Bukan USD, Ini 7 Mata Uang Tertinggi di Dunia 2022

Niai tukarnya fantastis!

Bukan USD, Ini 7 Mata Uang Tertinggi di Dunia 2022
ilustrasi mata uang (unsplash.com/John McArthur)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Tahukah Anda terdapat beberapa mata uang tertinggi di dunia yang memiliki nilai tukar yang tinggi. Adapun perbedaan nilai mata uang ini dipengaruhi oleh keadaan perekonomian di negara tersebut.

Perlu diketahui bahwa mata uang setiap negara berbeda-beda. Misalnya, mata uang rupiah (IDR), pound sterling (GBP), dolar Amerika Serikat (USD), dan lainnya.

Adapun mata uang yang paling banyak digunakan pada pasar dan perdagangan internasional adalah dolar Amerika Serikat (USD). Hal ini membuat USD menjadi patokan untuk mengukur nilai mata uang lainnya.

Akan tetapi, USD bukanlah mata uang tertinggi dunia. Malahan, mata uang yang besar berasal dari negara-negara yang memiliki sumber daya gas dan minyak yang besar.

Berikut ini negara dengan mata uang tertinggi di dunia 2022, dengan nilai tukar yang besar.

Dinar Kuwait/KWD (Rp49.204)

Dinar Kuwait (dok.wikipedia.org)

Mata uang tertinggi di dunia peringkat pertama adalah dinar Kuwait (KWD) dengan nilai tukarnya untuk 1 KWD sebesar Rp49.204. Adapun yang membuat nilai mata uang ini tinggi adalah negara Kuwait memiliki keunggulan di sektor perminyakan dunia.

Hal ini membuat Kuwait juga memiliki pendapatan global sebesar 80 persen yang berasal dari sektor perminyakan dan menjadi negara dengan cadangan minyak terbesar di dunia. Negara Timur Tengah ini juga terhindar dari pengaruh inflasi.

Dinar Bahrain/BHD (Rp40.431)

Mata Uang Dinar Bahrain (dok.wikipedia.org)

Negara yang memiliki mata uang dengan nilai tukar yang tinggi datang negara Bahrain. Negara ini juga memiliki kekayaan di bidang perminyakan dan gas. 

Adapun 1 dinar Bahrain (BHD) sama dengan Rp40.431. Mata uang ini mengalami kenaikan dimana pada bulan lalu nilainya setara dengan Rp39.213.

Rial Oman/OMR (Rp39.662)

ilustrasi Mata Uang Rial Oman (dok.manorfx.com)

Rial Oman (OMR) menjadi mata uang tertinggi di dunia dengan nilai tukarnya 1 OMR sama dengan Rp39.662. Nilai mata uangnya berhasil bertahan hingga 50 tahun.

Diketahui bahwa negara ini memiliki pendapatan global yang berasal dari cadangan minyak dunia. Selain itu, negara ini memiliki rasio utang PDB yang sangat rendah. Hal ini membuat para investor berbondong-bondong ke negeri ini.

Dinar Yordania/JOD (Rp21.503)

ilustrasi Dinar Yordania (dok.moneyinc.com)

Mata uang yang memiliki nilai tukar tertinggi selanjutnya ada dari dari negara Yordania. Adapun 1 dinar Yordania (JOD) setara dengan Rp21.503.

Meski perekonomian di negara ini lebih buruk dibandingkan negara Timur Tengah lainnya, tetapi Yordania berhasil menjaga kestabilan mata uang dengan membatasi nilainya. Kebijakan ini dinilai luar biasa.

Dolar Kepulauan Cayman/KYD (Rp18.133)

ilustrasi Dolar Cayman (dok.collectiblescurrency.com)

Mungkin mata uang ini kurang familier Anda dengar. Akan tetapi, 1 dolar Kepulauan Cayman (KYD) sama besarnya dengan Rp18.133.

Adapun mata uang ini berasal dari negara Britania Raya yang mempunyai kekuatan dibidang keuangan, terutama perpajakan. 

Selain itu, negara ini dijuluki dengan paradise papers atau surga pajak dan menjadi tempat ideal bagi semua perusahaan internasional.

Pound Sterling/GBP (Rp17.070)

ilustrasi Pounds Sterling (unsplash.com/

Mata uang terkuat lainnya datang dari benua Eropa, yakni pound sterling. Adapun 1 pound sterling (GBP) sama dengan Rp17.070. Nilai ini sedikit menurun dibandingkan bulan lalu yang mencapai Rp17.571.

Adapun hal yang menyebabkan nilai mata uang ini tinggi karena suka bunganya yang besar yang tentu saja menarik perhatian para investor.

Franc Swiss/CHF (Rp15.387)

ilustrasi mata uang Franc Swiss (dok.studyinginswitzerland.com)

Mata uang selanjutnya datang dari Negara Swiss dan Liechtenstein. Adapun mata uang negara tersebut 1 franc Swiss sama besarnya dengan Rp15.387. 

Kekuatan yang menyebabkan mata uang tersebut memiliki nilai tukar yang tinggi adalah bidang perbankan yang tertutup yang menjadi tempat aman bagi investor internasional.

Itulah tadi tujuh mata uang tertinggi di dunia yang memiliki nilai tukar yang besar. Apakah Anda tertarik untuk menukar uang dengan salah satu mata uang di atas?

Related Topics

Mata UangDolar As

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M