5 Makanan Imlek Termahal, Harganya Mencapai Puluhan Juta!

Makanan khas perayaan Imlek paling dinanti pecinta kuliner.

5 Makanan Imlek Termahal, Harganya Mencapai Puluhan Juta!
Ilustrasi Abalon. Shutterstock/Perfectloop
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Apa yang paling dinanti-nantikan oleh keluarga Anda saat Tahun Baru Imlek? Selain membagikan hong bao atau amplop merah penuh uang, makanan khas Tahun Baru Imlek juga menjadi  yang paling menggairahkan para pecinta kuliner.

Ada berbagai hidangan yang biasanya tersaji saat Tahun Baru Imlek. Menyiapkan hidangan khusus dianggap sebagai peristiwa yang kaya simbolisme, membawa kekayaan, kebahagiaan, keberuntungan, dan kemakmuran.

Makanan yang disajikan tidak hanya enak dan bervariasi, ada beberapa hidangan simbolis yang selalu menghiasi meja makan selama perayaan yang diyakini membawa kekayaan, keberuntungan atau kebersamaan keluarga, salah satunya bakmi.

Ada pula masakan ayam rumahan, kaki babi rebus, daging cincang dan sayuran dalam balutan daun selada, bebek asap teh, babi panggang dan sagu mutiara dengan melon. Namun, di antara berbagai hidangan ada yang sangat mahal dan lezat. Penasaran dengan kisaran harganya?

Dirangkum dari berbagai sumber, ini lima makanan Tahun Baru Imlek termahal dan alasannya.

1. Abalon

Shutterstock/flyingv3

Abalon yang juga dikenal sebagai cangkang bermata tujuh atau siput di balik batu dikenal dengan harga yang sangat mahal karena dianggap membawa keberuntungan dan keberadaannya sangat langka. 

Abalon biasanya dipanen dengan tangan di dasar laut karena cangkangnya yang berat. Oleh karena itu, jumlahnya sangat terbatas. Sekaleng dua abalon Meksiko dibanderol kisaran Rp1,75 juta.

2.Teripang Laut

Shutterstock/perfectloop

Meski tampilannya cukup "unik", teripang yang juga dikenal dengan nama teripang, teripang atau hoisom ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Selain rendah lemak dan kolesterol, teripang dengan tekstur seperti kerikil juga tinggi protein, zat antibakteri, dan kaya akan sitotoksik yang terbukti dapat melawan sel kanker. Teripang kering dengan ukuran besar dan kualitas baik harganya dapat mencapai Rp7 juta per kilogram jelang imlek.

3. Sirip Ikan Hiu

Shutterstock/MP kullimratchai

Sirip ikan hiu identik dengan makanan yang wajib ada saat imlek. Harganya bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta rupiah. 

Berawal dari kepercayaan yang dipegang teguh sejak zaman nenek moyang, bahwa sup sirip hiu merupakan simbol dari kekayaan dan kemakmuran. Namun fakta di lapangan menunjukkan hal yang sebaliknya, bahkan mengenaskan. Sirip ikan hiu kini tak lagi boleh dikonsumsi. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah perburuan hiu.

Ketentuan mengenai larangan penangkapan ikan hiu  tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: 59/PERMEN-KP/2014, Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor: 18/KEPMEN-KP/2013.

Selanjutnya, Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 12/2012, serta Undang-Undang RI Nomor 45 Tahun 2009 tentang Perubahan atas UU Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan.

4.Kue Lapis

Shutterstock/Catursari

Kue lapis terkenal sebagai kue dengan harga di atas rata-rata. Harganya mahal karena menggunakan bahan berkualitas baik seperti telur, susu, dan mentega. Selain itu, bumbu tradisional yang umum digunakan untuk membuat lapis adalah spekkoek. Nama "spekkoek" diambil dari bahasa Belanda dan memiliki makna tersendiri, yakni spek artinya berlapis dan koek artinya kue. Oleh karena itu, itu lapis legit atau spekkoek diartikan sebagai bolu peranakan kelas sosial menengah ke atas. Spekkoek kemudian dicampur dengan roombotter yang didapat dari pengaruh Belanda, serta bumbu rempah dari pengaruh Nusantara.

Kue lapis wajib ada saat Imlek karena memiliki makna yang melambangkan kehidupan maju dan meninggi. Selain itu, bisa diartikan keberuntungan dan kemakmuran yang berlapis-lapis.

Dengan memberikan lapis legit kepada keluarga, teman, atau rekan kerja, seperti mendoakan untuk selalu diberikan keberuntungan dan banyak rejeki sepanjang tahunnya.

Berapa harganya? Kisaran harga kue lapis dengan kualitas baik bisa mencapai Rp1 juta per loyang. Ada pula kue lapis dengan harga yang lebih mahal dari itu.

5. Sarang Burung Walet

Shutterstock/imppp

Apakah Anda tahu bahwa sarang burung walet terbuat dari air liurnya? Percaya atau tidak, sarang burung walet sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit karena mengandung protein, kolagen, kalsium, hingga antioksidan tinggi. 

Bentuk sarang burung walet sangat mempengaruhi harganya. Harga sarang burung walet berbentuk mangkok utuh dapat mencapai harga sekitar Rp20 juta untuk satu kilogram. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen