Tren Kecantikan 2023, Bagaimana Brand Lokal Merebut Pasar?

ZAP Beauty Index 2023 mengulik tren kecantikan Indonesia.

Tren Kecantikan  2023, Bagaimana Brand Lokal Merebut Pasar?
Peluncuran ZAP Beauty Index 2023 di Jakarta, Rabu (7/11)/Fortune Indonesia/Desy Y.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - ZAP kembali meluncurkan ZAP Beauty Index 2023. Survei tahunan ini memotret perilaku perempuan dalam mempercantik diri dari tiga aspek. Pertama, aspek admiration yang menggambarkan sosok influencer dan pria seperti apa yang mereka kagumi. Kedua, aspek concern yang mencakup masalah terkait kecantikan yang dialami perempuan Indonesia. Kemudian dari aspek behavior, terkait bagaimana cara perempuan merawat diri.

Pendiri ZAP Clinic, Fadli Zahab mengatakan, ZAP Beauty Index tahun ini melibatkan sekitar 9.000 responden perempuan, meningkat 3.000 dari pelaksanaan di 2021, berusia 15-65 tahun di seluruh Indonesia. 

"Data tentang beauty dan market cukup sulit dicari, maka sejak 2018 lalu kita lihat perlu survei untuk menjadi acuan yang komprehensif bagi masyarakat, pelaku industri kecantikan dan kesehatan Indonesia, serta menjadi referensi bagi insan media," ujarnya dalam peluncuran ZAP Beauty Index 2023  di Jakarta, Rabu (7/11).

Bekerja sama dengan MarkPlus, survei ini diharapkan dapat membantu memberikan perspektif terhadap tren industri kecantikan pada 2023 mendatang.Selain itu, temuan dalam ZAP Beauty Index 2023 tak lepas dari berbagai pergeseran selama pandemi Covid-19.

"Ada transisi concern dan behaviour di masyarakat. Sosok influencer juga turut berpengaruh dalam memilih produk kecantikan dari tahun ke tahun," ujar Chief Operating Officer Mark Plus Institute, Yosanova Savitry.

Lalu, bagaimana situasi saat Covid-19 mulai mereda? Chief Marketing Officer ZAP Clinic, Feriani Chung, tak membantah bahwa Covid-19 jadi tantangan berat bagi klinik dan ada 22 outlet, atau sekitar 35 persen cabang yang ada, terpaksa ditutup selama PPKM. Padahal, biaya operasional selama pandemi membengkak, seperti pengeluaran tes antigen untuk karyawan dan klien yang datang.

"Swab antigen ini berlaku ke semua klien yang akan perawatan. Kalau hasil swab antigennya negatif, baru boleh dilanjutkan," ujarnya.

Cara itu, sambung Feriani, diambil untuk menjamin keamanan semua pihak yang terlibat dalam layanan tersebut. Sebelumnya, klinik telah menerapkan berbagai penyesuaian merespons kondisi pandemi, seperti mengganti seprei dengan bed sheet sekali pakai, pasien wajib menggunakan masker, dan selalu mengganti handuk.

Seiring meredanya Covid-19, dia mengatakan dari sisi bisnis sudah kembali seperti sebelum pandemi. Menurutnya, konsumen percaya dengan strategi penerapan protokol kesehatan yang dilakukan hingga saat ini dan pada 2023 ZAP lebih optimistis berekspansi.

Sebagai referensi bagi Anda, berikut sejumlah temuan menarik dalam ZAP Beauty Index 2023. Di antaranya mengenai popularitas brand lokal, pengaruh influencer, tren kecantikan, hingga perubahan kebiasaan terkait kecantikan pada masa post normal. Berbeda dari sebelumnya, riset tahun ini juga memuat lebih banyak pendapat perempuan tentang tipe pria idaman.

Perempuan Indonesia lebih percaya merek dan influencer lokal

source_name

Jenama kecantikan lokal berhasil memenangkan hati para perempuan Indonesia tahun ini. Sebanyak 96,8 persen perempuan Indonesia menggunakan produk skincare buatan Indonesia dibandingkan brand luar negeri. Bahkan, terdapat 19 persen perempuan yang mengaku menggunakan brand lokal secara eksklusif untuk merawat kulit mereka. Antusiasme para perempuan untuk memakai produk kecantikan lokal dapat terlihat dari produk-produk skincare dan makeup lokal yang semakin beragam dan inovatif. 

Empat produk teratas yang paling disukai dan banyak digunakan oleh para perempuan Indonesia adalah serum, facial wash, sunscreen, dan pelembab. Yosanova menambahkan, tahun ini juga terlihat bahwa produk dan layanan dari klinik kecantikan semakin menjadi favorit perempuan Indonesia. 

Pada 2021, hanya 17,8 persen perempuan Indonesia membeli skincare di klinik kecantikan, sementara tahun ini, jumlah tersebut meningkat hingga 32,5 persen. Selain produk over the counter, melakukan perawatan di klinik kecantikan menjadi salah satu kegiatan favorit perempuan Indonesia masa kini," katanya. 

Beauty influencer memberikan pengaruh besar bagi para perempuan Indonesia dalam memilih produk-produk kecantikan. Namun, di tengah banyaknya merek yang menunjuk brand ambassador artis atau musisi terkenal dari Korea, dalam ZAP Beauty Index 2023 terungkap bahwa influencer lokal masih menjadi acuan untuk lebih dipercaya. 

Terkait memilih produk dan layanan kecantikan, 78 persen perempuan Indonesia lebih tertarik pada influencer lokal dibandingkan dengan artis Korea. Hanya sekitar 16,8 persen perempuan yang terpengaruh oleh pemain film Korea dan 8.5 persen terpengaruh oleh girlband/boyband Korea.

Platform media sosial Instagram dan TikTok turut memberikan pengaruh besar di untuk mengakses informasi. Sebanyak 51.5 persen perempuan mengakses media sosial ini untuk memperoleh informasi terkait kecantikan.

Tren dan perawatan kecantikan favorit

source_name

Skincare dengan manfaat melembabkan lebih banyak dicari sebesar 60 persen dibandingkan manfaat anti-acne, yang selama beberapa tahun terakhir menduduki peringkat teratas. Pada tahun sebelumnya, sebanyak 53,8 persen perempuan lebih mencari manfaat anti-acne dan 53, 6 persen mencari manfaat melembabkan.

Sementara itu, di kategori penuaan dini atau anti-aging, ZAP Beauty Index 2023 menemukan bahwa 14,4 persen remaja perempuan di bawah 19 tahun sudah mulai mencari produk skincare yang berkhasiat untuk mencegah penuaan. Tren ini memperkuat anggapan selama ini bahwa semakin dewasa perempuan, skincare dengan manfaat anti-aging semakin menjadi prioritas.

Hasil survei juga menunjukan bahwa perempuan Indonesia paling merasa insecure dengan kondisi kulit wajah mereka (50,1 persen) dan ukuran atau berat badan (44,9 persen). Inilah yang membuat perempuan menaruh perhatian khusus, tak hanya pada kulit tetapi juga pada kondisi badan mereka--seperti ukuran atau berat badan yang mereka miliki saat ini.

Selain itu, perawatan di klinik kecantikan semakin populer dan digemari oleh banyak perempuan. Hal tersebut mengacu pada temuan 3 dari 5 perempuan Indonesia memilih treatment kulit wajah di klinik kecantikan sebagai kegiatan pampering yang paling disenangi. 

Facial untuk membuat wajah lebih glowing merupakan jenis perawatan yang disukai oleh lebih dari 50 persen perempuan Indonesia saat ini. Hal ini sejalan dengan temuan mengenai concern perempuan Indonesia terhadap kulit kusam. Mereka memimpikan wajah yang bersih dan mulus, selain juga bertubuh sehat dan bugar, agar dapat merasa cantik. 

Merespons temuan ZAP Beauty Index 2023, Chief Marketing Officer ZAP Clinic Feriani Chung mengatakan, kepercayaan perempuan Indonesia terhadap klinik kecantikan semakin meningkat dari tahun ke tahun. 

“Selain menjadi bentuk capaian bagi ZAP, temuan ZAP Beauty Index 2023 juga menjadi masukan bagi kami untuk terus relevan dengan apa yang perempuan Indonesia butuhkan dalam mempercantik diri,” katanya. 


 

Produk skincare dan perawatan tak hanya bagi perempuan

source_name

Bagaimana pria yang sempurna di mata para perempuan Indonesia? Perempuan menyukai pria yang peduli dengan penampilan diri. Mayoritas perempuan setuju jika pria memerlukan perawatan kulit. 

Sebanyak 95,1 persen perempuan mengapresiasi para pria yang menggunakan skincare setiap hari secara rutin. Dengan persentase 82, 9 persen, perempuan setuju bahwa penting bagi para pria untuk melakukan perawatan kulit di klinik. 

Temuan ini menjadi bukti bahwa perempuan tak lagi menganggap skincare dan treatment hanya khusus diperuntukkan bagi perempuan, karena untuk menjadi pria idaman para perempuan, pria perlu merawat diri dan memperhatikan penampilan fisik. Hal ini pula yang sebelumnya juga mendorong ZAP meluncurkan MEN/O/LOGY by ZAP pada 2019 sebagai klinik ketampanan pria pertama di Indonesia.

Influencer yang juga pemenang Masterchef 2013, William Gozali sependapat kalau perawatan dapat menunjang penampilan pria, tetapi ada beberapa pertimbangan penting yang biasa dilihat pria dalam memilih klinik.

“Dari sisi harga dulu, kalau kemahalan pasti dirasa nggak butuh-butuh amat. Tapi setelah dirasakan, oh begini hasilnya. Kalau dibanding kanan kiri MEN/O/LOGY bisa jadi pilihan,” ujarnya.

Terkait pesona dan fisik, 87.5 persen perempuan Indonesia paling menyukai pria yang memiliki personality dan attitude yang baik. Pengetahuan yang luas dan wangi, berada di posisi kedua dan ketiga dengan persentase masing-masing 77,3 persen dan 67,5 persen. Faktor lainnya , yakni tinggi badan di atas rata-rata, hidung mancung dan bahu/dada yang bidang juga mudah membuat para perempuan mudah jatuh hati.

Laporan lengkap ZAP Beauty Index 2023 dan tahun-tahun sebelumnya dapat diakses melalui tautan zapclinic.com/zapbeautyindex.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Melonjak 109%, Bank Raya Kantongi Laba Rp9,16 Miliar
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi