Otomotif dan Mode Menyatu dalam Jakarta Auto Runway

Fesyen dan otomotif menjadi bagian dari gaya hidup.

Otomotif dan Mode Menyatu dalam Jakarta Auto Runway
Jakarta Auto Runway di GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023/Dok. GAIKINDO
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Untuk pertama kalinya, pameran GAIKINDO Jakarta Auto Week 2023 (GJAW) menghadirkan Jakarta Auto Runway. Terobosan baru yang menampilkan kolaborasi apik dari fesyen dan otomotif di atas runway dan menjadi bagian dari identitas baru GJAW, yakni Automotive X Lifestyle

Project Director Seven Event, Vista Limbong, mengungkapkan bahwa identitas baru GJAW ini sebagai pembeda dengan pameran otomotif lainnya. 

“GJAW tahun ini menciptakan identitas baru, yaitu Automotive X Lifestyle yang menghadirkan kolaborasi industri otomotif dan lifestyle. Salah satunya lewat Jakarta Auto Runway, fesyen memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan industri otomotif saat ini, di GJAW 2023 beberapa merek menghadirkan kolaborasi dengan dunia fashion dan art,” ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Senin (20/3).

Senada Project Director Jakarta Auto Runway 2023, Andia Kusumawardhani,  menjelaskan fesyen dan otomotif adalah dua hal yang sangat terkait erat. Keterkaitan inilah yang menjadi alasan kehadiran Jakarta Auto Runway di GJAW.  Saat ini, otomotif seperti mobil atau motor bisa menjadi salah satu "fashion statement" seseorang. 

“Dengan adanya Jakarta Auto Runway diharapkan menjadi awal yang baik untuk mengembangkan kolaborasi dua sektor industri ini di Indonesia. Karya-karya inovatif dari delapan desainer Indonesia ditampilkan bersama produk otomotif mutakhir yang didukung dengan desain panggung sesuai tema otomotif yang dinamis,” katanya.

Jakarta Auto Runway yang digelar pada 17 dan 18 Maret 2023 menggandeng 8 desainer kenamaan Indonesia, yaitu Wilsen Willim, IKYK, AMOTSYAMSURIMUDA, RAEGITAZORO, Elima, Tanah le Saé, Rinda Salmun, dan ANW.  

Kedelapan desainer yang terkurasi untuk berpartisipasi di Jakarta Auto Runway ini akan menampilkan lebih dari 100 koleksi dengan signature style masing-masing yang terinspirasi dari sejumlah jenis mobil yang ada di GJAW, yaitu city car, electric car, dan premium car. Berikut ini ringkasan Jakarta Auto Runway  yang memamerkan koleksi desainer Indonesia.

Fesyen dan otomotif saling melengkapi

source_name

Hari pertama penyelenggaraan Jakarta Auto Runway pada 17 Maret 2023 menampilkan koleksi dari RAEGITAZORO dan Elima. Kemudian dilanjutkan Tanah le Saé dan ANW.

Salah satu desainer di Jakarta Auto Runway, Wilsen Willim mengungkapkan, bahwa kendaraan dan otomotif secara luas kini menjadi pendamping terbaik bagi gaya berpakaian seseorang. 

“Fesyen dan otomotif telah menjadi bagian dari gaya hidup yang saling melengkapi. Kolaborasi ini tentunya diharapkan dapat memotivasi para pelaku industri fesyen untuk terus mengeksplorasi kreativitas rancangannya dengan mengikuti dinamika perkembangan industri otomotif sebagai inspirasi,” kata Wilsen.

Desainer Wilsen Willim menampilkan koleksi bertema "Metropolitan Chic" yang terinspirasi dari gaya hidup wanita urban yang aktif bekerja dan gemar berpenampilan fashionable, tapi tetap mengutamakan kenyamanan. Sebagai representasi dari spirit wanita mandiri yang memegang prinsip work hard and play hard, koleksi ini dirancang bersifat timeless dan comfortable tetapi tetap stylish dan luxury. Koleksi yang terdiri dari blazer, celana, rok, dan dress ini fleksibel untuk dipadu-padankan dengan outfit lainnya, sehingga dapat digunakan untuk momen Lebaran.

Gaya urban yang dinamis

source_name

Gelaran hari kedua Jakarta Auto Runway 2023 pada 18 Maret menghadirkan keragaman gaya urban aesthetic ditampilkan oleh empat jenama ternama Indonesia, yaitu IKYK, Wilsen Willim, Rinda Salmun, dan AMOTSYAMSURIMUDA.

Fashion show yang disponsori oleh Toyota All New Agya mempersembahkan koleksi dari IKYK dan Wilsen Willim. Koleksi pakaian yang ditampilkan keduanya merepresentasikan gaya wanita urban yang dinamis dengan pilihan city car sebagai penunjang aktivitas dan karakter dirinya.  

Marketing Director Toyota Astra Motor, Anton Jimmy Suwandy, mengatakan mengkolaborasikan antara otomotif dan lifestyle menjadi tantangan tersendiri bagi produsen otomotif untuk bisa menciptakan kendaraan yang mampu mendukung beragam aktivitas sesuai dengan gaya hidup pelanggan.

"Di sini hal tersebut harapannya bisa kami penuhi lewat penampilan GR Yaris dan All New Agya GR Sport di Jakarta Auto Runway,” ujar

IKYK, jenama modern modest wear yang telah memperluas kiprahnya di pasar internasional, menampilkan koleksi Fall/Winter 2023 bertema “The Continuum” untuk memperkuat identitas dan nilai-nilai yang ditanam oleh IKYK dari waktu ke waktu. Koleksi ini menghadirkan statement pieces dari IKYK seperti siluet oversized, layers, dan cutting yang panjang tanpa melupakan teknik andalan yang menjadi daya tarik utama IKYK yaitu pleats.

IKYK juga menyertakan beberapa koleksi best-seller seperti long outer dan rok triwarna dengan kombinasi kain berbeda dan teknik pleats, asymmetrical pleated dress, dan quilted long outer yang  pernah dikeluarkan pada koleksi-koleksi sebelumnya. 

Terinspirasi dari musim gugur/dingin, IKYK menitikberatkan essential pieces musiman yang dikenal praktis dan modern dikombinasikan dengan sentuhan bold dari penyertaan makrame, quilt dan polyester faux  leather. Warna yang dipilih cenderung netral, seperti warna statement IKYK dari off-white, beige, dan creme hingga lebih berani seperti navy (biru tua), dark brown, dan dark olive (hijau tua) serta highlight  warna baby yellow, merah muda, dan sage green yang menjadi penyegar koleksi ini.

Sementara, desainer Rinda Salmun yang konsisten menerapkan konsep sustainable fashion dalam menciptakan koleksi sesuai identitas rancangannya yang memadukan antara young, fun, and vibrant urban life dengan dynamic modern luxe wear. Teknik pembuatan berupa upcycling fashion dan fabric-waste management kembali menjadi sorotan koleksi ini. Dalam koleksi yang diperagakan kali ini, Rinda Salmun juga menghadirkan lini keduanya yaitu RTW Studio dengan desain print orisinil terbarunya yang digabungkan dengan koleksi luxe yang penuh struktur dan playful dengan makrame.

Sebagai penutup Jakarta Auto Runway tahun ini, AMOTSYAMSURIMUDA, label menswear dengan identitas effortless, utilitarian and sport-wear insipired ini, mempersembahkan koleksi bertema “un·in·hib·it·ed”. Koleksi ini dinyatakan sebagai ekspresi “AMOTSYAMSURIMUDA on steroid!” dengan eksplorasi motif-motif abstrak yang mencolok dalam permainan warna yang lebih terang dan berani dalam koleksi Spring Summer 2023 ini. 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Cara dan Sayarat Gadai Sertifikat Tanah di Pegadaian
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
Dalam sebulan, 69 Pinjol Diganjar Sanksi Oleh OJK
10 Kacamata Termahal di Dunia Lengkap dengan Harganya!