Rahasia di Balik Haute Couture Butik Mewah Ternama

Rancangan musim gugur/dingin 2022 Dior hingga Balenciaga.

Rahasia di Balik Haute Couture Butik Mewah Ternama
Valentino Couture, Fall/Winter 2022/Dok. Valentino
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE Haute couture, kasta tertinggi di industri fesyen. Istilah khusus ini berawal dari industri busana di Perancis untuk busana para bangsawan. Pangsa pasarnya di dunia tak banyak, hanya sekitar 4.000 orang. Khusus bagi kalangan jetset yang mampu merogoh kocek tidak sedikit untuk haute couture.

Busana haute couture secara khusus diproduksi dalam jumlah terbatas oleh rumah produksi tertentu. Pembuatan tiap busana pun dikhususkan untuk memenuhi selera dan permintaan tiap klien, dibuat sepenuhnya oleh tangan sang ahli busana dan sebisa mungkin tanpa bantuan mesin sama sekali. Haute couture berharga fantastis bergantung kualitas, cara pembuatan, dan bahannya yang memang memiliki kualitas terbaik atau bahkan langka. 

Untuk menyelami dunia haute couture dan bergabung dengan dunia kelas atas, lebih sulit lagi. Semuanya ada di tangan Fédération de la Haute Couture et de la Mode (FHCM), federasi haute couture dan mode di Paris. FHCM sepenuhnya mempertahankan standar budaya mode Prancis, dan desainer harus menunjukkan keterampilan pengrajin yang luar biasa, dan memenuhi level haute couture resmi. 

Haute couture seperti harta karun inspirasi bagi para pencipta dan merupakan “pabrik” impian di mana para desainer dapat dengan bebas menampilkan keterampilan mereka. Lalu, bagaimana para desainer berproses menghasilkan haute couture

Dirangkum dari Prestige, Selasa (8/2), para desainer mengungkap keahlian yang luar biasa dan konsep desain inovatif dari haute couture musim gugur dan musim dingin 2022.

Dior

Dok. Dior

Seri haute couture musim gugur dan musim dingin Dior tahun 2022 dirilis di Rodin Fine Arts di Paris. Set ruang angkasa ini dibuat bersama oleh seniman Ukraina Olesia Trofymenko dan bengkel Chanakya di Mumbai, India. Mengambil tajuk "THE FLOW", pohon kehidupan ditampilkan melalui lukisan dan bordir, membuat kehidupan pohon dan bunga saling berbisik, melambangkan feminitas, kelanjutan kehidupan. 

Untuk seri ini, fokus utama adalah pada bordir yang membutuhkan banyak usaha, terutama mawar Dior, yang diolah menjadi panel renda dan tertanam dalam pada bordir manik-manik 3D. Bordir juga dapat dilihat pada bahan katun, wol crepe, sutra, dan kashmir.

Palet putih dan krem ​​muda musim ini memiliki nuansa lembut dan pendiam, gaun itu dilengkapi dengan tambal sulam renda perunggu dan renda hitam, dan sifon sutra yang mengalir berpadu dengan bordir untuk membingkai tubuh.

Terungkap secara eksplisit, direktur kreatif Dior Maria Grazia Chiuri menghubungkan kain dan kesadaran melalui pengerjaan indah dari penyambungan bahan yang berbeda, dan menyuntikkan cerita dan emosi budaya dan negara tradisional. Membuat rancangan haute couture menjadi lebih hidup.

Schiaparelli

Dok. Schiaparelli

Musim ini Schiaparelli sekali lagi memukau. Dunia surealis yang diciptakan oleh art director Daniel Roseberry mengubah nostalgia tahun 1980-an menjadi kenyataan. Melalui ide-ide kreatif yang tak terkendali, kain, aksesori logam, dan berbagai elemen tak terbayangkan ditampilkan secara dramatis di setiap set haute couture dalam rancangan busananya.

Roseberry menampilkan sepasang anting-anting anggur emas yang  menjuntai tersebar di sepanjang garis tubuh, tulip tiga dimensi, bunga matahari, dan sebagainya. Semuanya dibuat dengan halus dari sutra yang dilukis dengan tangan dan berpayet. Tak kalah memukau, topi bertepi lebar yang indah ditutupi dengan aksen seperti gandum.

Musim ini, Roseberry kembali ke jantung mode yang asli, dan hanya ingin mempersembahkan benda-benda yang mereka anggap indah. Dan seperti yang dia katakan, "Mencampur dan mencocokkan antara modernitas yang luar biasa dan romansa gila.” Interpretasi yang sempurna untuk musim ini, penuh dengan kejutan visual artistik.

Fendi

Dok. Fendi

Fendi melompat keluar dari tema Roma. Rancangannya menetapkan Kyoto, Paris, dan Roma sebagai tema dari perspektif global, mempelajari fragmen kota yang berbeda, dan menyambung siluet kenangan setiap periode. 

Koleksi haute couture Fendi musim ini berfungsi sebagai perkamen yang terus-menerus digores dan ditulis ulang, di mana masa lalu, sekarang, dan masa depan digabungkan secara halus. 

Menariknya, koleksi musim ini menggunakan teknik pewarnaan stensil (kata-yuzen) yang dicetak dengan tangan dan dilukis dengan tangan yang tidak tergoyahkan selama berabad-abad dalam kimono Kyo-Yuzen. Bengkel Fendi memotong potongan kain kimono sutra tradisional yang dibuat di Kyoto menjadi beberapa bagian dan menjahitnya kembali menjadi potongan asimetris dalam gaun panjang. 

Hal ini juga dapat dilihat dari desainnya, sangkar kristal berkilauan dari Continental yang anggun, pengerjaannya secara sempurna mencerminkan semangat arsitektur Paris. Fendi membuat haute couture lebih mudah didekati kali ini, memancarkan pesona lembut feminin.

Valentino

Dok. Valentino

Koleksi ini menafsirkan interpretasi direktur kreatif Valentino, Pierpaolo Piccioli tentang kecantikan. Piccioli percaya bahwa kecantikan tidak memiliki aturan yang ditetapkan, tetapi ekspresi dari sikap. Kali ini, itu juga menggemakan tema seri "The Beginning", membawa pertunjukan kembali ke Roma, asal mula merek, dan mendapatkan kembali niat awal penciptaan. 

Dalam rangkaian karya tersebut banyak inspirasi desain yang diambil dari elemen klasik Mr Valentino, seperti warna merah, hitam dan putih yang kontras dari Valentino dan banyak sekali bunga mawar.

Selain itu, Pierpaolo Piccioli juga melanjutkan gaya desainnya yang unik, menggabungkan warna-warna berani, seperti barbie pink, hijau fluorescent, ungu tua, oranye terang, dan lainnya. Tentu dikombinasikan dengan bulu yang indah dan melimpah, payet, elemen kristal, dengan jubah.

Rancangannya menghasilkan serangkaian kostum dramatis. Mulai dari tutup kepala dengan benang panjang yang mengalir hingga busana bergaris lembut atau siluet yang rapi, masing-masing memancarkan pesona yang unik.

Haute couture Valentino memperluas batas keindahan dan membawa orang ke dunia estetika tanpa batas dalam bentuk yang lebih beragam.

Balenciaga

Dok. Balenciaga

Balenciaga mempersembahkan koleksi couture ke-51, koleksi couture kedua untuk rumah mode ini di bawah Creative Director Demna Gvasalia. Musim ini Gvasalia dengan berani menambahkan teknologi avant-garde. Dia memperkenalkan bahan selam berbasis batu kapur Jepang ke dalam haute couture, serangkaian celana ketat karet, gaun, dan bahkan jas yang kemudian dipadukan dengan lapisan poliuretan yang digunakan di Mercedes-AMG Tak ketinggalan face shield kolaborasi dengan Mercedes AMG F1 untuk menciptakan suasana seram dan misterius. 

Kemudian muncul fishnet dress yang dihias dengan manik-manik dan payet berkilau, outfit bulu dan organza, dan atasan kaku yang diperlakukan khusus untuk memberikan efek kertas berkerut. 

Rancangannya juga menampilkan siluet oversized dipadukan dengan denim kasual, dengan desain kerah stand-up yang besar, karya ini melengkapi momentum ekspresi kreativitas Gvasalia yang tak terbendung.

Pada akhirnya, tidak hanya wajah-wajah klasik dan familiar dari industri fashion, seperti BFRND, Kim Kardashian atau Bella Hadid  yang diundang untuk hadir, tetapi juga Dua Lipa, Nicole Kidman, Naomi Campbell dan tokoh-tokoh besar lainnya diundang ke runway untuk menyibak tirai pertunjukan besar dan sempurna dari koleksi haute couture musim gugur/dingin 2022  persembahan rumah mode dunia.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M