8 Akuisisi Terbesar dalam Bisnis Fesyen Global 2023

Mengubah lanskap bisnis fesyen.

8 Akuisisi Terbesar dalam Bisnis Fesyen Global 2023
Bernard Arnault CEO Louis Vuitton/Ed Alcock/eyevine/Redux
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Industri fesyen adalah ruang ramah lingkungan yang terus berkembang di mana tren dan gaya berubah dalam sekejap mata. Tahun ini juga terbukti menjadi musim yang cukup transformatif bagi dunia fesyen.

Mulai dari menjalin kemitraan strategis hingga merek fesyen yang dibeli oleh konglomerat besar, akuisisi fesyen terbesar pada tahun 2023 mendefinisikan ulang batasan dan membuka kemungkinan kreatif tanpa batas.

Dalam dunia fesyen yang sangat kompetitif saat ini, merger dan akuisisi (M&A) adalah cara untuk menjadi yang terdepan. Ketika merek-merek baru cenderung mendominasi pasar barang mewah dengan koleksi baru yang menyasar konsumen muda, maka tidak dapat dihindari untuk menggabungkan kekuatan dan mempercepat pertumbuhan. 

Oleh karena itu, meskipun berada di puncak performanya, merek-merek terkenal mengakuisisi saham mayoritas di perusahaan lain atau berada di bawah satu perusahaan.

Beberapa tahun terakhir terjadi gelombang kesepakatan akuisisi merek terkenal di sektor fesyen, tak terkecuali tahun 2023. Tercatat sejumlah langkah besar, seperti Tapestry yang mengumumkan akuisisi Capri Holdings hingga LVMH yang mengakuisisi grup Investasi Platinum untuk Tiffany & Co..

Pasar barang mewah global kini didominasi grup fesyen terbesar di dunia LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton, yang dipimpin oleh Bernard Arnault. Grup ini menaungi merek-merek seperti Louis Vuitton, Loewe, Fendi, Christian Dior dan Givenchy. 

Setali tiga uang, di puncak industri fesyen juga bertengger merek seperti Louis Vuitton yang dipimpin oleh direktur kreatif Nicolas Ghesquière dan Pharrell Williams. Ada pula Gucci yang dipimpin oleh direktur kreatif Sabato de Sarno. Kemudian Dior yang dipimpin oleh Maria Grazia Chiuri. Loewe, dipimpin oleh Jonathan Anderson. Tak ketinggalan, Valentino yang dipimpin oleh direktur kreatif Pierpaolo Piccioli.

Melansir Prestige, berikut ini rangkuman sejumlah kesepakatan akuisisi terbesar di industri fashion pada tahun 2023.

1.Tapestry mengakuisisi Capri Holdings

Pada 10 Agustus, Tapestry, perusahaan pemilik Coach, Kate Spade, dan Stuart Weitzman menandatangani kesepakatan senilai US$8,5 miliar untuk mengakuisisi Capri Holdings–induk merek seperti Versace, Jimmy Choo, dan Michael Kors. Setelah kesepakatan selesai, entitas yang digabungkan akan beroperasi di bawah Tapestry.

Langkah ini menjadikan kedua rumah tersebut menghasilkan pendapatan gabungan hampir US$12 miliar dan akan melahirkan kekuatan baru dalam mode Amerika.

Langkah ini juga memberikan keunggulan bagi kolektif tersebut untuk bersaing dengan perusahaan seperti LVMH dan Kering, yang memiliki jenama kelas atas seperti Gucci, Louis Vuitton, dan Yves Saint Laurent.

Akuisisi ini juga membuka beberapa pintu bagi merek fashion ikonik tersebut. Menurut The New York Times , Tapestry kini bisa mendapatkan akses ke pasar di Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, sementara label Capri bisa memiliki jangkauan yang lebih luas di Asia. 

Penggabungan ini juga akan memberikan peluang peningkatan karena publikasi tersebut mengatakan bahwa merek-merek tersebut dapat meningkatkan penjualan langsung ke konsumen dan menghemat biaya operasional dan rantai pasokan sebesar US$200 juta dalam waktu tiga tahun.

2. LVMH jadi pemilik saham mayoritas di Platinum Invest Group

Merek mewah raksasa LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton pernah menjadi perbincangan utama di dunia fesyen global ketika mengakuisisi pembuat perhiasan ikonik Tiffany & Co. senilai hampir US$ 16 miliar pada tahun 2021.

Namun, perusahaan yang dipimpin oleh Bernard Arnault ini menjadi buah bibir pada April 2023 ketika mengumumkan merger dan akuisisi terbesar.

LVMH menandatangani perjanjian dengan investor Andera Partners, Bpifrance dan pemegang saham lainnya untuk mengambil saham mayoritas di Platinum Investment Group, sebuah perusahaan manufaktur perhiasan Perancis. 

Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kapasitas produksi di Tiffany & Co, sebab turut memboyong dua produsen perhiasan terkenal Orest dan Abysse. Platinum Investment Group juga memiliki basis lima bengkel yang kuat di wilayah Grand Est Prancis. 

Didukung oleh pengetahuan yang kuat tentang rantai nilai manufaktur, perusahaan juga mempekerjakan 800 pengrajin dan pekerja di Perancis. Selain memberdayakan Tiffany & Co., lokakarya ini akan terus melayani klien mereka yang sudah ada serta membantu perusahaan perhiasan lainnya di bawah bendera LVMH, termasuk Bulgari dan Chaumet.

Kesepakatan merek ini sejalan dengan visi LVMH untuk mengubah Tiffany & Co. menjadi merek budaya pop terkemuka dengan ekspansi internasional yang pesat.

3. Kering mengambil 30 persen saham di Valentino

Konglomerat fesyen sering kali mencari merek-merek mewah yang menghasilkan keuntungan tinggi. Oleh karena itu, ketika merek ternama Gucci mengalami penurunan penjualan, Kering mengakuisisi 30 persen saham rumah mode mewah Italia, Valentino , pada Juni 2023.

Kering menyelesaikan akuisisi dengan dana investasi Qatar Mayhoola senilai €1,7 miliar, atau US$1,87 miliar. Kesepakatan itu juga membuat Kering siap mengambil alih 100 persen pada tahun 2028 dan memungkinkan Mayhoola menjadi pemegang saham Kering.

“Kemitraan strategis ini akan semakin mendukung strategi peningkatan merek yang diterapkan oleh CEO Valentino Jacopo Venturini di bawah kepemilikan Mayhoola, yang menjadikannya salah satu rumah mewah paling dikagumi di dunia,” kata Kering.

Proses transaksi dari akuisisi ini diharapkan selesai pada akhir tahun 2023.

4. Advent International mengambil alih Zimmerman

Dalam salah satu akuisisi fesyen terbesar tahun ini, perusahaan ekuitas swasta Amerika Advent International mengambil alih rumah mode mewah Australia Zimmerman pada 8 Agustus 2023.

Menurut Reuters , kesepakatan itu membuat valuasi Zimmerman menjadi lebih dari 14 kali lipat laba intinya, yaitu sekitar US$1,15 miliar. Advent International mengambil alih kendali dari keluarga pendiri merek tersebut dan perusahaan ekuitas swasta fesyen mewah Italia, Style Capital. Baik keluarga Zimmerman maupun Style Capital akan memegang saham minoritas yang signifikan, dan perusahaan akan dijalankan oleh manajemen yang ada.

Langkah ini diharapkan dapat membantu Zimmerman mempercepat pertumbuhan dan memperluas wawasan bisnis di Asia dan Timur Tengah. Selain itu, akuisisi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan jaringan distribusi dan kehadiran digital Zimmerman.

Advent International menyatakan, “Advent akan memanfaatkan pengalamannya yang luas dalam sektor konsumen–yang mencakup investasi yang baru saja ditandatangani pada Parfums de Marly dan INITIO Parfums Privés, serta investasi pada Douglas (ritel spesialis produk kecantikan premium, termasuk parfum) , Orveon (pemilik merek kosmetik bareMinerals, BUXOM, dan Laura Mercier), dan lululemon athletica (ritel khusus pakaian atletik dan yoga).”

5. Strategi ekspansi Francesca lewat akuisisi Richer Poorer

Akuisisi merek fesyen besar lainnya pada tahun 2023 terjadi pada bulan Mei ketika jaringan butik fesyen dan aksesori nasional yang berbasis di Texas, Francesca's, mengakuisisi merek pakaian digital yang berbasis di California, Richer Poorer.

Langkah ini menempatkan perusahaan tersebut di bawah Francesca's Acquisition LLC sebagai anak perusahaan sepenuhnya. 

Dengan lebih memperhatikan generasi muda, akuisisi ini akan membantu Francesca memasuki segmen e-commerce, basis audiens Gen-Z, dan pasar grosir. 

Meskipun ketentuan lebih lanjut dari kesepakatan ini tidak diketahui, jelas bahwa merek tersebut tidak meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat untuk memenuhi kebutuhan target pelanggannya yang berada dalam kelompok usia 18 hingga 25 tahun.

Sebagai bagian dari kesepakatan, CEO Richer Poorer Iva Pawling ditunjuk sebagai presiden Richer Poorer, Franki dan grosir untuk seluruh perusahaan. Karyawan jenama lainnya juga akan tetap bergabung karena operasi berjalan normal, sementara perusahaan induk melakukan relaunching pada tahun 2024.

Menurut Glossy, 75 persen bisnis Richer Poorer berpusat pada D2C. Perusahaan ini juga mempunyai pengaruh yang kuat pada segmen grosir yang memiliki hubungan dengan Revolve, Bloomingdale's dan Nordstrom. Sebaliknya, Francesca's mengoperasikan lebih dari 400 toko di AS.

6. FullBeauty Brands mengakuisisi Eloquii Inc. dari Walmart

Pada bulan April, raksasa ritel Walmart menjual merek pakaian ukuran besar Eloquii Inc. ke FullBeauty Brands dan menandai penjualan ketiganya pada tahun 2023. Sebagai bagian dari kesepakatan tersebut, Eloquii akan bergabung dengan merek fesyen online lainnya di bawah FullBeauty Brands, yang memiliki basis pelanggan hampir 5 juta.

Didirikan pada tahun 2011, Eloquii Inc. awalnya merupakan penawaran label digital yang menjual solusi pakaian terpadu mulai dari ukuran 14. Mereka menjual melalui situs web dan akun grosir tertentu. Walmart mengambil langkah signifikan dalam sektor pakaian jadi ketika mengakuisisinya seharga US$100 juta pada tahun 2018. 

Dengan demikian, ritel tersebut mengambil langkah untuk memperluas jangkauan daringnya dengan margin yang lebih tinggi di pasar garmen dan barang-barang rumah tangga. Hal ini juga membuka jalan bagi ide bisnis baru yang akan membantu Walmart mendorong strategi digitalnya.

Namun, divestasi baru-baru ini sangat kontras dengan strategi Walmart pada tahun 2017-2018 yang dirancang oleh mantan kepala e-commerce Marc Lore. Sekarang, alih-alih “meningkatkan jumlah barang yang tersedia”, Walmart lebih fokus pada “meningkatkan keuangan bisnis digital,” kata CNBC .

7. Authentic Brands Group mengakuisisi Hunter

Di antara M&A merek fesyen yang terkenal, pengambilalihan kekayaan intelektual (IP) Hunter oleh Authentic Brands Group pada Juni 2023 merupakan kesepakatan akuisisi yang besar. 

Perusahaan manajemen merek yang berbasis di New York yang memiliki Reebok, Ted Baker dan Juicy Couture mengakuisisi IP label Inggris berusia 180 tahun tersebut dengan jumlah yang tidak diungkapkan.

Untuk meningkatkan produksi, Authentic Brands Group telah menunjuk dua perusahaan untuk melakukan outsourcing perancangan dan manufaktur Hunter — Batra Group yang berbasis di Inggris disebut sebagai “pemegang lisensi inti di Inggris dan benua Eropa”. 

“Dengan portofolio yang beragam, Batra Group akan bertanggung jawab untuk merancang dan mengembangkan alas kaki, pakaian dan aksesoris Hunter serta mengoperasikan toko ritel bermerek Hunter, distribusi grosir dan e-commerce di wilayah tersebut,” kata siaran pers Authentic Brands Group.

Di AS, perusahaan tersebut telah menunjuk Marc Fisher Footwear, pionir perusahaan alas kaki fesyen dengan layanan lengkap, sebagai mitra utama Hunter. Ini akan bertanggung jawab atas desain Hunter, grosir dan pertumbuhan e-commerce di negara tersebut.

Akuisisi fesyen ini juga akan menguntungkan Hunter dalam menjangkau konsumen di Kanada, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika, serta pasar-pasar strategis di Asia.

8. Frasers Group mengakuisisi 5 persen saham di Boohoo

Frasers Group milik Mike Ashley, nama di balik merek-merek seperti Sports Direct, Flannels, dan House of Frasers, mengakuisisi 5 persen saham di toko ritel online Boohoo senilai £22 juta  atau sekitar US$28 juta pada bulan Juni 2023. 

Menargetkan konsumen wanita muda, basis pelanggan Boohoo yang berkembang telah menarik taipan ritel tersebut, yang kini menjadi salah satu pemegang saham terbesar merek tersebut.

Salah satu pendiri Boohoo, Mahmud Kamani, tetap menjadi pemegang saham terbesarnya. Sementara investor lainnya termasuk Camelot Capital Partners, T. Rowe Price International, FIL Investment Advisors (Inggris) dan Invesco Advisers.

Frasers Group juga mengakuisisi 8,9 persen saham peritel peralatan elektronik Curry's. Sebelumnya, Frasers Group juga menginvestasikan hampir £75 juta atau sekitar US$95 juta. untuk meningkatkan akuisisi lebih dari 21 persen electrical retailer AO, serta meningkatkan kepemilikannya menjadi 10,6 persen di Asos.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI