7 Maskapai dengan Kelas Ekonomi Terbaik di Tahun 2023

Tetap nyaman terbang jarak jauh di kelas ekonomi.

7 Maskapai dengan Kelas Ekonomi Terbaik di Tahun 2023
Maskapai Emirates/Dok. emirates.com
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Momen selama libur panjang Lebaran atau pada akhir tahun sering dimanfaatkan para traveler untuk liburan ke luar negeri. Sebut saja seperti Jepang, Korea, Amerika Serikat hingga negara-negara di Eropa dan Timur Tengah. Tentunya penerbangan menuju tempat-tempat ini memakan waktu lama, bahkan hingga belasan jam dari Indonesia.

Tentu rasa pegal dan lelah selama perjalanan jauh di pesawat akan dirasakan apabila penerbangan kurang nyaman. Memang untuk jarak jauh, lebih nyaman untuk duduk di penerbangan kelas bisnis atau first class. Sayangnya, tak semua orang mampu mampu membayar tiket mahal dan menjadikan tiket kelas ekonomi sebagai pilihan. 

Menariknya, beberapa maskapai penerbangan menawarkan kursi ekonomi yang terbaik di kelasnya. Ini bisa menjadi alternatif yang lebih terjangkau untuk bepergian dengan harga murah tanpa harus mengorbankan kenyamanan di tahun 2023.

Melansir Lifestyle Asia, beberapa maspakai menawarkan kursi kelas ekonomi yang lebih luas dibandingkan maskapai lainnya. Namun, hal itu bergantung banyak faktor seperti ruang antarbaris dan lebar kursi akan berbeda di masing-masingnya.

Misalnya, kelas ekonomi Airbus 350 memiliki kursi yang lebih luas daripada kelas yang sama di Boeing 787 dan Boeing 777 — meskipun ketiganya adalah pesawat berbadan lebar. 

Berikut ini daftar maskapai dengan kelas ekonomi terbaik di dunia pada 2023 dan bisa menjadi salah satu pilihan Anda.

1. Japan Airlines

Dok. JAL.com

Bayangkan menyeruput ume-shu (anggur prem) atau sake dengan mi Soba Jepang dalam penerbangan jarak jauh di kelas ekonomi. Itulah yang dijanjikan Japan Airlines. 

Terbang dengan Boeing 787 Dreamliner milik Japan Airlines akan membuat para penumpang menyadari bahwa kurisnya termasuk yang terluas di industri dan ruang antarbaris juga cukup lebar.

Dreamliner terkenal dengan ketinggian kabinnya yang rendah yang membantu mengurangi jet lag dan memiliki jendela peredupan otomatis yang membuat tampilan luar menjadi lebih baik. Tapi tidak setenar pesawat lain karena kursinya yang lebih sempit.

Selain itu, Dreamliner milik Japan Airlines adalah satu-satunya dari jenisnya yang kursi ekonominya mengikuti konfigurasi 2-4-2, bukan konfigurasi 3-3-3 di pesawat Dreamliner dari maskapai lain. Ini berarti hanya ada delapan kursi di varian Japan Airlines dibandingkan dengan sembilan di varian lainnya, menghasilkan kursi yang lebih lebar daripada yang lain.

2. Singapore Airlines

source_name

Layanan Singapore Airlines tak perlu diragukan lagi, termasuk untuk kelas ekonominya. Bahkan, layanannya begitu canggih sehingga banyak yang menyamakannya dengan perawatan yang didapatkan penumpang di kelas bisnis–yang dinobatkan sebagai yang terbaik di dunia oleh Skytrax pada tahun 2022. 

Selain sikat gigi dan pasta gigi, penumpang yang terbang dengan kursi kelas ekonomi juga mendapatkan bonus. Ada amenity kit yang berisi penutup mata dan kaus kaki untuk memastikan mereka mendapatkan tidur yang mewah selama penerbangan jarak jauh.

Singapore sling yang terkenal di dunia atau koktail campuran lainnya dapat dipesan oleh selebaran di semua kabin dengan makanan. Di mana pun mereka duduk, layanan ini berlaku untuk semua penumpang di dalam pesawat.

3. Qatar Airways

Qatar Airways, Airbus A380. Shutterstock/M101Studio

Sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik dunia pada tahun 2023, Qatar Airways tidak hanya menawarkan salah satu pengalaman perjalanan kelas satu terbaik, tetapi juga memiliki kelas ekonomi yang tentunya termasuk yang terbaik di seluruh dunia.

