10 Parfum Termahal di Dunia, Harganya Capai Belasan Miliar

Parfum termahal di dunia harganya mencapai Rp19,2 miliar.

10 Parfum Termahal di Dunia, Harganya Capai Belasan Miliar
Shumukh, Parfum Termahal di Dunia/Dok. thespiritofdubai.com
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Parfum termahal di dunia tentu punya tempat tersendiri bagi para penyuka wewangian. Bukan sembarang parfum, mahal murahnya sebuah parfum ditentukan oleh jenis bahan baku yang digunakan.

Tak hanya itu, harga juga ditentukan oleh kualitas bahan baku, terlebih jika bannyalangka dan sulit didapatkan atau diolah menjadi essential oil.

Meskipun bukan menjadi kebutuhan primer, nyatanya parfum termahal di dunia dari merek ternama menjadi daya tarik tersendiri.

Lalu apa saja parfum termahal di dunia? Berikut ini pemeringkatannya yang dirilis situs Wealthy Gorilla–sebuah situs pengembangan diri dari Amerika Serikat.

10. JAR Bolt of Lightning

Jar Bolt of Lightning berada di urutan kesepuluh dalam daftar parfum termahal di dunia. Parfum ini dibuat oleh perusahaan perhiasan Amerika yang bermarkas di Paris, Arthur Rosenthal.

Diperuntukkan untuk perempuan, Jar Bolt of Lightning memiliki aroma utama teh hijau dan bunga sedap malam. Wewangian ini dibanderol seharga US$765 per ons atau Rp11,4 juta. 

9. Joy by Jean Patou

Kecintaannya pada dunia parfum membuat Jean Patou merilis Joy by Jean Patou pada 1929 dengan menggunakan 10.000 bunga melati. . Dia dikenal sebagai peracik minyak wangi dengan aroma unik dan kualitas tahan lama.

Ia membuat parfum untuk kalangan konglomerat Amerika. Namun, kehancuran Wall Street membuatnya merugi karena harga produknya menjadi lebih murah daripada produk couture kebanyakan, hingga wanita berbondong-bondong untuk membelinya.

Kini Joy menjadi satu di antara parfum klasik sepanjang masa. Harga yang dipatok sebesar US$ 850 per ons atau Rp12,6 juta. Dalam sejarah penjualan, Joy hanya diungguli oleh Chanel No. 5 bahkan didokumentasikan sebagai aroma favorit Jacqueline Kennedy.

8. Caron Poivre

Caron Poivre, salah satu rumah produksi wewangian tertua di Prancis ini telah berdiri sejak 1904 dan merupakan salah satu rumah pembuatan parfum tertua di Perancis. 

Aroma minyak wangi buatan Baccarat ini didominasi spicy notes, yakni identik dengan kesan pedas dari lada merah dan perpaduan bunga. Parfum legendaris ini dibanderol seharga US$ 1.000 atau Rp14,8 juta per ons.

7. Hermes 24 Faubourg

Hermes tak hanya berfokus pada pembuatan tas kulit, perhiasan, dan jam tangan, tetapi juga meluncurkan lini parfum.

Hermes 24 Faubourg dirilis pada 1995 dengan kemasan unik dan eksklusif. Parfum ini dibuat terbatas dan hanya ada 1.000 botol.

Aromanya khas parfum ini merupakan paduan aroma iris, woods, dan floral, sehingga cocok untuk perempuan. Hermes 24 Faubourg dibanderol seharga US$1.500 atau kisaran Rp22,3 juta.

6. Clive Christian No. 1

Clive Christian No. 1 menjadi salah satu parfum termahal di dunia. Parfum yang diproduksi pada 2001 ini diracik dengan berbagai jenis bahan.

Ada pula aroma rempah-rempah, seperti pala dan kapulaga. Untuk memiliki parfum dengan leher botol terbuat dari perak berlapis emas 24 karat ini, Anda harus merogoh US$ 2.150 per ons atau Rp32 juta.

5. Chanel Grand Extrait

Rumah mode Prancis, Chanel juga merilis salah satu parfum termahal di dunia. Sang pencetus, Gabrielle Chanel terobsesi meluncurkan parfum yang mewakili perempuan sejati.

Parfum ini terwujud pada tahun 1921 melalui kolaborasi antara Coco Chanel dan pembuat parfum Ernest Beau.

Dari lima sampel yang diuji, ia memutuskan untuk memilih parfum ini. Harga Chanel Grand Extrai yang ditaksir mencapai US$ 4.200 per ons atau kisaran Rp62,5 juta. 

4. Baccarat Les Larmes Sacree de Thebes

Baccarat merupakan salah satu perusahaan parfum tertua di dunia dan telah beroperasi sejak 1764.

Salah satu lini parfumnya yang masuk dalah parfum termahal di dunia yakni Baccarat Les Larmes Sacree de Thebes dengan tutup botol berbentuk piramida yang estetik.

Harganya tergolong mahal, sebab menggunakan bahan berupa kristal halus. Harga untuk setiap onsnya mencapai US$ 6.800 atau Rp101,2 juta. 

3. Clive Christian No. 1 Imperial Majesty

Clive Christian No. 1 Imperial Majesty berada di peringkat ketiga parfum termahal di dunia.

Parfum mewah ukuran 500 ml ini dikemas dalam botol yang terbuat dari kristal, emas 18 karat, dan berlian lima karat.

Tak heran harganya dibanderol selangit, yakni US$12.722 per ons atau setara Rp189,4 juta. 

2.  DKNY Golden Delicious

Di peringkat kedua parfum termahal di dunia, ada DKNY Golden Delicious yang dibanderol seharga US$1 juta per ons atau Rp4,8 miliar. Apa yang membuatnya parfum dengan paduan aroma white florals, fruit, dan woodsy ini mahal?

DKNY Golden Delicious merupakan kolaborasi desainer DKNY yang bekerja sama dengan Markin Katz. Tidak hanya sekadar wewangian, botol yang digunakan juga menjadi karya seni dengan ornamen 2.090 batu mulia. 

1.   Shumukh

Shumukh diproduksi oleh Nabeel, produsen parfum asal Dubai. Parfum ini berhasil memecahkan rekor sebagai parfum termahal di dunia. Bahkan rekor dunia Guinness Book of Records juga mengakuinya.

Ketua Nabeel Perfumes, Asghar Adam Ali menjadi orang di balik parfum ini. Parfum Shumukh dikemas dalam botol berukuran 3 liter, lebih besar dari parfum pada umumnya. Aromanya merupakan paduan dari aroma amber, sandalwood, musk, agarwood India yang langka, mawar Turki, patchouli, ylang-ylang hingga frankincense.

Parfum termahal di dunia ini diluncurkan pertama kali di Armani Ballroom Burj Khalifa ini dibanderol US$1,29 juta per ons atau Rp19,2 miliar. Tak mengherankan, sebab botol parfum ini dihiasi dengan 3.571 berlian, emas, dan permata. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro yang Tuai Kontroversi
Pertamina Bantah Isu tentang Penghentian Penjualan Pertalite
PT Timah Rombak Jajaran Direksi, Ini Daftar Terbarunya
5 Tips Jaga Privasi Chat di WhatsApp Dengan Manfaatkan Fitur yang Ada
RUPST Bank Mas Absen Bagi Dividen dan Ganti Direktur
Paramount Petals Bangun Area Komersial Berbasis Kota Mandiri