5 Lukisan Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Triliunan Rupiah

Sejarah panjang membuat lukisan begitu bernilai fantastis.

5 Lukisan Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Triliunan Rupiah
Lukisan da Vinci yang telah lama hilang terjual seharga US$450 juta pada November 2017. Shutterstock/Leonard Zhukovsky
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Lukisan sering kali dihargai fantastis, bahkan lukisan termahal di dunia bisa mencapai triliunan rupiah. Publik pun sering kali bertanya-tanya apa yang membuat sebuah lukisan terjual dengan harga yang sulit dipercaya. 

Di balik harganya, ternyata banyak faktor yang menentukan harga sebuah lukisan. Mulai dari latar belakang sang seniman, usia lukisan, kualitas, hingga riwayat akuisisi lukisan. Sebagai gambaran, seniman abad ke-14 dan ke-18 mampu menjual karyanya dengan harga fantastis, bahkan mencatat rekor lelang.

Misalnya, saja Leonardo da Vinci lewat Salvator Mundi yang laku US$450 juta atau sekitar Rp6,6 triliun. Berikut daftar 5 lukisan termahal di dunia, dirangkum dari Artnews, Senin (27/6).

1. Salvator Mundi (Leonardo da Vinci)

Salvator Mundi. Dok. Reuters/Peter Nichols

Lelang ini disebut paling banyak mendapatkan publikasi. Lukisan fenomenal ini terjual lebih dari US$450 juta di balai lelang Christie's New York tahun 2017.

Penawaran berlangsung selama 19 menit, pemenang lelang kemudian diketahui adalah Mohammed bin Salman, Putera Mahkota Arab Saudi.

Sayangnya, lukisan ini ternyata penuh dengan kontroversi. Sebab banyak sejarawan meragukan Leonardo yang melukis Salvator Mundi, yang diketahui tidak muncul dalam retrospektif tahun 2019 lalu. Namun, salah satu lukisan termahal di dunia ini tetap menjadi pembicaraan publik.

2. Pendant Portraits of Maerten Soolmans and Oopjen Coppit (Rembrandt van Rijn)

Rembrandt van Rijn, Portrait of Marten Soolmans, 1634, oil on canvas, Rijksmuseum / Portrait of Oopjen Coppit, 1634, oil on canvas, Musée du Louvre

Pada Februari 2016, pemerintah Belanda dan Prancis melakukan akuisisi pribadi atas potret yang menggambarkan pasangan Belanda Maerten Soolmans dan Oopjen Coppit.

Lukisan pria dan wanita ini terjual seharga US$195 juta atau Rp2,7 triliun. Lukisan karya Rembrandt ini memperlihatkan pasangan Soolmans & Coppit dalam busana hitam dan putih. Lukisan ini dibuat tahun 1634 ketika pasangan menikah. 

Menurut pakar seni dan sejarawan, kedua lukisan ini harus ditampilkan bersama dan tidak terpisah. Akhirnya lukisan dibeli oleh Louvre dan Rijksmuseum di tahun 2015. Sebelumnya dijual, kedua lukisan ini milik keluarga Rothschild. Lukisan tersebut juga menjadi satu-satunya lukisan full-length dari Rembrandt.

3. Portrait of Young Man Holding a Roundel (Sandro Botticelli)

Julian Cassady Photography/c/o Sotheby's

Karya ini dijual dengan harga US$92,2 juta atau setara Rp1,3 triliun di Sotheby's New York. Lukisan ini merupakan salah satu karya Botticelli terakhir di tangan pribadi.

Lukisan tersebut berasal dari koleksi pengembang real estate Sheldon Solow yang membelinya tahun 1982. Saat itu, harga lukisannya 810 ribu poundsterling.

4. Massacre of the Innocents (Peter Paul Rubens)

Massacre of the Innocents, Peter Paul Rubens/Wikimedia Commons

Karya yang menggambarkan mengenai pembantaian dengan kekerasan di Betlehem, terjual 49,5 juta poundsterling setara Rp900,2 miliar  pada Juli 2002. Sebelumnya karya itu dikaitkan dengan pelukis Jan van den Hoecke dan diperkirakan senilai 4-6 juta poundsterling atau setara Rp72,7 miliar–Rp109,1 miliar. Kemudian harganya melonjak menjadi 45 juta poundsterling atau setara Rp818,4 miliar di London.

Lukisan itu diserahkan kepada pengusaha Kanada dan kolektor seni Kenneth Thomson, yang akhirnya disumbangkan ke Galeri Seni Toronto Ontario.

5. Lot and His Daughters (Peter Paul Rubens)

Lot and His Daughters, Peter Paul Rubens/Wikimedia Commons

Karya ini terjual di Christie's London seharga 44,9 juta poundsterling atau setara Rp816,6 miliar. Selama lebih dari satu abad telah menjadi koleksi pribadi dan sebelumnya bagian dari koleksi tokoh terkenal seperti Kaisar Romawi Joseph I dan John Churchill, Duke of Marlborough pertama.

Lukisan tersebut dibeli oleh yayasan amal dan ditampilkan dalam jangka panjang di Metropolitan Museum of Art di New York.

Itulah penjelasan lukisan termahal di dunia yang berharga fantastis. Semoga informasi ini berguna bagi Anda dan menambah wawasan Anda. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya