Menangkap Keindahan Bunga dalam koleksi ‘BOTANICA’ Tiffany & Co. 2022

Wisteria, Magnolia, dan Anggrek jadi inspirasi Tiffany & Co.

Menangkap Keindahan Bunga dalam koleksi ‘BOTANICA’ Tiffany & Co. 2022
Dok. Tiffany & Co.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE- Bunga telah lama menjadi simbol cinta dan kasih sayang. Tak heran pesona dan keindahannya turut diabadikan dalam perhiasan, seperti bros, kalung, anting-anting, dan cincin.

Menerjemahkan keindahan bunga, jenama perhiasan mewah asal Amerika Serikat, Tiffany & Co.menggelar Tiffany 2022 Blue Book High Jewelry Show – Botanical Collection di Taipei University of the Arts Science and Technology Museum.

Hampir 300 desain indah dan nilai total hampir 10 miliar dolar Taiwan dipamerkan pada pada 27 Oktober sampai 3 November 2022. Pameran ini mencakup tiga tema utama: seri BOTANICA Botanical Landscape baru dari Blue Book, karya cerdik seniman legendaris Jean Schlumberger, dan karya berlian klasik yang brilian.

Wisteria

Dok. Tiffany & Co.

Tema Wisteria terinspirasi dari bentuk dan warna karya perwakilan Louis Comfort Tiffany "Wisteria Table Lamp" pada periode Art Nouveau. Wisteria memiliki nuansa warna biru dan ungu yang mencolok dan memikat, dan kalsedon yang diukir tangan oleh pengrajin Tiffany. Desainnya dibuat untuk mereproduksi kelopak wisteria, dengan diselingi safir berbentuk buah pir dan berlian, menghadirkan nuansa baru pada desain klasik.

“Wisteria adalah penghormatan kepada arsip bunga Tiffany & Co. yang juga menghormati kreasi kaca bertimbal Louis Comfort Tiffany yang berwarna-warni,” kata Victoria Wirth Reynolds, kepala ahli permata dan wakil presiden, Tiffany & Co. melansir Elle, Senin (7/11).

Reynolds menambahkan, kompleksitas kelopak wisteria saat mereka mengubah warna selama proses berbunga adalah sesuatu yang ingin ditangkap oleh rumah perhiasan tersebut.

“Desain dari tema Wisteria sangat hidup. Bergantung pada mekar dan berapa lama mereka mekar, kelopak wisteria berubah warna. Potongan-potongan ini sangat menggemakan fenomena ini, merayakan keindahan wisteria dengan gradasi warna kalsedon terhadap batu permata seperti tanzanite, safir merah muda dan ungu atau spinel biru,” katanya.

Magnolia

Dok. Tiffany & Co.

Dalam seri ini, desain pemuda Magnolia menyuntikkan cita rasa kontemporer ke dalam tema botani. Bunga magnolia yang elegan adalah sumber inspirasi bagi makna sejarah Tiffany. 

Penggunaan inovatif kalsedon yang diukir dengan tangan dan empat permata legendaris Tiffany Tsavorite dan Morgan Stone (Morganit), dan sebagainya. Dalam 185 tahun sejak merek ini didirikan, magnolia telah muncul dalam berbagai desain perhiasan dan karya seni kaca patri hias, dan vas Magnolia yang saat ini berada dalam koleksi The Metropolitan Museum of Art. Koleksi ini juga mendapat penghormatan ketika dipamerkan di The World's Columbian Exposition pada 1893.

Dalam koleksi ini, magnolia mencapai ekspresinya melalui interaksi batu yang hidup. “Magnolia menggabungkan batu permata yang mengesankan, seperti tsavorite ringan 16 karat atau morganite lebih dari 43 karat, dengan kelopak kalsedon yang diukir dengan tangan,” kata Reynolds. 

Koleksi ini menciptakan sensasi kontras yang menonjolkan batu permata yang signifikan ini dengan cara yang indah. Bunga magnolia pun telah terjalin erat dengan sejarah toko perhiasan.

Anggrek

Dok. Tiffany & Co.

Tema Kurva Anggrek menata ulang tema bunga utama dalam sejarah merek dengan perspektif modern anggrek. Desain berfokus pada simetri unik dan alami serta pesona halus anggrek. 

Sumbu utama desain menggunakan sejumlah besar berlian, menampilkan lekuk yang elegan dan lembut, menangkap pesona kelopak anggrek yang luar biasa, dengan bentuk alami yang sensual dan estetika simetris yang unik, untuk pola bunga ikonik Tiffany ini menghirup kehidupan baru ke dalamnya.

Dengan perhatian khusus pada simetri organik bunga dan bentuk sensual, motif Kurva Anggrek Botanica menampilkan desain yang lebih intensif berlian yang didefinisikan dan dibedakan dari bunga lain dalam koleksi ini dengan bentuknya yang bergelombang dan tetesan batu permata yang menarik. 

Inspirasi dari desainer perhiasan legendaris Jean Schlumberger

Dok. Tiffany & Co.

Ruang pameran bertema "master desain legendaris Jean Schlumberger Series High Jewelry". Ini merupakan konsep ulang dari beberapa desain Jean Schlumberger yang paling mengesankan dari The Tiffany Archives yang menggunakan kombinasi batu permata berwarna unik yang menyenangkan kolektor dan penggemar. 

Jean Schlumberger (1907–1987) menciptakan perhiasan dan potongan menakjubkan yang tak terhitung jumlahnya. Dengan selera uniknya, maestro ini menciptakan perhiasan top-of-the-line yang cantik dengan rasa ruang dan vitalitas yang mengejutkan.

Dia tidak terikat oleh gambar hewan dan tumbuhan, dan dapat dengan cepat menggabungkan elemen alam untuk menggambarkan dan menciptakan keunikan desain.

Brilian, imajinatif dan abadi, karya Schlumberger tidak hanya menampilkan orisinalitasnya tetapi juga keahlian profesional Tiffany yang cerdik.

Para penggemar menantikan desain Schlumberger yang legendaris seperti bros Bird on a Rock, dan suite Vigne dan Trellis, tetapi kali ini ditata dengan batu permata yang semarak untuk memberikan kepribadian dan interpretasi baru pada kreasi paling indah dari ahli perhiasan. 

Kalung dan anting-anting Vigne, misalnya, menampilkan kombinasi rubellite, zamrud, dan berlian yang memukau. Salah satu bagian yang dapat dinantikan oleh para pengagum desainnya adalah bros Tiffany & Co. Schlumberger Phoenix,  karena sangat jarang dibuat ulang. Karya ini dibuat dengan energi yang berapi-api dan berani, turmalin hijau, pirus, safir multi-warna serta berlian.

Related Topics

Tiffany & Co.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI