Spesifikasi Ferrari Purosangue, SUV Mewah Ferrari Terbaru di Tanah Air

Mobil dengan empat pintu dan empat kursi pertama Ferrari.

Spesifikasi Ferrari Purosangue, SUV Mewah Ferrari Terbaru di Tanah Air
Ferrari Purosangue/Dok. PT Eurokars Prima Utama
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE -  Spesifikasi dan harga Ferrari Purosangue yang diluncurkan di Indonesia menarik perhatian. Mobil sport empat pintu Ferrari yang otentik ini diluncurkan tepat setahun setelah peluncuran perdananya di kota Pisa, Italia. 

Mobil dengan konfigurasi empat pintu dan empat kursi yang pertama dalam 75 tahun sejarah The Prancing Horse ini diluncurkan di Hutan Kota Plataran, Jakarta pada 13 September 2023.

"Purosangue adalah SUV empat tempat duduk pertama Ferrari sekarang resmi hadir di Indonesia," kata Nini Chiandra, General Manager PT Eurokars Prima Utama, selaku APM Ferrari di Indonesia.

Nini menambahkan, mobil sport empat pintu Ferrari yang otentik ini  diproduksi terbatas.

"Mobil ini bukan limited series tapi limited production, dan mobil ini diperkirakan mulai mengaspal di Indonesia pada 2025. Jatah untuk Indonesia sendiri, kami berharap agar habis dipesan" ujarnya.

Soal harga Ferrari Purosangue, Nini tidak menyebutkan harganya karena belum dirilis. Namun, harga Ferrari Purosangue dijual dengan harga €390 ribu euro atau kisaran Rp5,5 miliaran.

Diprediksi harganya di Indonesia bisa lebih tinggi dua sampai tiga kali lipat dari negara asalnya karena dikenakan pajak.

Bagaimana spesifikasi Ferrari Purosangue, SUV pertama sang kuda jingkrak?

Mobil 4 pintu pertama Ferrari

Dok. PT Eurokars Prima Utama

Sejak tahun-tahun awal Ferrari, mobil 2+2 (yaitu mobil dengan dua kursi depan dan dua kursi belakang yang lebih kecil) telah memainkan peran penting dalam strateginya. Banyak mobil Ferrari yang telah menggabungkan performa terbaik dengan kenyamanan kelas satu sebagai salah satu pilar kesuksesan mereka. 

Kini, sebagai puncak dari 75 tahun penelitian terdepan mereka, Ferrari telah menciptakan sebuah mobil yang unik di panggung dunia: tidak hanya performa, kenikmatan berkendara dan kenyamanan juga saling berdampingan dalam harmoni yang sempurna, juga merupakan enkapsulasi dari DNA ikonik The Prancing Horse. Inilah alasan mengapa nama Purosangue, sebuah nama dalam bahasa Italia yang berarti 'ras murni', dipilih.

Purosangue memiliki mesin yang dipasang di tengah-tengah dengan gearbox di bagian belakang untuk menciptakan tata letak poros transmisi (transaxle) yang sporty. Unit Transfer Daya (PTU) dipasang di depan mesin untuk menghasilkan transmisi 4x4 yang unik. Hal ini menghasilkan distribusi bobot sebesar 49:51% yang dianggap optimal oleh para insinyur Maranello untuk sebuah mobil sport bermesin tengah-depan.

Purosangue berada di atas rata-rata mobil di pasaran berkat performa dan kenyamanannya. Purosangue adalah satu-satunya mobil dengan proporsi seperti ini yang menggunakan mesin V12 Naturally Aspirated yang dipasang di bagian tengah depan.

Mesin paling ikonik dari Maranello memulai debutnya dalam konfigurasi baru ini untuk memastikan mobil ini menghasilkan tenaga lebih besar daripada mobil-mobil lain di segmennya (725 cv) sekaligus menjamin suara mesin Ferrari yang paling memikat. Selain itu, mesin ini dapat menghasilkan torsi sebesar 80% bahkan pada putaran rendah untuk kenikmatan berkendara yang unik setiap saat.

Sistem penggerak

Dok. PT Eurokars Prima Utama

Mesin Purosangue (dengan nama kode F140IA) mempertahankan arsitektur yang membuat mesin 12-silinder terbaru milik The Prancing Horse ini begitu sukses, yaitu sudut 65° di antara kedua silindernya, kapasitas 6,5 liter, sistem pelumasan dry sump, dan injeksi langsung bertekanan tinggi. Mesin ini dirancang untuk menghasilkan torsi tertinggi pada putaran rendah tanpa kehilangan sensasi tenaga linear yang tidak pernah berhenti khas mesin V12 Ferrari. 

Sejumlah 80% dari torsi maksimum sudah tersedia hanya pada 2.100 RPM dan mencapai puncaknya pada 716 Nm pada 6.250 RPM. Tenaga maksimum 725 cv dicapai pada 7.750 RPM dan respons penyalur udara pada mesin (throttle) merupakan karakteristik dari sebuah mobil sport sejati.

Sistem saluran pemasukan udara, waktu dan pembuangan gas telah didesain ulang sepenuhnya, sementara kepala silinder berasal dari Ferrari 812 Competizione. Perhatian yang besar dicurahkan untuk meningkatkan efisiensi mekanis dan pembakaran, dengan menggunakan konsep kalibrasi yang terinspirasi dari Formula 1. 

Hasilnya adalah mesin paling bertenaga yang pernah dikembangkan oleh Ferrari untuk mobil dengan empat tempat duduk ini juga merupakan mesin yang paling bertenaga di segmennya, serta satu-satunya mesin yang mampu menghasilkan suara mesin Ferrari V12 yang langsung dikenali.

Pengembangan di Ferrari Purosangue

Pengembangan aero Purosangue difokuskan pada pembuatan komponen bodi mobil, bagian bawah bodi mobil, dan diffuser bumper belakang mobil yang sangat efisien. Solusi-solusi barunya termasuk sinergi antara bumper depan dan panel roda yang menghasilkan tirai udara yang secara aerodinamis menutup roda depan, yang dengan demikian mencegah timbulnya turbulensi melintang.

Ferrari juga telah memberikan Purosangue iterasi terbaru dari sistem kontrol dinamis kendaraan yang diperkenalkan pada mobil sportnya yang paling bertenaga dan eksklusif ini, termasuk kemudi empat roda independen dan sistem pengontrol rem anti terkunci (ABS) 'evo' dengan 6-way Chassis Dynamic Sensor (6w-CDS). Sistem suspensi aktif Ferrari yang baru ini memulai debut dunianya. Sistem ini secara efektif mengontrol body roll di tikungan-tikungan serta kontak ban pada jalanan yang penuh gundukan untuk memberikan performa dan respons handling yang sama sebagai mobil sport Ferrari.

Sasis terbaru yang digunakan memiliki atap dari serat karbon sebagai fitur standar untuk menjaga berat bodi mobil tetap rendah dan menurunkan pusat gravitasi. Mendesain ulang cangkang bodi mobil dari awal juga berarti para desainer Ferrari telah mampu menggabungkan pintu belakang yang berengsel belakang (pintu masuk) demi mempermudah akses masuk dan keluar sekaligus menjaga supaya mobil tetap ringkas. Kabinnya memiliki empat kursi elektrik berpenghangat yang dapat menampung empat orang dewasa dengan nyaman.

Bagasi Purosangue adalah yang terbesar yang pernah ada di mobil Ferrari dan kursi belakangnya dapat dilipat untuk menambah ruang bagasi.

Purosangue juga menawarkan angka performa terdepan di kelasnya (dari 0 hingga 100 km/jam dalam 3,3 detik dan dari 0 hingga 200 dalam 10,6 detik); posisi mengemudi dan suara mesin V12 yang garang memberikan pengalaman berkendara yang sama sekali baru namun tetap berkarakter Ferrari sepenuhnya

Fitur Ferrari Purosangue

Fakta bahwa beragam perlengkapan yang berfokus pada kenyamanan disediakan sebagai fitur standar, seperti sistem audio Burmester©, dan bahwa banyak tambahan opsional termasuk sarung jok Alcantara® terbaru, yang berasal dari poliester daur ulang bersertifikat, menjadikan Purosangue sebagai sebuah mobil dengan empat pintu dan empat tempat duduk terlengkap di segmennya.

Ferrari Purosangue dibekali juga sistem keamanan aktif (ADAS) seperti Adaptive Cruise Control (ACC), Automatic Emergency Brake System (AEB), Auto High Beam (HBA/HBAM), Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA), Blind Spot Detection (BSD), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Traffic Sign Recognition (TSR), Driver Drowsiness and Attention (DDA), dan rear-view parking camera (NSW).

Related Topics

Ferrari

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Pengertian Royalti, Jenis, dan Cara Menghitungnya
Surat Utang Negara adalah Surat Berharga, Ketahui Manfaatnya
Alasan Tokopedia TikTok Shop Mulai PHK Karyawan Hari Ini
Pemerintah Usulkan Korban Judi Online Jadi Penerima Bansos
Bunga Acuan BI Diproyeksikan Tetap 6,25%, Ini Faktornya
58% Perusahaan RI Telah Digitalisasi Manajemen Rantai Pasok