15 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Jakarta

Banyak pilihan tempat untuk ngabuburit di Jakarta.

15 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Jakarta
Hutan Kota by Plataran. (Plataran.com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Ngabuburit, kegiatan yang telah menjadi tradisi di masyarakat Indonesia selama bulan Ramadan. Aktivitas ini dilakukan sambil menanti waktu berbuka puasa. Biasanya, ngabuburit dilakukan dengan mengunjungi berbagai tempat menarik seperti taman, masjid, dan lokasi lainnya.

Di Jakarta, beragam lokasi ngabuburit bisa jadi piliihan. Selain memudahkan untuk mendapatkan takjil, berbagai lokasi di Jakarta juga menawarkan keindahan dan keunikan tersendiri. Bagi Anda yang ingin ngabuburit di kawasan Jakarta, berikut ini  rekomendasi yang bisa menjadi pilihan.

Tempat ngabuburit di Jakarta Pusat

ilustrasi masjid istiqlal (unsplash.com/Rifki Kurniawan)

1. Masjid Istiqlal

Salah satu tempat yang bisa Anda kunjungi untuk ngabuburit di Jakarta Pusat adalah Masjid Istiqlal. Di sana, Anda tidak hanya bisa ngabuburit, tetapi juga dapat melakukan wisata religi selama bulan suci Ramadan. Selain menanti waktu berbuka sambil beribadah, Anda juga dapat menikmati hidangan buka puasa yang disediakan, sehingga tidak repot mencari takjil dan santapan berbuka puasa.

2. Hutan Kota GBK

Hutan Kota by Plataran, yang berlokasi di Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, atau yang sering disebut sebagai Hutan Kota GBK bisa jadi alternatif untuk ngabuburit. Tak hanya menunggu berbuka puasa sambil piknik, tapi di sini bisa mengeksplorasi Kuliner GBK sambil menikmati udara segar dan panorama gedung tinggi di Jakarta. Fasilitas di Hutan Kota GBK juga terbilang lengkap mulai dari toilet, mushola, ruang ganti, dan amphiteater

3. Taman Suropati

Taman Suropati memiliki area hijau yang bersih dan nyaman. Sambil nunggu waktu berbuka, kamu bisa jalan-jalan, bersepeda, atau nongkrong di sini. Anda juga mudah menemukan takjil di sekitar lokasi, seperti aneka gorengan, higga sate ayam. Lokasinya juga dekat dengaan Masjid Agung Sunda Kelapa, sehingga tak sulit menemukan tempat salat.

Tempat ngabuburit di Jakarta Barat

Kota Tua Jakarta. (ANTARA FOTO/Prabanndaru Wahyuaji)

1. Kota Tua

Jika Anda ingin ngabuburit sambil berburu foto-foto gaya vintage, Kota Tua adalah pilihan yang tepat. Di area ini, terdapat banyak bangunan dengan arsitektur kolonial yang bisa dijadikan latar belakang fotografi.

Selain itu, di sini juga terdapat beberapa museum menarik seperti Museum Fatahillah, Museum Wayang, dan Museum Bank Mandiri. Pengunjung juga berkesempatan untuk berfoto dengan seniman yang berperan sebagai karakter tertentu.

2. Museum MACAN

Ingin ngabuburit sambil menikmati karya seni? Museum MACAN bisa jadi pilihan. Berdasarkan informasi dari museummacan.org, Museum MACAN merupakan sebuah institusi seni kontemporer yang menampilkan berbagai karya seni. Dalam menampilkan karya seni, museum ini memperhatikan segala aspek artistik, termasuk pencahayaan dan penggunaan warna.

Pengunjung dapat menghabiskan waktu ngabuburit di museum ini dengan berfoto di depan instalasi seni dan lukisan yang menakjubkan. Museum ini terletak di Jalan Panjang, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Selama bulan Ramadan museum ini buka pada Selasa–Minggu pukul 10.00–17.30 WIB.

3. Jakarta Aquarium & Safari

Tempat ngabuburit ini memiliki keunikan yang tersendiri dibandingkan kebanyakan lokasi di Jakarta Barat. Mengutip jakartaaquariumsafari.com, Jakarta Aquarium & Safari adalah akuarium indoor terbesar di Indonesia di bawah naungan Taman Safari Indonesia yang bekerja sama dengan Aquaria KLCC, Malaysia.

Sambil ngabuburit, pengunjung dapat mengabadikan momen dengan berfoto di depan akuarium yang dipenuhi dengan beragam biota laut. Pencahayaan yang menarik dan keindahan biota laut akan menjadi daya tarik utama untuk menghiasi feed Instagram Anda.

Tempat ngabuburit di Jakarta Timur

Masjid At-Tin/Dok. facebook.com/FPmasjidagungattin

1. Masjid Agung At-Tin

Menghabiskan waktu ngabuburit di Jakarta Timur bisa menyenangkan dengan melakukan wisata religi di Masjid At-Tin, yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Anda dapat mengisi waktu dengan membaca Alquran di lingkungan yang sejuk dan alami, atau mengikuti kegiatan kajian agama yang diadakan oleh panitia masjid. Tidak hanya itu, Anda juga dapat bersantai dan melepas penat di sekitar masjid yang telah selesai dibangun pada tahun 1999 itu.

2. Taman Kota Jakarta Garden City

Terletak di Cakung, Jakarta Timur, Taman Kota Jakarta Garden City merupakan pilihan yang ideal untuk ngabuburit apabila Anda bertempat tinggal di sekitar wilayah tersebut. Suasana di taman ini sangat nyaman dan cocok untuk melakukan berbagai aktivitas mulai dari bersantai hingga berolahraga.

Tidak hanya itu, di taman tersebut juga terdapat area bermain untuk anak-anak, sehingga Anda dapat mengajak mereka bermain sambil menunggu waktu azan maghrib dan waktu berbuka puasa.

3. Taman Agrowisata Cilangkap

Taman yang berlokasi di Jalan Raya Cilangkap, No. 45, Ciapayung ini memiliki danau dan juga aneka pohon rindang yang cocok untuk bersantai. Taman ini cocok untuk ngabuburit karena tak sulit menemukan takjil untuk berbuka puasa. Banyak pedagang makanan yang menjajakan ragam kuliner murah meriah di sekitar taman tersebut.

Tempat ngabuburit di Jakarta Selatan

Ilustrasi menjual makanan (Wikimedia Commmons/Dietrich Ayala)

1. Setu Babakan 

Salah satu opsi ngabuburit di Jakarta Selatan adalah Setu Babakan. Di Perkampungan Budaya Betawi Setu Babakan, yang juga dikenal sebagai Setu Babakan, Anda dapat menghabiskan waktu sambil memperdalam pengetahuan tentang kebudayaan Betawi. Tempat ini terletak di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Banyak kegiatan yang dapat dilakukan di Setu Babakan. Selama ngabuburit, Anda dapat menjelajahi kekayaan budaya dengan mengunjungi rumah adat Betawi yang berada di tepi kolam, hingga menemukan hidangan khas Betawi seperti kerak telor atau soto betawi untuk berbuka puasa.

2. Pasar Santa

Apabila Anda sedang mencari lokasi ngabuburit di Jakarta Selatan sekaligus berburu takjil, maka mengunjungi Kawasan Pasar Santa di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan adalah pilihan tepat. Kawasan ini menjadi favorit bagi banyak orang untuk mencari takjil karena harganya yang terjangkau. Penjual takjil di Pasar Santa biasanya mulai berjualan sekitar pukul 15.00 WIB. Beragam pilihan makanan bisa ditemukan, mulai dari kolak pisang dan ubi, biji salak, sop buah, gorengan, hingga makanan berat seperti bakso.

3. Plaza Festival

Plaza Festival adalah pilihan ngabuburit di Jakarta Selatan, terutama bagi pekerja yang ingin berbuka puasa dekat dengan kantor. Terletak di kawasan segitiga emas, Plaza Festival berlokasi di Jalan Rasuna Said, Karet Kuningan, Setiabudi, Jakarta Selatan. Terdapat beragam restoran dan kafe di sana, membuatnya menjadi opsi alternatif untuk berbuka puasa. Plaza Festival bisa menjadi salah satu tempat ngabuburit yang nyaman. Lokasinya juga dekat dengan GOR Soemantri, sehingga bisa sekaligus berolahraga sambil menantikan waktu berbuka puasa.

Tempat ngabuburit di Jakarta Utara

Pantai Ancol, Jakarta Utara. (ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat)

1. Taman Impian Jaya Ancol

Anda bisa ngabuburit di Taman Impian Jaya Ancol, tempat wisata yang menawarkan beragam aktivitas. Mulai dari wisata edukasi di Ecopark Ancol yang menampilkan berbagai satwa, hingga bersantai di Beach Pool Ancol sambil menikmati pemandangan senja Teluk Jakarta. Pengunjung juga dapat berbuka puasa bersama di beberapa restoran di sekitar kawasan Ancol.

Selama Ramadan, pengunjung bisa gratis masuk Ancol pada 11 Maret - 5 April 2024 pada pukul 17.00 s/d 23.00. Ada banyak acara yang bisa menemani ngabuburit kamu di Ancol. Ada PodcaXtreme Ngabuburit, Music Special, sampai Kuliner Ramadhan di Symphony of The Sea Ancol. Kalau mau masuk Ancol gratis, syaratnya wajib melakukan reservasi di ancol.com.

2. Batavia PIK

Di kawasan Pantai Maju, Pantai Indah Kapuk, terdapat Batavia PIK yang menawarkan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan. Berdasarkan akun Instagram resminya, @batavia.pik, tempat ini terinspirasi oleh Kota Batavia zaman dahulu. Di sini, tersedia restoran dengan beragam pilihan hidangan untuk dinikmati sebagai tempat berbuka puasa bersama kerabat dan kolega.

3. Masjid Ramlie Musofa

Masjid Ramlie Musofa, sering ddiibaratkan sebagai Taj Mahal India di Jakarta Utara. Bangunannya amat mirip dengan interior berwarna putih dan arsitektur megah. Masjid ini dibangun sebagai simbol cinta kepada Allah SWT dan keluarga pendiri. Pendiri masjid ini adalah seorang mualaf keturunan Tionghoa dan Aceh yang bernama Ramli Rasidin. Sambil menunggu azan maghrib dan waktu berbuka puasa, Anda dapat melakukan perjalanan religi dengan mengagumi keindahan arsitektur Masjid Ramlie Musofa.

Itulah tadi berbagai rekomendasi tempat ngabuburit di Jakarta untuk mengisi waktu saaat menantikan waktu berbuka puasa. Semogaa bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI