5 Tips Liburan Seru Ala Green Sustainability Travelling

Bertamasya sekaligus bertanggung jawab kepada lingkungan.

5 Tips Liburan Seru  Ala Green Sustainability Travelling
Ilustrasi perjalanan wisata/Dok. Samsonite
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Banyaknya agenda travel fair dan festival jalan-jalan dari berbagai maskapai dan akomodasi terkemuka ke berbagai destinasi favorit akhir tahun menandakan bahwa masyarakat Indonesia sudah ingin kembali mengoptimalkan tanggal merah dan sisa cuti dari kantor untuk segera merealisasikan berbagai agenda liburan impian.

Selain memesan tiket pesawat, hotel dan akomodasi, hingga tiket masuk ke berbagai atraksi terkemuka dunia, ternyata banyak turis masih belum paham akan andil untuk turut jaga dan lestarikan lingkungan.

Samsonite, brand koper, perlengkapan, serta aksesoris travel terbesar dan ternama di dunia, berbagi 5 tips dan trik cerdas yang mudah diimplementasikan bagi turis yang hendak bertamasya secara bertanggung jawab guna turut ambil bagian dalam menjaga dan melestarikan lingkungan hijau.

Perbanyak penggunaan transportasi umum dan jalan kaki

Berlibur dengan menggunakan kendaraan pribadi mungkin lebih nyaman dan mudah. Selain dapat mengatur waktu berangkat sesuka hati, kendaraan pribadi memungkinkan turis untuk lebih mudah menyinggahi tempat-tempat yang diinginkan di tengah perjalanan.

Namun, upayakan untuk memanfaatkan transportasi umum yang ada. Naik transportasi umum dan memperbanyak berjalan kaki selama liburan dapat mengurangi emisi karbon dan menjaga kualitas udara karena mengurangi jumlah kendaraan di jalan dan juga menyehatkan bagi tubuh.

Pilih penginapan ramah lingkungan

Saat berlibur, turis biasanya akan menginap entah di hotel atau akomodasi serupa. Sebelum berangkat, pilihlah tempat penginapan yang ramah lingkungan.

Ciri-cirinya umumnya adalah menggunakan bahan baku atau produk ramah lingkungan, bebas asap rokok, menggunakan lampu hemat energi, memiliki sistem pengelolaan air yang baik dan sistem pengendalian polusi udara.

Hindari pemakaian barang sekali pakai dan buang sampah sembarangan

Tidak dipungkiri, menggunakan barang sekali pakai memang lebih menggoda karena tidak perlu repot-repot menenteng barang itu ke mana-mana karena bisa langsung dibuang. Yang menjadi persoalan, biasanya barang sekali pakai terbuat dari plastik.

Plastik merupakan salah satu masalah bagi lingkungan. Usahakan untuk membawa alat makan, tempat minum, dan tas belanja sendiri dari rumah. Ini juga bantu tekan angka produksi sampah diri, sehingga godaan untuk membuang sampah sembarangan pun lemah.

Manfaatkan tiket elektronik sebagai ganti tiket kertas

Kemajuan teknologi sejatinya harus dimanfaatkan secara bijak untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan. Salah satunya dengan memanfaatkan fitur tiket elektronik sehingga menjadi turis cashless.

Dengan begitu, maka turis pun bersumbangsih dalam mengurangi penggunaan kertas dengan tidak mencetak tiket perjalanan, tagihan di kafe atau restoran, hingga bukti pemesanan hotel.

Daur ulang koper lama dengan koper baru

Samsonite tengah menggelar acara Luggage Trade-in yang berlangsung mulai tanggal 06 hingga 15 Oktober. Konsumen dapat memanfaatkan program ini dengan cukup membawa koper bekas berbagai kondisi dan berbagai merk ke gerai Samsonite di mana saja, baik toko Samsonite maupun department store untuk menikmati diskon 40 persen secara otomatis.

Kemudian, melanjuti tradisi tahun sebelumnya, kali ini jika konsumen membawa koper bekas untuk di trade-in dengan koper-koper pilihan, maka otomatis akan mendapatkan nampan artisanal cantik hasil program trade-in tahun lalu.

Country Head Samsonite Indonesia, Nadya Pertiwi, mengajak konsumen untuk jeli dalam mempraktikkan intentional travelling atau green travelling agar bisa bantu tetap menjaga bumi sembari berwisata ke berbagai destinasi wisata indah.

“Tidak hanya komitmen pada sustainabilitas lingkungan yang dibangun dalam kultur kami, tapi Samsonite juga berkomitmen untuk terus mengutamakan inovasi. Kembalinya program Luggage Trade-in merupakan wujud nyata komitmen tahunan Samsonite yang terus berkelanjutan guna dorong misi pelestarian lingkungan dan alam tanpa mengorbankan keseruan dan kenyamanan berlibur,” kata Nadya.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya