Spesifikasi Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Pertama Produksi Indonesia

Selain bebas emisi, interiornya dibuat dari bahan alami.

Spesifikasi Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Pertama Produksi Indonesia
Hyundai Ioniq 5/Dok. Hyundai
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Setelah diperkenalkan pada Februari 2021, Hyundai Ioniq 5 resmi diumumkan Presiden Joko Widodo sebagai mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia pada Rabu (16/3). Mobil listrik ini diproduksi di pabrik Hyundai Motor Manufacturing yang berada di Bekasi, Jawa Barat.

Ioniq 5 adalah mobil listrik pertama Hyundai yang dipasarkan di bawah merek Ioniq dan yang pertama dirancang menggunakan Hyundai Electric Global Modular Platform (E-GMP). 

Sebelum menjadi model produksi, Ioniq 5 berasal dari model konsep bernama Hyundai 45 EV Concept yang pernah dipamerkan di Frankfurt Motor Show pada September 2019.

Hyundai menjelaskan dalam laman resminya, Ioniq 5 terdiri dari empat varian, yaitu standard single speed 2WD dengan kapasitas baterai 58 kW, standard single speed 4WD dengan kapasitas 58 kW, long range single speed 2WD dengan kapasitas 72,6 kW, dan long range single speed 4WD dengan kapasitas 72,6 kW.

Dikutip dari laman Samsat DKI Jakarta, Hyundai Ioniq 5 juga sudah terdaftar dalam harga Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Samsat DKI Jakarta. Ada dua model yang ditawarkan, yakni Ioniq 5 all wheel drive dengan NJKB Rp473 juta dan Ioniq 5 2WD nilai NJKB Rp450 juta.

Harga tersebut tidak jauh berbeda dengan NJKB Kona EV, yakni Rp 488 juta. Sementara itu, Kona Electric saat ini memiliki harga jual kisaran Rp734,9 juta. Diprediksi harga jual Hyundai Ioniq 5 tidak jauh dari tipe sebelumnya yang ada di Indonesia.

Dapur pacu Hyundai Ioniq 5

Hyundai Ioniq 5/Dok. Hyundai

Mobil dengan baterai lithium-ion ini sanggup dikebut sampai kecepatan maksimal 185 km per jam. Akselerasi dari 0 sampai 100 km per jam bisa dicapai dalam 8,5 detik.

Ioniq 5 memiliki panjang keseluruhan 4.6 meter, lebar 1,89 meter, tinggi 1,605 meter, dan jarak sumbu roda 3 meter. Adapun bobot kotornya 2.370 kilogram, serta dilengkapi kapasitas penyimpanan hingga 527 liter.

Ioniq 5 dibekali dengan pengisian daya cepat 350 kW, diklaim bisa mengisi daya dari 10 hingga 80 persen dalam waktu 18 menit. Pengguna Ioniq 5 hanya perlu mengisi daya kendaraan selama lima menit untuk mendapatkan jangkauan 100 kilometer.

Interior berkonsep Living Space di Hyundai Ioniq 5

Interior Hyundai Ioniq 5/Dok. Hyundai

Bagian yang ramah lingkungan bukan hanya dapur pacunya yang tak menghasilkan emisi. Interior juga disebut dibuat dari bahan alami seperti jok kulit yang diwarnai menggunakan ekstraksi minyak tumbuhan dari biji rami.

Perabotan lunak di seluruh kabin terdiri dari tekstil yang berasal dari serat seperti komponen bio tebu, wol dan benang poli, serta bahan tenun dari serat yang terbuat dari botol plastik PET bekas yang dilebur. Permukaan seperti dasbor, sakelar, roda kemudi, dan panel pintu dilapisi cat bio poliuretan yang dibuat dari minyak bunga lobak dan jagung.

Hyundai menjelaskan tema desain interior yang digunakan yaitu Living Space. Konsep ini memudahkan pengguna untuk masuk ke dalam kabin Ioniq 5. Pasalnya lantai yang datar dan rata memungkinkan konsol tengah untuk digeser maju dan mundur dan memberikan ruang tambahan di sekitar pintu.

“Ioniq 5 merupakan sebuah perwujudan dari desain dan tampilan optimis yang menjawab ekspektasi konsumen di era mobil listrik saat ini. Wheelbase yang panjang diwujudkan dengan ruang dimensi yang baru. Kami merancang ruang khusus ini sebagai tempat yang sempurna untuk kembali memulihkan energi dan semangat penggunanya, layaknya seperti sedang berada di rumah,” kata SangYup Lee, Senior Vice President and Head of Hyundai Global Design Center dalam keterangannya, dikutip Kamis (17/3).

Tim Hyundai juga mengoptimalkan fungsi konsol tengah yang selama ini dikenal sebagai ruang buntu. Konsol tengah yang ada di Ioniq 5 tersebut mengadopsi model baru “Universal Island” menggantikan model-model konsol sebelumnya dan menjadi bagian utama dari pengalaman tema Living Space Ioniq 5.

Selain itu, pada kursi pengemudi dan kursi penumpang depan dilengkapi dengan sandaran kaki saat daya listrik kendaraan sedang diisi ulang. Semua kursi dapat dioperasikan dan disesuaikan posisinya, sehingga memudahkan orang dewasa di bagian depan untuk bermain dengan anak-anak mereka ataupun hewan peliharaan yang duduk di belakang.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen