Hamilton Ventura, Arloji Lawas "King of Rock n Roll" Elvis Presley

Merevolusi dunia horologi, arloji elektrik pertama di dunia.

Hamilton Ventura, Arloji Lawas "King of Rock n Roll" Elvis Presley
Hamilton Ventura/Dok. hamiltonwatch.com
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Elvis Presley, penyanyi yang popular dengan tembang "Hound Dog" dan "Love Me Tender", termasuk sebagai ikon paling berpengaruh dunia pada abad lalu. "King of Rock n Roll" ini juga dikenal karena keahliannya membawakan lagu-lagu bergenre rock, country, dan blues

Selain karya musiknya, penampilan Elvis dengan gaya rambut quiff klasik, jumpsuit berpayet, celana cutbray, dan kemeja Hawaii di atas panggung berhasil menarik penggemar dari berbagai negara.

Namun, tak banyak yang tahu jika sang legenda yang mati muda itu hobi mengoleksi jam tangan. Tidak melulu jam tangan mewah seperti Omega yang berhiaskan berlian, Elvis mempunyai jam tangan dengan desain yang unik, Hamilton Ventura.

Sejarah Hamilton Ventura

source_name

Dilansir dari Bulang and Sons, Senin (28/6), kisah awal Hamilton Ventura dimulai pada 1957. Dirilis oleh desainer mobil dan ilustrator majalah fiksi ilmiah Richard Arbib, arloji  ini memiliki tampilan yang terbilang futuristik, dengan cangkang segitiga dan dial berwarna hitam yang khas. 

Desainnya merupakan perpaduan antara gaya arsitektur googie–gaya yang mulai populer di California Selatan usai Perang Dunia II–dan  model jam atom buatan perancang industri AS, George Nelson.

Ventura menjadi menjadi pembicaraan hangat para penggemar arloji karena kehadirannya merevolusi dunia pembuatan jam. Arloji elektrik pertama di dunia ini ditenagai baterai dan merupakan produk penelitian dan pengembangan Hamilton selama lebih dari sepuluh tahun. Menariknya, alasan terkuat yang membuat Ventura tetap menarik perhatian publik adalah arloji ini dipakai Elvis dalam film romansa komedi "Blue Hawaii" yang dirilis pada 1961. 

Terdepan dalam teknologi

source_name

Hamilton Ventura masih menjadi yang terdepan dalam hal teknologi jam tangan selama beberapa tahun setelah diluncurkan pada 1957. Pasalnya, dengan menggunakan jam tangan elektrik, pengguna tidak perlu memutar crown secara manual agar mesin tetap berjalan. Namun, reputasi jam model ini perlahan turun karena sulitnya perbaikan roda gigi. Teknologi tersebut pun perlahan-lahan tergantikan oleh jam tangan bermesin kuarsa pada era 1970-an. 

Meredupnya popularitas jam tangan elektrik saat ini tidak serta-merta membuat Hamilton berhenti mengenalkan varian terbaru Ventura. Buktinya, watchmaker Swiss itu sudah melepas Ventura dalam varian dial transparan (skeleton), atau yang dibalut tali berbahan denim. Bahkan arloji ini terlihat lagi di film Hollywood.  

Hamilton Ventura dihadirkan di keempat film Men in Black, tetapi yang paling diingat publik adalah ketika Tommy Lee Jones dan Will Smith memakai arloji tersebut pada 1997.

Kabar baiknya, Hamilton juga menjual Ventura ref H24301731 yang nyaris mendekati Ventura orisinal milik "King of Rock n Roll". Model ini dibekali cangkang baja yang dilapisi physical vapor deposition (PVD) keemasan, dial hitam, mesin kuarsa, dan tali bermotif kulit buaya. Hamilton Ventura ref H24301731 bisa dipesan di laman resmi pembuat jam dengan seharga US$895 atau sekitar Rp13,2 juta.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Melonjak 109%, Bank Raya Kantongi Laba Rp9,16 Miliar
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi