10 Kota Tertua di Indonesia, Sejarah dan Perkembangannya

Sejumlah kota tertua berdiri sebelum Indonesia merdeka.

10 Kota Tertua di Indonesia, Sejarah dan Perkembangannya
Masjid Agung Baiturrahman di Banda Aceh. Shutterstock/FREDOGRAPHY.ID
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Kota tertua di Indonesia sudah ada jauh sejak Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan pada 17 Agustus 1945. Berbagai wilayah sudah ada dan berdiri lebih dulu menjadi bukti sejarah panjang bangsa ini. 

Sejumlah kota di Indonesia memiliki usia yang jauh lebih tua dari sejak Indonesia merdeka. Beberapa di antaranya sudah berusia ribuan tahun dan menjadi pusat pemerintahan kerajaan di masa lalu. 

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini daftar sepuluh kota tertua di Indonesia. Apakah kota Anda termasuk salah satunya?

  1. Kota Palembang
  2. Kota Salatiga
  3. Kota Kediri
  4. Kota Magelang
  5. Kota Banda Aceh
  6. Kota Surabaya
  7. Kota Baubau
  8. Kota Ambon
  9. Kota Tegal
  10. Kota Padang

1. Kota Tertua di Indonesia: Palembang

Dok. Hadi Utama/Unplash

Kota Palembang termasuk salah satu kota tertua di Indonesia. Berdasarkan perhitungan dari prasasti Sriwijaya yang dikenal sebagai prasasti Kedukan Bukit, kota yang dikenal dengan makanan khasnya pempek ini berumur setidaknya 1337 tahun. 

Menurut Prasasti yang berangka tahun 16 Juni 682. Pada saat itu oleh penguasa Sriwijaya didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai kota Palembang. 

Dari sisi topografi, kota ini dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air. Air tersebut bersumber baik dari sungai maupun rawa, juga air hujan. Kondisi ini mendasari nenek moyang menamakan kota ini sebagai Pa-lembang dalam bahasa melayu Pa atau Pe sebagai kata tunjuk suatu tempat atau keadaan sedangkan lembang atau lembeng artinya tanah yang rendah, lembah akar yang membengkak karena lama terendam air (menurut kamus melayu).

Dalam bahasa melayu-Palembang, lembang atau lembeng adalah genangan air. Jadi Palembang adalah suatu tempat yang digenangi oleh air. Kondisi alam ini bagi nenek moyang orang-orang Palembang menjadi modal mereka untuk memanfaatkannya. Air menjadi sarana transportasi yang sangat vital, ekonomis, efisien dan punya daya jangkau dan punya kecepatan yang tinggi.

2. Kota Tertua di Indonesia: Salatiga

Dok. Pinterest/Zumi

Ada beberapa sumber yang dijadikan dasar untuk mengungkapkan asal-usul Salatiga sebagai kota tertua di Indonesia. Sumbernya yakni dari cerita rakyat, prasasti, ataupun penelitian dan kajian yang cukup detail. 

Dari beberapa sumber tersebut Prasasti Plumpungan-lah yang dijadikan dasar asal-usul Kota Salatiga. Berdasarkan prasasti ini Hari Jadi Kota Salatiga dibakukan, yakni tanggal 24 Juli tahun 750 Masehi ditetapkan dengan Peraturan Daerah Tingkat II Nomor 15 Tahun 1995 Tentang Hari Jadi Kota Salatiga.

Kota Salatiga memiliki slogan Salatiga hati beriman. Kota ini juga dikenal sebagai kota pendidikan, olah raga, perdagangan, dan transit pariwisata. Sebagai kota transit pariwisata disamping sebagai kota pendidikan dan olahraga, karena kota Salatiga terletak di tengah-tengah kabupaten semarang dan dikelilingi Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, Pegunungan Gajah Mungkur dan Gunung Ungaran, sehingga para wisatawan domestik diharapkan akan singgah di Salatiga.

3. Kota Tertua di Indonesia: Kediri

Dok. Pinterest/Ferdy Satria

Hari jadi Kota Kediri pada 27 Juli 879. Jadi, pada 2022, Kota Kediri berumur 1142 tahun. Dari sisi usia Kota Tahu Takwa ini sudah cukup senior di antara kota-kota lain di Jawa Timur. 

Sementara itu, Kota Kediri berdiri sebagai pemerintahan daerah (kota) berdasarkan UU nomor 16 Tahun 1950. Jika mengacu pada UU tentang pembentukan Pemerintah Kota Kediri tersebut, saat ini Kota Kediri berumur 72 tahun.

Kota Kediri dengan sapaan populer Kota Tahu merupakan salah satu kota tertua di Indonesia. Kota ini memiliki semboyan gagah perkasa, Djojo ing Bojo. Semboyan ini memiliki makna ”Mengalahkan Marabahaya”. 

Hingga kini, kota ini berkembang seiring meningkatnya kualitas dalam berbagai aspek, yaitu pendidikan, pariwisata, perdagangan, birokrasi pemerintah, hingga olahraga.

Industri rokok Gudang Garam yang berada di kota ini, menjadi penopang mayoritas perekonomian warga Kediri, yang sekaligus merupakan perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Di bidang pariwisata, kota ini mempunyai beragam tempat wisata, seperti Kolam Renang Pagora, Water Park Tirtayasa, Dermaga Jayabaya, Goa Selomangleng, dan Taman Sekartaji. Di area sepanjang Jalan Dhoho menjadi pusat pertokoan terpadat di Kediri.

4. Kota Tertua di Indonesia: Magelang

magelangkota.go.id

Magelang, sebagai salah satu kota tertua di Indonesia memiliki hari jadi pada 11 April 907 Masehi. Usia tersebut didasarkan dari Prasasti POH, Prasasti Gilikan, dan Prasasti Mantyasih. Ketiganya merupakan prasasti yang ditulis di atas lempengan tembaga. Nama Magelang sendiri bertolak belakang dari berbagai sumber, seperti cerita rakyat, dongeng, legenda dan sebagainya.

Ada yang berpendapat bahwa nama Magelang itu berasal dari kisah datangnya orang Keling (Kalingga) ke Jawa yang mengenakan hiasan gelang di hidungnya. Kata gelang mendapat awalan “ma” yang menyatakan kata kerja memakai atau menggunakan, maka berarti “memakai gelang”. Jadi Magelang berarti daerah yang didatangi orang-orang yang menggunakan atau memakai gelang.

Ada yang berpendapat bahwa Magelang itu berasal dari kisah dikepungnya Kyai Sepanjang oleh prajurit Mataram secara “temu gelang” atau rapat berbentuk lingkaran. Pendapat lainnya mengaitkan nama Magelang itu dengan kondisi geografis daerah Kedu “cumlorot” yang ternyata semakna dengan kata gelang.

Cerita setempat meyakini Magelang itu berasal dari kisah dikepungnya Kyai Sepanjang oleh prajurit Mataram secara “temu gelang” atau rapat berbentuk lingkaran. Ada pula yang mengaitkan nama Magelang itu dengan kondisi geografis daerah Kedu “cumlorot” yang ternyata semakna dengan kata gelang.

Magelang kemudian berkembang menjadi kota selanjutnya menjadi ibukota Karesidenan Kedu dan juga pernah menjadi ibukota kabupaten Magelang. Setelah masa kemerdekaan kota ini menjadi Kotapraja dan kemudian Kotamadya dan di era Reformasi, sejalan dengan pemberian otonomi seluas-luasnya kepada daerah, sebutan kota madya berganti menjadi kota.

5. Kota Tertua di Indonesia: Banda Aceh

Danau Lut Tawar, Takengon, Aceh Tengah. (Wikimedia Common)

Kota ini dibangun oleh Sultan Johan Syah pada 1205 M, Banda Aceh kini telah berusia 813 tahun dan menjadi salah satu kota Islam tertua di Asia Tenggara. Kota Banda Aceh juga memerankan peranan penting dalam penyebaran islam ke seluruh Indonesia. Oleh karena itu, kota ini juga dikenal sebagai Serambi Mekkah.

Saat ini, Kota Banda Aceh diarahkan sebagai Pusat Kegiatan Nasional (PKN) sebagai pusat koleksi dan distribusi skala regional untuk produksi pertanian, pariwisata, dan perikanan laut. Kota Banda Aceh juga termasuk ke dalam Kawasan Strategis Nasional KAPET Banda Aceh Darussalam. 

Potensi wisata yang terdapat di Kota Banda Aceh terdiri dari potensi wisata alam, wisata jejak historis bencana tsunami, wisata spiritual, serta wisata sejarah dan jejak purbakala.

6. Kota Tertua di Indonesia: Surabaya

Dok. Pinterest/Eran Dromy

Kota Surabaya kental dengan nilai kepahlawanan. Nilai kepahlawanan tersebut salah satunya mewujud dalam peristiwa pertempuran antara Raden Wijaya dan Pasukan Mongol pimpinan Kubilai Khan pada 1293. Begitu bersejarahnya pertempuran tersebut hingga tanggalnya diabadikan menjadi tanggal berdirinya Kota Surabaya hingga saat ini, yaitu 31 Mei.

Bukti sejarah banyak menunjukkan bahwa Surabaya menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Kota ini ada jauh sebelum zaman kolonial, tepatnya 1358 M dan tertera dalam prasasti Trowulan I. 

Dalam prasasti itu tercantum bahwa Surabaya (Churabhaya) masih berupa desa di tepian sungai Brantas sebagai tempat penyebrangan penting sepanjang sungai Brantas. Sementara itu, istilah Surabaya terdiri dari kata sura (berani) dan baya (bahaya), yang kemudian secara harfiah diartikan sebagai berani menghadapi bahaya yang datang.

Surabaya akhirnya dijadikan sebagai ibu kota Provinsi Jawa Timur pada 1926. Kota Surabaya berkembang sangat pesat menjadi kota modern terbesar kedua setelah Jakarta.

7. Kota Tertua di Indonesia: Baubau

Pantai Kamali/Dok. Indonesia Kaya

Kota Baubau merupakan salah kota di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara.Baubau memperoleh status kota pada tanggal 21 Juni 2001 berdasarkan UU No. 13 Tahun 2001.Pada Perda tersebut juga ditetapkan bahwa hari jadi Kota Baubau pada tanggal 17 Oktober 1541. Kota ini berjuluk bumi seribu benteng.

Kota Baubau, di Pulau Buton, Provinsi Sulawesi Tenggara merupakan salah satu kota prioritas dalam program kota pusaka Indonesia. Salah satu alasan ditetapkannya Baubau sebagai satu dari sepuluh kota prioritas dalam program tersebut yaitu kota ini memiliki kekayaan budaya dan sejarah yang tinggi, baik yang wujud maupun tak wujud. Banyak lanskap sejarah di kota ini yang merepresentasikan empat periode yaitu pra kerajaan, kerajaan dan kesultanan, kolonial, dan pascakemerdekaan.

Lanskap sejarah yang memiliki nilai prioritas yang tinggi antara lain lanskap Benteng Sorawolio, Keraton Buton, serta Baadia dan sambali.

8. Kota Tertua di Indonesia: Ambon

Dok. Celebes.co

Sejarah kota Ambon dimulai pada saat kedatangan orang-orang Portugis membangun benteng di pulau ini sebagai tempat beraktivitas dalam perdagangan dan penyebaran agama. Pendirian kota Ambon berawal dari orang-orang Portugis, yang saat itu sedang berada dalam konflik politik dengan para penguasa kesultanan Ternate dan umat Islam di pantai utara Hitu. Berikut fakta sejarah Kota Ambon:

Tercatat, Orang-orang Portugis pertama yang pernah mendarat di Ambon adalah Francisco Serrao bersama delapan orang anak buah kapalnya pada 1512. Dalam perkembangannya daerah Kota Ambon kembali dibentuk berdasarkan surat Gubernur Provinsi Maluku tertanggal 1 Mei 1951 No. 2056/1/Bg segala alat-alat pemerintahan Daerah Maluku Selatan dulu ditarik ke atas, sambil menunggu pembentukan daerah daerah otonom di dalam daerah itu.

Pada akhirnya, Kota Ambon dibentuk, sebagai suatu daerah yang berhak mengatur dan mengurus rumah tangganya sendiri setingkat dengan Kota Besar sebagaimana dimaksud dalam Undang-undang No. 22 tahun 1948. Sehingga sampai tahun 1950 pemerintahan Daerah di Kota Ambon dijalankan menurut ketentuan-ketentuan dalam Undang-undang Negara Indonesia Timur No. 44 tahun 1950.

9. Kota Tertua di Indonesia: Tegal

bkppd.tegalkota.go.id

Kota Tegal semula merupakan sebuah desa bernama “Tetegual”. Sejak 1530 wilayah ini telah menunjukkan kemajuannya dan termasuk wilayah Kabupaten Pemalang yang mengakui Trah (Kerajaan) Pajang.

Nama Tetegual diberikan seorang pedagang asal Portugis, yaitu Tome Pires yang singgah di Pelabuhan Tegal pada tahun 1500–an, kata Tetteghal memiliki arti tanah subur yang mampu menghasilkan tanaman pertanian. Sejarah asal-usul terbentuknya Kota Tegal tidak lepas dari seorang tokoh yang bernama Ki Gede Sebayu.

Namanya dikaitkan dengan trah Majapahit, karena sang ayah Ki Gede Tepus Rumput (kelak bernama Pangeran Onje) ialah keturunan Batara Katong Adipati Ponorogo yang masih punya kaitan dengan keturunan dinasti Majapahit.

 Kota ini memiliki fokus pada bidang pertanian, tak dapat dilepaskan dari kondisi wilayah dan akar kesejarahan tlatah Kabupaten Tegal yang mengembangkan kapasitasnya selaku wilayah agraris.

10. Kota Tertua di Indonesia: Padang

Kawasan Kota Tua di Padang. (Dok. Dulux)

Kota Padang menjadi salah satu kota tertua di Indonesia. Bermula ketika abad ke-15, pada zaman kerajaan Minangkabau dengan rajanya Adityawarman, saat itu Padang adalah permukiman nelayan. 

Dalam tambo Minangkabau Padang disebut sebagai daerah rantau. Orang yang pertama kali datang berasal Kubung XIII Solok oleh Luhak Nan Tigo (Agam, Tanah Datar dan Limo Puluh Kota).

Namun, ketika mereka sampai telah ada juga penduduk asli yang tidak beberapa orang, yang mereka sebut dengan orang-orang Rupit dan Tirau. Berarti dalam perluasan wilayah Kerajaan Minangkabau ini sebelum sampai ke Padang sebelumnya telah ada kelompok-kelompok masyarakat tersebut.

Padang menjadi daerah persinggahan sebelum bertolak ke Aceh. Saat ini, Kota Padang adalah kota terbesar di pantai barat Pulau Sumatera sekaligus ibukota dari Provinsi Sumatera Barat. Sebagai kota seni dan budaya, Padang dikenal dengan legenda Malin Kundang dan Siti Nurbaya, dan setiap tahunnya menyelenggarakan berbagai festival untuk menunjang sektor kepariwisataan.

Demikian kota-kota tertua di Indonesia yang sudah ada sebelum Indonesia mendeklarasikan kemerdekaan. Kota-kota ini menyimpan sejarah dan peninggalan budaya yang harus dilestasikan bersama. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal