7 Koleksi Arloji Mewah Ratu Elizabeth II, Harganya Puluhan Miliar

Ratu Elizabeth II mengoleksi sederet arloji kelas atas.

7 Koleksi Arloji Mewah Ratu Elizabeth II, Harganya Puluhan Miliar
Ratu Elizabeth II. (Pixabay/WikiImages)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Mendiang Ratu Elizabeth II mangkat pada Kamis, 8 September 2022. Ratu Inggris yang berkuasa selama 70 tahun itu menjadi pemimpin wanita paling lama dalam sejarah. Kepergiannya pun meninggalkan duka mendalam bagi masyarakat Inggris dan dunia.

Semasa hidupnya, mendiang Ratu Elizabeth II selalu menarik perhatian publik melalui gaya berpakaian dan tas tangan bergaya klasik. Namun, tak banyak yang tahu Ratu Elizabeth II juga termasuk salah satu kolektor jam tangan terkenal di dunia. 

Pada 1987, sebuah laporan menyebutkan Ratu Elizabeth II diperkirakan memiliki sedikitnya 14 jam tangan. Koleksi itu terus bertambah seiring berjalannya waktu. Para pakar jam tangan meyakini, Ratu juga mengoleksi arloji dari pembuat jam kelas atas sekaliber Cartier dan Audemars Piguet.

Para ahli horologi di Chrono24 mengungkapkan koleksi jam tangan terpopuler yang dikenakan Yang Mulia Ratu dan anggota keluarga Kerajaan Inggris selama beberapa dekade terakhir. Beberapa jam tangan koleksinya bisa dikatakan paling mahal, dan paling istimewa di dunia.

1. Jaeger-LeCoultre Calibre 101 kustom

Ratu Elizabeth II menggunakan Jaeger-LeCoultre 101 di Balmoral Castle 1952/Lisa Sheridan

Jaeger-LeCoultre Calibre 101 kustom merupakan salah satu arloji istimewa Ratu Elizabeth II. Arloji ini dipakai dalam acara Diamond Jubilee pada 2012 untuk menandai 60 tahun pemerintahannya di Inggris.

Arloji ini merupakan replika emas putih dari Jaeger-LeCoultre Calibre 101 orisinal yang dirilis di tahun 1929. Calibre 101 versi orisinal terbuat dari material emas dan dihiasi 110 batu berlian kecil. Model ini dilengkapi mekanisme mesin yang disebut-sebut terkecil di dunia karena hanya memiliki 95 komponen. Harga arloji ini diprediksi mencapai 135.000 pound atau setara Rp2,3 miliar. 

Diperkirakan Calibre 101 milik Ratu Elizabeth II  bernilai lebih tinggi daripada Calibre 101 orisinal, karena desainnya yang unik dan catatan sejarah yang panjangnya. Sejarah mencatat,  arloji ini dikenakan saat dilantik sebagai Ratu Inggris pada Juni 1953.

Berjuluk "La Reine" alias Sang Ratu, Jaeger-LeCoultre Calibre 101 kustom merupakan pemberian dari Presiden Perancis di era 1947-1954, Vincent Auriol. Perusahaan pegadaian H&T Pawnbrokers memperkirakan, jika dijual, Calibre 101 tersebut akan menelan biaya 3 juta pound atau sekitar Rp39,5 miliar.

2. Vacheron Constantin

Getty images

Vacheron et Constantin 4481 yang berbalut emas dan berlian masuk dalam daftar koleksi arloji Ratu Elizabeth II. Arloji ini merupakan kado pernikahan Ratu dari Federasi Swiss. Setelah Pangeran Charles dan Putri Diana menikah di tahun 1981, sang Ratu memberikan jam tangan itu kepada Putri Diana.

Melansir Vogue (12/9), hingga hari ini Vacheron Constantin masih menjadi favorit kerajaan. Diketahui Putri Margaret, adik mendiang Ratu Elizabeth II, juga memiliki arloji bertatahkan berlian Vacheron et Constantin yang dilelang pada tahun 2006 oleh Christie's.

3. Patek Philippe ref 4975/1G

Getty images

Tidak dapat disangkal bahwa jam tangan Patek Philippe ref 4975/1G adalah karya seni sejati. Arloji ini  bertatahkan berlian potongan baguette dilengkapi tali mutiara. Ratu Elizabeth II mengenakannya ketika menghadiri pembukaan House of Lords di tahun 2006. 

Ratu Elizabeth II sangat menyukai kreasi buatan Patek Philippe, dan ia sering mengenakan arloji Patek di acara-acara formal. Terkadang, Ratu juga meminjamkan koleksi arlojinya untuk dipamerkan. Pada 2015, arloji Patek Philippe 4975/1G miliknya dipinjamkan ke Saatchi Gallery untuk dipajang dalam acara Patek Philippe Watch Art Grand Exhibition.

4. Golden Ellipse Patek Philippe

Getty images

Meskipun masuk salah satu daftar koleksi, tapi Patek Philippe ref 4975/1G bukan arloji Patek favoritnya. Arloji Patek favorit Ratu Elizabeth II adalah Golden Ellipse yang menampilkan cangkang emas putih, dial jam biru, dan bezel berlian. Golden Ellipse Patek Philippe yang ikonik di pergelangan tangan Yang Mulia Ratu Elizabeth II dari Inggris dalam potret foto Yousuf Karsh tahun 1985.

5. Audemars Piguet Jules Audemars

Getty images

Dalam pidato yang digelar pada April 2020, Ratu menyematkan arloji Audemars Piguet Jules Audemars di pergelangan tangannya. Desain Jules Audemars cenderung lebih sederhana dibandingkan koleksi arloji Ratu lainnya. Akan tetapi, Ratu tampak menyukai daya tarik praktis dan bersahaja dari jam tangan Audemars Piguet Jules Audemars emasnya. 

6. Omega Ladymatic

Getty images

Menurut Watchonista, Ratu Elizabeth II juga mengoleksi Omega Ladymatic antik era art deco. Sangat mudah untuk mengetahui mengapa Ratu memilikinya. Arloji ini menawarkan estetika abadi dan keahliannya yang halus dalam membuatnya menjadi pilihan populer saat pertama kali debut.

Pangeran William juga penggemar Omega, ia jarang terlihat tanpa Seamaster Professional 300M, jam hadiah yang diberikan kepadanya oleh mendiang ibunya

7. Koleksi antik nan klasik

Getty images

Selama bertahun-tahun, Ratu terlihat dengan tali hitam klasik sederhana di pergelangan tangannya dan wajah emas sederhana. Sulit untuk mengidentifikasinya, tetapi para ahli berpikir itu adalah jam tangan Cartier yang unik, atau model tahun 1930-an yang dibuat oleh Patek Philippe atau Omega. Model klasik nan antik ini, seperti yang digunakan Ratu saat menonton pertunjukan kuda di Kastil Windsor pada 15 Mei 1998.


 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar OpenSea dengan Mudah, Lakukan 6 Langkah Ini
11 Bahasa Tertua di Dunia, Ada yang Masih Digunakan
GoTo Lepas GoTo Logistics, Bagaimana Nasib GoSend?
BTPN Syariah Bukukan Laba Rp264 miliar di Kuartal I-2024
Astra International (ASII) Bagi Dividen Rp17 Triliun, Ini Jadwalnya
Microsoft Umumkan Investasi Rp27 Triliun di Indonesia