Mercedes-Benz C-Class Terbaru Resmi Mengaspal di Indonesia

Membawa banyak pembaruan, harga termurah nyaris Rp1 miliar.

Mercedes-Benz C-Class Terbaru Resmi Mengaspal di Indonesia
Mercedes-Benz all new C-Class/Fortune Indonesia/Desy Y.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) resmi meluncurkan all new C-Class yang sudah lama dinantikan di Indonesia. Model tersebut diluncurkan bersamaan dengan pameran Star Drive yang berlangsung pada 14 sampai 17 Juli 2022, di Senayan City, Jakarta.

Pabrikan asal Jerman ini meluncurkan tiga produk terbaru, yaitu C200 Avantgarde Line dan C300 AMG Line, serta facelift CLS 350 AMG Line Coupe.

"Mercedes-Benz C-Class yang kami luncurkan adalah generasi keenam. Sedan ini dirakit langsung lokal di Pabrik Mercedes-Benz yang berlokasi di Wanaherang," ujar President Director PT MBDI, Choi Duk Jun dalam acara peluncuran all new C-Class di Senayan City, Kamis (14/7).

Pembaruan di all new C-Class

source_name

Penyegaran tampak di all new C-Class 2022 ini. Mercedes-Benz C-Class mengusung desain grille baru dengan integral Mercedes-Benz Star, dan juga terdapat powerdome untuk tipe Avantgarde Line. Adapun tipe AMG Line mengusung bahasa desain modern mewah, dengan penggunaan pattern radiator grille Mercedes-Benz.

Sistem pencahayaan LED High Performance, kemudian untuk peleknya berukuran 18 inci untuk kedua modelnya. Hanya saja dibedakan dari desainnya. Sedangkan pelek C200 mengusung desain 5 twin spoke, sementara C300 mengusung desain AMG 5 twin spoke.

Bagian interiornya, all new C-Class dilengkapi central display berukuran 11,9 inci. Kisi-kisi AC terlihat sedikit lebih kotak, dan sudah dibekali 64 ambient light. Untuk tipe C300 AMG Line sudah dilengkapi panoramic sunroof.

Ruang kaki kedua modelnya diklaim lebih luas 2 cm bila dibandingkan model sebelumnya. Hal tersebut dikarenakan C-Class terbaru ini memiliki dimensi lebih lebar 12 mm dan lebih panjang 65 mm bila dibandingkan model sebelumnya.

Sementara untuk fitur multimedia, dilengkapi dengan sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) generasi terbaru, sama seperti yang tersedia pada model S-Class. MBUX generasi terbaru ini juga sudah dilengkapi dengan voice assistant “Hey Mercedes” yang dapat menjalankan perintah seperti menelepon, menyalakan sistem navigasi, dan sebagainya.

Spesifikasi mesin

source_name

Untuk urusan dapur pacu, Mercedes-Benz C200 2022 dibekali mesin 1.496 cc dengan tenaga yang dihasilkan sebesar 204 HP. Sementara untuk tipe C300 mengusung mesin 1.991 cc dengan output tenaga sebesar 258 HP. Tenaga mesin disalurkan ke roda belakang melalui transmisi otomatis 9 kecepatan.

Mobil sedan C-Class terbaru ini telah disematkan teknologi EQ Boost yang berfungsi menambahkan tenaga saat mobil berakselerasi melalui teknologi baterai 48 volt. Lewat teknologi, tenaga mesin bisa bertambah 20 HP untuk C200 dan 27 HP untuk C300.

“C-Class terbaru ini termasuk ke sistem mild hybrid. Bedanya, kalau EQ Boost sebelumnya terpisah dengan mesin, yang sekarang sudah menyatu dengan mesin, jadi tidak ada jeda penambahan tenaganya,” ujar Department Manager Product & Pricing MB Cars & Vans PT MBDI, Aldo Andityra Rais.

Model terbaru ini juga telah dilengkapi dengan fitur-fitur seperti large central display, ambient lighting premium, wireless charging, Parking Package, Keyless Go, Active Brake Assist, dan Blind Spot Assist.

Berapa harganya?

source_name

Menyoal harga, all new Mercedes-Benz C-Class 2022 dibanderol Rp970 juta off the road untuk tipe C200 Avantgarde Line. Untuk tipe C300 AMG Line Rp1,095 miliar off the road.

Deputy Director Sales Operation & Product Management Mercedes-Benz Indonesia Kariyanto Hardjosoemarto mengatakan target penjualan mobil C-Class tidak mengacu pada angka. Perusahaan hanya ingin memastikan pengiriman unit ke konsumen bisa berjalan cepat di tengah masalah rantai pasokan yang mengganggu produksi mereka.

"Untuk target sampai dengan akhir tahun, kami tidak mau disclose angka karena angka akan terus bergerak. Kami tujuannya adalah bagaimana bisa melayani sebanyak mungkin seluruh pesanan dari customer. Jadi kalau ditanya targetnya adalah sebanyak-banyaknya," ujar Kariyanto hari ini, Kamis, 14 Juli 2022.

Keri, sapaan akrab Kariyanto, mengungkapkan bahwa sepanjang 2021, sedan Mercedes-Benz C-Class berhasil berkontribusi sekitar 20 persen terhadap total penjualan mobil Mercedes. Bahkan, C-Class menjadi salah satu dari tiga model dengan kontribusi penjualan mobil terbesar bersama GLC dan GLE.

"Memang 2021 tahun terakhir untuk C-Class. Selain itu, secara umum adalah recovery pasar pascacovid, kalau secara volume, kontribusinya kurang lebih 20 persen terhadap total penjualan kami," ucapnya.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen