Bisa Ditiru, Strategi Menggerakkan Fesyen Ramah Lingkungan di Kenya

Keberlanjutan didukung para merek dan desainer.

Bisa Ditiru, Strategi Menggerakkan Fesyen Ramah Lingkungan di Kenya
LilaBare, salah satu merek fesyen berkelanjutan/Dok. LilaBare
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Di dalam kancah fesyen ramah lingkungan di Kenya, Nairobi telah menjadi pemimpin dalam selama beberapa dekade. Bagaimana strateginya dalam langkah keberlanjutan dan menerapkan inisiatif lokal?

Melansir Vogue Business, Jumat (1/9) selama beberapa dekade, Kenya telah mengembangkan pariwisata berkelanjutan, dengan menjaga keseimbangan antara mendukung masyarakat lokal dan pengunjung. Tak hanya itu, mereka melestarikan satwa liar yang sangat beragam. Kini kenya juga melakukan hal yang sama dengan fesyen berkelanjutan.

Kaitan antara satwa liar dan fesyen terlihat jelas melalui ruang-ruang seperti Wildlife Works, produsen pakaian yang berlokasi di Suaka Margasatwa Rukinga. 

Produsen pakaian lainnya, Soko Kenya, yang bermitra dengan Asos pada koleksi Asos Made in Kenya, pernah mendandani Michelle Obama. Merek lokal termasuk LilaBare dan Katush juga menunjukkan potensi label buatan Afrika.

Namun, pasar pakaian di Kenya bukannya tanpa masalah – pasar ini merupakan salah satu dari lima importir pakaian bekas terbesar di dunia dan menghadapi apa yang disebut “kolonialisme limbah” dari negara-negara Utara. 

Meskipun demikian, ada banyak hal yang menjanjikan seiring dengan upaya para pemimpin masyarakat di seluruh kota Nairobi untuk mengubah pola pikir mengenai masa depan keberlanjutan dalam bidang fesyen dan desain di tingkat lokal.

Menggaungkan daur ulang

Label seperti Maisha merayakan keterampilan lokal melalui daur ulang, sementara komunitas mendukung praktik berbagi pakaian bekas. 

“Pertukaran pakaian kami adalah ruang sosial di mana para peserta dapat terikat atas minat yang sama dalam kesadaran konsumerisme, musik, mode, keberlanjutan, dan seni,” kata Mutete Bahkita, pendiri 25Sw4p, fasilitator dan platform pertukaran pakaian kepada Vogue Business. 

Kenya adalah salah satu eksportir pakaian jadi terkemuka di Afrika Sub-Sahara, didukung oleh pemerintah yang secara proaktif mendukung industri tekstil melalui kebijakan seperti Buy Kenya, Build Kenya . 

Mengusung produk berkelanjutan

Kenya memiliki sederet proyek yang membentuk masa depan mode berkelanjutan. Bagaimana para merek mendukung dan menerapkannya?

Pendiri LilaBare, Ria Ana Sejpal mengutip pepatah yang akrab di telinga warga Kenya.  “Kami tidak mewarisi tanah dari nenek moyang kami. Kami meminjamnya dari anak-anak kami,” katanya. 

Mereknya merupakan perpaduan dari warisan Kenya dan India. “Saya terinspirasi oleh arsitektur Swahili dan bagaimana arsitektur tersebut muncul dalam bentuk material dan ukiran, sementara ritual dan upacara yang dipraktikkan di akar India saya memberikan pengalaman pada karya saya,” katanya.

Menggunakan kain regeneratif buatan lokal, pewarna alami, dan daur ulang, LilaBare menjual barang-barang yang dapat dibuat kompos yang dapat dibawa kembali ke toko untuk perbaikan gratis seumur hidup.

Sejpal juga memiliki strategi yang melibatkan pelanggan lokal. “Di sini, kami tidak pernah bersaing dalam hal harga, kami hanya bersaing dalam nilai. Di luar produk, kami mengumpulkan komunitas melalui pengalaman mendalam di mana orang dapat mencoba mewarnai dan berbincang tentang teknik pembuatan sambil menikmati teh Masala dan manisan India. Ada lapisan baru pada merek ini yang membina hubungan mendalam dengan audiens lokal kami.”

Menciptakan ekosistem mode regeneratif

Strategi berbeda diterapkan Regenerative Fashion Collective Exchange ( ReFace ), yang mengadakan forum penting pada bulan Juni yang mempertemukan banyak pemain (termasuk pemerintah, LSM, asosiasi industri, petani dan lembaga pendidikan) dalam rantai nilai Kenya.

Organisasi nirlaba yang didirikan oleh Lisa Kibutu ini menjunjung tinggi inovasi berkelanjutan dalam dunia fesyen. 

“ReFace telah mengembangkan serangkaian inisiatif khusus yang tidak hanya meningkatkan rantai pasokan fesyen di Kenya namun juga mendorong industri yang lebih beretika, berkelanjutan, dan kompetitif secara global,” katanya.

Pendekatan inklusifnya mendapatkan dukungan di seluruh rantai nilai. Inisiatif ini mencakup banyak sektor untuk meningkatkan rantai pasokan fesyen lokal.

Di bidang pendidikan, ReFace menyediakan lokakarya dan pelatihan bagi petani dan pengolah serat mengenai teknik modern dan praktik etis. Ia juga bekerja sama dengan lembaga-lembaga pendidikan untuk menawarkan kursus dan sertifikasi perubahan iklim kepada perempuan dan generasi muda.

Di bidang teknologi, ReFace membantu memperkenalkan AI dan blockchain untuk meningkatkan manajemen inventaris, perkiraan tren, dan kemampuan penelusuran, sekaligus mengembangkan platform digital untuk menghubungkan semua orang mulai dari petani hingga produsen tekstil. 

Dalam penelitian, lembaga ini mendanai pekerjaan yang mengidentifikasi bahan-bahan inovatif dan teknik produksi serta membagikan wawasan tersebut kepada pemangku kepentingan utama.

Inovasi untuk merayakan budaya

Selain inisiatif dari para merek di Kenya, desainer juga berperan dalam keberlanjutan. Salah satunya Anyango Mpinga desainer, wirausaha sosial, dan inovator budaya.

“Sebagai perancang tekstil dan fesyen Afrika yang berfokus pada keberlanjutan, inti pekerjaan saya berpusat pada merayakan budaya dan tradisi Kenya yang dinamis sambil mempromosikan praktik-praktik sadar lingkungan,” katanya.

Sebagai Penerima Penghargaan The Conscious Fashion Campaign 2022, sebuah inisiatif dari Fashion Impact Fund (AS), ia menarik perhatian dengan koleksi 3D bertajuk The Pupil, yang dibuat bekerja sama dengan seniman Yifan Pu. 

“Desain digital menggunakan alat seperti pengambilan sampel virtual dan pemodelan 3D dapat menyederhanakan desain dan pengembangan produk, memungkinkan iterasi yang lebih cepat dan penyesuaian yang dipersonalisasi,” katanya. Desain 3D-nya telah ditampilkan di platform seperti Drest, aplikasi penataan gaya, dan dalam proyek Seni Warna Afrika untuk Google Arts.

Salah satu proyeknya melibatkan pembuatan tekstil berkelanjutan dari spesies tanaman invasif yang ditemukan di Kenya, seperti eceng gondok. Pada akhirnya, pemanenan tanaman tersebut terlalu menantang, meskipun pemerintah telah melakukan investasi pada mesin-mesin berteknologi tinggi, yang terbukti terlalu sulit untuk diterapkan.

“Ini merupakan pembelajaran mengenai keterbatasan teknologi dalam memecahkan permasalahan lingkungan hidup,” ujarnya.

Mpinga juga percaya bahwa solusi terhadap industri fesyen yang boros dapat ditemukan dalam budaya Kenya sendiri, yang memiliki apresiasi yang kaya dan telah lama dijunjung tinggi terhadap nilai sumber daya, manusia, dan warisan.

Strategi menangani limbah 

Africa Collect Textiles (ACT) merupakan inisiatif berbasis di Nairobi yang menangani isu kolonialisme limbah–istilah untuk praktik membuang pakaian bernilai rendah yang tidak diinginkan (dan masih banyak lagi)–dari negara-negara Utara di negara lain, sering kali di Afrika. 

Hingga saat ini, program ini telah mengumpulkan sekitar 78.000 kg tekstil dan menciptakan 60 lapangan kerja lokal di Nairobi.

ACT telah mengembangkan jaringan pengumpulan pakaian bekas di Kenya yang mencakup 38 titik pengantaran, dan 14 titik juga berada di Lagos, Nigeria. 

Mereka mengembangkan proyek berskala kecil tapi berdampak besar, seperti mendaur ulang seragam penjaga keamanan SGA yang lama dan menggunakan dana dari inisiatif tersebut untuk mendukung pendidikan, makanan, perawatan medis, dan tempat tinggal bagi anak-anak setempat. Perusahaan ini bermitra dengan merek lokal seperti LilaBare untuk menemukan cara inovatif mengubah limbah tekstil.


 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu