasi yang dilakukan dalam kurun waktu tidak lebih dari satu tahun. Pada umumnya, investasi ini hanya memerlukan rentang waktu 3–12 bulan saja Anda sudah dapat menikmati hasilnya.

Investasi jenis ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang tidak ingin berlama-lama menunggu atau sedang membutuhkan dana cepat.

Kelebihan investasi jangka pendek

ilustrasi uang (unsplash.com/micheile dot com)

Bagi Anda yang tertarik untuk melakukan jenis investasi ini, berikut beberapa kelebihan investasi jangka pendek yang cukup menggiurkan, antara lain:

Mendapat keuntungan dengan cepat

Kelebihan investasi jangka pendek adalah para investor akan memperoleh keuntungan dengan waktu yang cepat. Sebagaimana diketahui, jenis investasi ini lebih tidak sampai perlu menunggu waktu bertahun-tahun.

Pada jenis investasi ini, harga pasar yang fluktuatif dengan suku bunga mengalami naik turun yang cepat, sehingga hal ini bisa dimanfaatkan oleh para investor untuk memperoleh keuntungan sebanyak mungkin.

Lebih fleksibel dalam penarikan dana

Berbeda dengan investasi jangka panjang yang memiliki beberapa prosedur dalam pencairannya, Anda bisa mencairkan investasi jangka pendek kapan pun dan di mana pun.

Tentu kecepatan dalam prosedur pencairan ini mempermudah investor, terlebih lagi bila memang tujuan awal Anda berinvestasi untuk mendapatkan dana tambahan saja.

Anda tidak perlu menunggu aset habis dan mengkonversikan ke dalam bentuk uang. Anda bisa menentukan sendiri kapan waktu yang tepat untuk menarik dana investasi.

Bentuk investasi jangka pendek

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Apabila Anda tertarik dengan investasi jangka pendek, berikut beberapa bentuk atau jenisnya yang bisa Anda coba lakukan. Antara lain sebagai berikut:

Reksa Dana

Reksa dana adalah salah satu jenis investasi yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Hal ini karena jenis investasi ini dinilai sangat mudah untuk dilakukan.

Selain itu, saat ini banyak sekali aplikasi investasi yang menawarkan pembelian produk reksadana. Anda bisa mengaksesnya melalui smartphone saja. Setidaknya, biarkan investasi berlangsung kurang dari 12 bulan.

P2P lending

Jenis investasi jangka pendek selanjutnya yang bisa Anda coba adalah P2P Lending atau Peer to Peer Lending. 

Berbeda dengan investasi lainnya, jenis investasi ini berfokus pada layanan yang mempertemukan debitur (peminjam) dan kreditur (dipinjam) pada satu aplikasi.

Anda selaku kreditur akan memberikan uang kepada debitur dan menambahkan imbal hasil berupa bunga berdasarkan jumlah uang yang dipinjamkan. Siapa saja dapat memberikan pinjaman dana dengan mudah.

Tabungan

Tabungan merupakan salah satu bentuk investasi jangka pendek yang bisa dilakukan oleh semua orang. Anda bisa menabung di celengan ataupun di bank.

Namun, tabungan bukanlah bentuk investasi jangka pendek yang menjanjikan karena nilai dari uang yang Anda simpan tidak mengalami perkembangan.

Deposito

Investasi jangka pendek yang bisa Anda coba adalah deposito. Jangka waktu yang dibutuhkan berbeda-beda. Mulai dari 1 bulan, 3 bulan, hingga 24 bulan.

Anda diharuskan untuk menabung di bank pada periode waktu tertentu. Sebelum waktu yang ditentukan tersebut, Anda tidak bisa mencairkan dana yang telah ditabung.

Sekuritas

Investasi jangka pendek yang paling banyak diminati lainnya adalah sekuritas. Adapun dari investasi ini bisa berupa saham biasa hingga saham preferen.

Jenis saham ini sebenarnya terbagi dua, yaitu saham jangka pendek dan jangka panjang.

Itulah tadi artikel terkait apa itu investasi jangka pendek. Apabila Anda sedang menginginkan pencairan dana yang cepat, maka jenis investasi ini bisa jadi solusi bagi Anda.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M