Selain makanan ringan dan minuman tak terbatas selama penerbangan, penumpang diberikan tiga pilihan makanan untuk dipilih dari kartu menu. 

Penerbangan kelas ekonomi juga dilengkapi dengan bantal dan selimut berlapis fleece agar bisa tidur dengan nyaman sebelum mendarat. 

Qatar Airways juga menyediakan kaus kaki, masker mata, dan lipbalm dari Institut Karite Paris untuk memastikan penumpang  tetap fresh saat perjalanan berakhir.

4. Emirates

Maskapai Emirates/Dok. emirates.com

Airbus A380 double-decker merupakan salah satu armada pesawat berbadan lebar milik Emirates. Sebagai pesawat penumpang terbesar di dunia, armada ini di juga terkenal dengan kemewahan luar biasa yang ditawarkannya kepada para penerbang.

Kursi ekonomi Airbus A380 di Emirates berukuran lebar 18 inci. Kursi memiliki layar tempat penumpang dapat menonton lebih dari 5.000 saluran untuk hiburan mereka.

Pada Agustus 2022, Emirates mengumumkan telah meningkatkan kursi ekonomi premium dan kelas lainnya di armada 67 Airbus A380 dan 53 pesawat Boeing 777.

Dalam penerbangan, penumpang kelas ekonomi mendapatkan amenity kit berisi barang-barang yang diperlukan untuk perjalanan. Termasuk kaus kaki dan pembatas buku bagi mereka yang lebih suka membaca saat bepergian.

Menariknya, di penerbangan ekonomi dapat memesan sebotol Moët dan kue coklat jika ada kebutuhan untuk merayakan acara khusus di pesawat.

5. All Nippon Airways (ANA)

ANA/Dok. Skytrax

ANA Jepang dipuji sebagai salah satu maskapai penerbangan terbaik di dunia. Maskapai ini juga terkenal reputasinya dalam hal penumpang kelas ekonomi. 

Menjadi pesaing langsung Japan Airlines, faktor pertama yang diperhatikan penumpang adalah jarak antarbaris. Memang tidak selebar Japan Airlines, tapi 86 cm masih lebih lebar dari banyak maskapai lain.

Dan jika terbang antara Tokyo dan Honolulu dengan Airbus A380 ANA, penumpang dapat menikmati kemewahan satu kursi sofa dengan menggabungkan hingga empat kursi.

Tetap setia pada standar tinggi dan cita-cita layanan pelanggan Jepang, ANA memastikan bahwa kursi kelas ekonominya menerima perawatan mewah terbaik yang tersedia di industri ini.

Mereka dapat memilih anggur atau sake kelas atas dan mengkombinasikannya dengan hidangan seperti mi udon atau grilled red rockfish teriyaki

Saat terbang keluar dari Jepang, ada opsi untuk membayar makanan adiboga secara pre-order untuk kelas ekonomi, sama seperti layanan yang di dapat di kelas bisnis.

6. Turkish Airlines

source_name

Dalam hal menawarkan fasilitas kelas dunia di kelas ekonomi, Turkish Airlines tidak berbeda dengan penyedia layanan mewah lainnya. Namun, yang membuat maskapai penerbangan nasional Turki berbeda adalah masakan di dalam pesawat.

Memang, makanan mungkin adalah yang terbaik di kelas ekonomi mana pun di dunia. Misalnya, penumpang dapat memilih dari berbagai macam hidangan, termasuk cheese pies, baba ghanoush, hummus, dan dried apricot mousse. Rasa minyak zaitun murni dalam salad lezat dengan saus lemonnya juga menjadi favorit dalam penerbangan.

7. Evergreen Airways (EVA)

source_name

Kelas ekonomi di maskapai Taiwan mungkin tidak seluas di ANA atau masakan sebagus yang ditawarkan oleh Turkish Airlines. Namun, beberapa fasilitas tentunya membuat pengalaman terbang di kelas ekonomi ini lebih mewah dari kebanyakan maskapai lain yang tidak disebutkan dalam daftar ini.

Alih-alih alat makan plastik, maskapai ini menawarkan sendok logam, garpu, dan barang lainnya untuk pengalaman makan yang lebih nyaman dan mengurangi sampah plastik.

Kursinya memiliki layar selebar 12 inci, yang membuat hiburan dalam penerbangan lebih imersif.

Meskipun Evergreen Airways tidak menyediakan amenity kit dan piyama Salvatore Ferragamo seperti di Business Class, penumpang kelas ekonomi masih menerima masker mata dan sandal. Selain itu, ruang kaki di pesawat EVA lebih luas dari rata-rata maskapai lainnya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan