FINANCE

BRI Finance Bidik Pembiayaan Baru Rp4,1 triliun pada 2022

BRIF gandeng Smoot dalam pembiayaan motor listrik.

BRI Finance Bidik Pembiayaan Baru Rp4,1 triliun pada 2022Kerja sama BRI Finance dan Smoot pembiayaan motor listrik/Dok. Istimewa

by Suheriadi

Jakarta, FORTUNE - PT BRI Multifinance Indonesia atau BRI Finance (BRIF) terus menggenjot lini bisnis pembiayaan baru pada 2022. 

Direktur Utama BRI Finance, Azizatun Azhimah, menjelaskan pembiayaan baru BRIF ditargetkan mencapai Rp4,1 triliun tahun ini. Akan hal realisasi pembiayaan, saat ini yang dicapai sudah lebih dari Rp2 triliun. 

"Harapannya kondisi ekonomi dan semuanya kembali normal termasuk edukasi kepada masyarakat," kata Azizatun melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa (21/6). 

Bidik komposisi pembiayaan konsumer 70%

Tak hanya itu, BRIF juga berencana untuk meningkatkan pasar pembiayaan segmen konsumer yang komposisi segmen konsumernya ditargetkan mencapai 70 persen terhadap total portofolio pembiayaan. 

Hingga Mei 2022, pembiayaan konsumer telah berkontribusi 68 persen dari total pembiayaan BRIF. Azizatun pun menjelaskan, kerja sama dengan berbagai pihak merupakan salah satu strategi BRIF dalam meningkatkan pembiayaan. 

BRIF gandeng Smoot dalam pembiayaan motor listrik

BRIF juga menggandeng PT Smoot Motor Indonesia (Smoot) untuk memperluas pasar pembiayaan sepeda motor listrik. Hal ini seiring dengan aspirasi BRIF untuk memperbesar pangsa pasar pembiayaan konsumen sekaligus berperan aktif mendukung program pemerintah dalam peningkatan kendaraan ramah lingkungan. 

Dalam kesempatan yang sama, Azizatun mengatakan sepeda motor Smoot dari Smoot Motor Indonesia adalah produk dalam negeri yang memiliki komitmen yang sama dengan BRIF untuk bergerak ke arah bisnis berkelanjutan yang lebih ramah lingkungan. Komitmen tersebut seiring langkah pemerintah memacu penggunaan kendaraan listrik, guna mendorong dan mempercepat transisi pemanfaatan energi baru terbarukan (EBT). 

“Banyak orang tertarik dengan kendaraan listrik, tapi belum siap untuk mulai menggunakannya. Jadi. memang butuh effort dari semua pihak terkait untuk memperkenalkan kendaraan listrik ini," kata Azizatun. 

Kerja sama BRIF dan Smoot direalisasikan melalui pengadaan kendaraan operasional BRIF. Kemudian dilanjutkan dengan penggarapan pembiayaan motor listrik untuk pekerja di BRIF dan grup bisnis PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI) serta masyarakat luas. Dalam program ini, BRIF memberikan uang muka 0 persen untuk karyawan BRI Group dan 10 persen bagi nasabah dan debitur BRI Group. 

“Kami lihat tidak hanya go green tapi juga ekonomis, jauh lebih ekonomis dibandingkan dengan kendaraan konvensional. Harganya sangat kompetitif. Lalu teknologinya juga sangat baik.,” kata Azizatun. 

Total piutang pembiayaan BRIF capai Rp5,7 triliun

Lebih lanjut, diharapkan kerja sama ini akan berkontribusi terhadap keseluruhan kinerja BRIF. Per Mei 2022, total piutang pembiayaan BRIF mencapai Rp5,7 triliun, naik sekitar 39 persen secara tahunan. 

Masih pada periode yang sama, porsi piutang pembiayaan motor tercatat sekitar 4 persen dari total portofolio. Selain itu BRIF juga berhasil meningkatkan kinerja keuangan dan kualitas aset. 

Total aset tercatat sebesar Rp6,3 triliun atau naik sekitar 46 persen secara tahunan. Laba bersih mencapai Rp25 miliar atau naik signifikan sekitar 126 persen secara tahunan. Hal itu diiringi dengan NPF yang terjaga stabil pada kisaran 2 persen.

Related Articles