Mengenal Apa Itu Quiet Luxury, Tren Fashion Mewah Elegan

Tampilkan kesederhanaan yang elegan

Mengenal Apa Itu Quiet Luxury, Tren Fashion Mewah Elegan
Ilustrasi Quiet luxury (unsplash/masha kotliarenko)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Dalam industri mode, ada banyak tren yang bermunculan. Salah satunya tren Quiet Luxury yang cukup banyak diminati penggemar fashion. Dalam ranah tren fashion ini, konsep kemewahan ditampilkan secara lebih halus atau senyap.

Artinya, Anda tidak perlu menggunakan pakaian atau aksesori yang mencolok untuk bisa mendapatkan tampilan mewah. Jenis mode ini lebih menekankan pada desain sederhana yang elegan dan klasik. Maka dari itu, ada berbagai macam label pakaian yang fokus menciptakan busana quiet luxury.

Lantas, apa itu quiet luxury? Berikut ulasan mengenai tren fashion satu ini yang akan menambah wawasan.

Apa itu quiet luxury?

Pertanyaan mengenai apa itu quiet luxury kerap ditanyakan begitu mendengar istilah tersebut. Dilansir Forbes, quiet luxury adalah tren fashion yang merujuk pada peralihan ke arah pengalaman yang lebih eksklusif, intim, dan personal.

Pada dasarnya, tren satu ini hadir sebagai respon pada perubahan sikap konsumen dan pergeseran budaya. Alih-alih memakai barang mencolok, Anda bisa fokus pada penggunaan desain sederhana dan elegan.

Meskipun memakai istilah sederhana, gaya berpakaian ini juga menampilkan kesan mewah dan berkelas. Kesan mewah pada gaya berbusana ini terletak pada bahan premium dan pengerjaannya yang cermat. Dengan demikian, mode ini fokus pada keanggunan dan kesan klasik yang tidak lekang oleh waktu. 

Tidak heran, quiet luxury juga dianggap sebagai sustainable fashion yang mendukung keberlanjutan dalam rangka mengurangi dampak negatif industri pakaian.

Asal usul tren quiet luxury

Akhir-akhir ini quiet luxury memang menjadi salah satu tren yang cukup banyak diminati oleh penggemar fashion. Rupanya, tren ini bukanlah hal yang baru dalam industri fashion. Sebelum ada istilah tersebut, gaya berbusana minimalis sudah ada sejak tahun 90-an.

Saat itu, desain minimalis menjadi tren dengan menunjukkan kepercayaan diri lewat desain yang tidak mencolok. Gaya minimalis juga banyak diandalkan untuk menciptakan kesan elegan dan berkelas. 

Seiring berjalannya waktu, gaya busana tersebut kembali populer dan dipadukan dengan konsep kemewahan. Perkembangan tersebut membawa persepsi baru. Mulai banyak penggemar fashion lebih mengutamakan kesan eksklusif tanpa harus mengandalkan simbol yang megah dan mencolok.

Berkembangnya quiet luxury juga terjadi karena keinginan barang yang bisa bertahan lama dari segi gaya dan daya tahan. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot untuk mencari produk musiman karena desainnya yang timeless.

Ciri khas quiet luxury

Selain mengetahui apa itu quiet luxury dari pengertian dan asal usulnya, Anda juga perlu memahami karakteristik mode fashion satu ini. Berbeda dengan tren atau mode fashion lainnya, quiet luxury memiliki beberapa ciri khas yang bisa dikenali. Berikut beberapa ciri khasnya:

1. Memakai bahan berkualitas

Salah satu ciri khas dari quiet luxury adalah memakai bahan berkualitas. Kualitas bahan baku menjadi aspek fundamental yang menjadi daya tariknya. Sehingga harga yang ditawarkan sesuai dengan kualitas baranya.

Lewat pendekatan ini, suatu brand tidak perlu melakukan branding yang mencolok. Pasalnya, produknya sudah mendapatkan kepercayaan dari konsumen dengan menekankan pada kualitasnya.

2. Desainnya timeless 

Dalam quiet luxury, penting untuk memperhatikan desainnya dapat bertahan dalam waktu yang lama atau timeless. Dibandingkan dengan desain yang mencolok, quiet luxury banyak memakai desain minimalis dan elegan sehingga menciptakan keanggunan abadi.

Desainnya banyak memaksimalkan potongan dan siluet klasik yang menampilkan bentuk yang bersih dan sederhana. Pilihan warnanya juga cenderung memakai warna netral dan solid, sehingga bisa dipadukan dengan fashion item lainnya.

3. Fokus pada detail

Selain mengutamakan desain yang timeless, barang-barang quiet fashion memberikan perhatian penuh pada detail. Proses pengerjaanya dilakukan secara hati-hati dan fokus pada detail yang menjadi ciri khasnya. Dengan memperhatikan detail, produk yang dihasilkan akan lebih presisi dan rapi. 

4. Mementingkan daya tahan dan rasa nyaman

Ciri khas quiet luxury berikutnya adalah mementingkan daya tahan dan raya nyaman dalam pemakaiannya. Karena memakai bahan yang berkualitas, pemakainya bisa lebih merasa nyaman. Selain itu, daya tahannya sudah pasti terjamin sehingga dapat bertahan dalam waktu yang lama.

Jadi, apa itu quiet luxury? Dalam dunia fashion, istilah tersebut menandai gaya berbusana yang berfokus pada gaya elegan dan minimalis. Meskipun tidak terlalu mencolok, Anda tetap terlihat berkelas dengan kemewahan tanpa terkesan berlebihan. Tertarik untuk mencoba gaya fashion satu ini?

Related Topics

Quiet Luxury

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya