5 Fakta The Beast, Limosin Mewah “Pelindung” Joe Biden di KTT G20 Bali

The Beast diklaim sebagai kendaraan paling aman di dunia.

5 Fakta The Beast, Limosin Mewah “Pelindung” Joe Biden di KTT G20 Bali
The Beast, kendaraan dinas Presiden AS Joe Biden/Dok. Sekretariat Presiden
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Dengan menaiki pesawat kepresidenan Air Force One, Presiden AS Joe Biden mendarat di Bali untuk menghadiri KTT G20. Ia juga membawa mobil limosin mewah Cadillac yang diberi nama The Beast. 

Biden diperbolehkan membawa mobil lapis baja atau antipeluru sendiri. Pasalnya, pemerintah Indonesia selaku tuan rumah tidak cukup memiliki kendaraan antipeluru untuk semua tamu dan pimpinan negara. Tentu saja, orang nomor satu di negeri Paman Sam ini memboyong mobil andalannya.

Melansir media Inggris, The Sun, The Beast adalah supercar lapis baja senilai £1,2 juta atau sekitar Rp21,9 miliar. Limosin mewah ini diklaim sebagai kendaraan paling aman di dunia. The Beast juga punya alat transportasi sendiri berupa pesawat kargo Globemaster C-17 untuk mengangkutnya ke mana pun sang presiden pergi.

The Beast milik Presiden Amerika Serikat ke-46 ini juga terbilang misterius. Secret Service yang mengoperasikan The Beast tidak pernah mengungkap soal spesifikasinya, tapi sebagian informasi soal itu telah diungkap banyak pihak. Apa lagi keistimewaannya?

1. Dibuat dari sasis truk kelas berat

Melansir Car and Driver, The Beast yang melayani Biden dibuat dari sasis truk kelas berat General Motors TopKick yang biasanya digunakan untuk kendaraan komersial seperti truk kecil. Namun, eksteriornya dirangkai seperti limosin yang mirip sedan Cadillac CT6 atau XTS.

Penampilan sedan ini bisa membuat orang terkecoh soal dimensinya, tapi sebenarnya The Beast berukuran lebih besar dari SUV atau truk. 

Tidak diketahui mesin dan spesifikasi jelas yang jadi dapur pacu The Beast. Yang jelas butuh unit bertenaga super kuat untuk menggerakkan mobil yang beratnya disebut 15 ribu pound atau sekitar 6,8 ton.

The Beast pada era Trump datang pada 2018. Mobil ini sama seperti yang ditumpangi Obama, dibuat oleh General Motors (GM) dengan kamuflase desain sedan Cadillac. Akan tetapi, The Beast versi Obama diperkirakan seberat 6-9 ton. Versi Trump bisa lebih ringan.

Laporan India.com menyebutkan GM telah mengirimkan lebih dari dua unit The Beast kepada Secret Service. Beberapa unit itu digunakan sebagai mobil cadangan atau kendaraan umpan saat iring-iringan orang nomor satu di negeri Paman Sam.

Kamuflase membuat penyerang tidak bisa 100 persen yakin kendaraan mana yang berisi presiden. Selama pelantikan Presiden Joe Biden, sebenarnya ada tujuh Beast dikerahkan dari semua iring-iringan mobil.

2. Tahan serangan bom dan kaca antipeluru

The Beast dilengkapi sistem keamanan canggih yang dapat menahan serangan bom serta tembakan senjata bahkan dari jarak dekat. Bodinya terbuat dari pelat baja delapan inci dengan pelat lantai lapis baja untuk melindungi dari potensi ledakan bom.

Kendaraan ini dilengkapi kamera penglihatan malam, suplai oksigen, telepon satelit, dan kode nuklir. Ban juga diperkuat dengan kevlar dan dapat berjalan di atas pelek baja. The Beast masih sanggup melaju dalam kondisi ban kempes.

Limosin mewah ini juga dirancang dengan tingkat keamanan super tinggi. Jendelanya terbuat dari lima lapis kaca polikarbonat setebal lima inci yang dapat menghentikan peluru penusuk lapis baja atau magnum 0,44 magnum.

Sisi keamanan diperkuat bodywork kelas militer dan pintu 8 inci, spesifikasi ini sama seperti pintu pesawat komersial. The Beast juga dirancang menggunakan titanium, keramik, dan pelat antibom yang dipasang di bagian bawah.

3. Fitur keselamatan dan persenjataan

Ada tujuh kursi di dalam mobil. Dua kursi di deretan depan digunakan untuk agen Secret Service dan empat di belakang. Jadi presiden tidak pernah jauh dari bantuan. Ada staf penting, termasuk dokter militer presiden, biasanya mengikuti di belakang dengan salah satu dari tiga SUV terpisah yang dikenal sebagai 'Mobil Kendali'. 

Hanya jendela samping pengemudi The Beast yang dapat dibuka. Sementara itu, bagasi menyimpan persediaan darah Presiden Joe Biden untuk transfusi darurat, lengkap dengan defibrilator, dan perlengkapan darurat lainnya. Pasokan oksigen dapat disalurkan langsung ke kabin yang tertutup rapat jika terjadi serangan.

Di antara fitur lainnya adalah senapan di dalam mobil jika terjadi serangan. Sejumlah senjata disembunyikan di kisi-kisi depan kendaraan yang dapat digunakan untuk menembak penyerang. Ada senapan pompa, granat bertenaga roket, peralatan penglihatan malam, dan granat gas air mata. Mobil ini juga bisa menembakkan tabung gas keluar melalui bumper depan.

4. Komunikasi rahasia

Hampir tidak ada suara yang bisa masuk ke kabin karena pelapisan lapis baja. Suara eksterior diambil dengan mikrofon di luar dan disalurkan ke speaker di dalam. Peralatan komunikasi canggih memungkinkan The Beast untuk berkomunikasi dengan kendaraan khusus yang merupakan bagian dari iring-iringan mobil.

Secret Service tidak memiliki kode untuk limusin ini dan bukan The Beast. Kode untuk mobil presiden dikenal internal sebagai 'Stagecoach'.

Laporan spyscape.com mengatakan presiden AS memiliki kemampuan untuk mengirimkan kode yang diperlukan untuk menembakkan senjata nuklir dari dalam The Beast dalam keadaan darurat.

Menangani The Beast juga merupakan sebuah tantangan, bahkan untuk pengemudi yang terlatih secara rahasia. Perlu keahlian khusus mengingat dimensi dan bobotnya yang luar biasa.

Dalam sebuah kesempatan, The Beast terhenti saat Presiden Obama macet saat keluar dari Kedutaan Besar AS di Dublin, Irlandia. Ledakan keras terdengar saat bagian bawah limosin ketika menabrak tanjakan. Namun, pejabat AS kemudian membantah Obama berada di dalam mobil tersebut dan diklaim sebagai mobil cadangan.

5. Pernah digunakan Donald Trump

Tak dijelaskan mengapa Presiden AS ke-46 Joe Biden menggunakan The Beast lungsuran Donald Trump. Meskipun demikian, terdapat pembeda yang jelas yakni The Beast yang dipakai Biden memakai pelat nomor '46'. Alasan Biden tak dapat mobil baru seperti Barack Obama pada 2009 tak mau dijelaskan oleh Secret Service menurut Fox News.

Tim Miller, mantan agen Secret Service yang kini menjalankan bisnis konsultan keamanan mengatakan The Beast benar-benar dirancang untuk mengatasi ancaman terhadap presiden AS.

"Ingat. Dia adalah panglima tertinggi kekuatan militer paling kuat di dunia," katanya dilansir dari The Sun.

Itulah sederet fakta limosin mewah The Beast, kendaraan dinas yang diboyong Joe Biden untuk menghadiri KTT G20 di Bali. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M