Marclan International, Pemain Baru Bisnis Hotel di Indonesia

Marclan menargetkan mengelola 1.000 kamar hotel pada 2022.

Marclan International, Pemain Baru Bisnis Hotel di Indonesia
Marianna Resort International di Danau Toba/Dok. Marclan International
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Memulai langkah di tengah pandemi Covid-19, Marclan International hadir sebagai pendatang baru di industri hospitality. Didirikan pada Juni 2021, hingga saat ini Marclan International baru memiliki tiga properti yang mencakup 600 kamar. Ketiganya adalah Hotel Des Indes Menteng, Sari Pacific Jakarta, dan Marianna Resort Danau Toba, Sumatera Utara, yang masih dalam tahap konstruksi. 

Executive Director Marclan International, Abhi Gurung menuturkan, sebagai grup perhotelan yang sedang berkembang, target perusahaan adalah memiliki dan mengelola lebih banyak aset di lokasi yang strategis. Pihaknya menargetkan membangun dan mengelola 1.000 kamar hotel hingga akhir 2022.

Masing-masing properti Marclan international memiliki keunikan dan story  tersendiri atau “Uniqueness on its own” dan membuatnya berbeda dengan yang lain. 

“Kami optimistis melalui standar pelayanan berkualitas, Marclan International bisa menunjukkan keunikan bisnis perhotelan dan pariwisata Indonesia ini kepada dunia,” katanya, dalam media briefing di Sari Pacific, Jakarta, Kamis (16/12).

Mengenang sejarah Batavia di Des Indes Menteng

Lobby Hotel Des Indes/Dok. Hotel Des Indes Menteng

Hotel Des Indes Menteng merupakan sebuah tribute bagi sejarah Batavia. Hotel ini menghadirkan kembali kemegahan dari hotel bernama sama, yang dulu sempat disebut sebagai hotel terbaik di Asia. 

“Hotel ini mengingatkan tentang sejarah Hotel Des Indes, hotel dengan nama yang sama pada masa penjajahan Belanda yang menjadi saksi bisu penandatanganan Perjanjian Roem Royen tahun 1949,” kata Irvan, Hotel Manager Des indes Menteng.

Terletak di Menteng, salah satu pusat sejarah dan budaya Jakarta, Hotel Des Indes dikelilingi oleh museum, galeri seni, Taman Menteng, kantor kedutaan besar, bar, dan restoran. Ada 83 kamar dengan 3 tipe kamar, lounge, dan Paloma Resto dengan sajian peranakan-Indonesia.

Marianna Resort International di Danau Toba

Marianna Resort International

Marianna Resort terletak di antara eksotisme dan pesona Danau Toba, Sumatera Utara. Resor ini masih dalam tahap pembangunan dan diperkirakan selesai pada Kuartal IV-2022. Resor ini akan menjadi resor international bintang lima pertama di Danau Toba.

Abhi menyebutkan, Marianna Resort akan memiliki ballroom terbesar di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara, vila privat yang modern, dan pemandangan infinity pool yang menakjubkan. 

Ballroom terbesar di Mariana Resort ini mengakomodasi sektor MICE. Kawasan ini ideal untuk pertemuan bisnis, wedding, ada outdoor area baik lokal maupun internasional yang mendukung pertemuan bisnis. Ada direct flight dari Singapura dan Jakarta juga, jadi akan menggaet market dari situ, termasuk Malaysia,” ujarnya.

Dia menambahkan, ballroom ini diharapkan juga mendukung budaya aktivitas budaya di Sumatera Utara. “Kebiasaan di suku batak kalau party ramai, jadi cocok untuk pertemuan keluarga. Diharapkan dg fasilitas ini kita bisa showcase tradisi dan acara-acara kebudayaan,” katanya.

Sari Pacific Jakarta

Sari Pacific Jakarta

Salah satu portofolio yang diproyeksikan dapat memberikan kontribusi besar bagi Marclan International adalah Sari Pacific Jakarta. General Manager Sari Pacific Jakarta, Martin Fabiano mengatakan, proses renovasi masih berlangsung untuk menghadirkan konsep baru di hotel klasik bergaya Jepang ini.

Selain merenovasi kamar termasuk tipe grand deluxe, renovasi juga dilakukan pada Porte Cochere, gerbang masuk hotel, dan juga fasilitas bisnis. 

"Kami juga akan mengadakan berbagai aktivitas untuk dapat menarik lebih banyak tamu hotel. Termasuk membuka sejumlah gerai F&B tahun depan," kata Martin. 

Toko Sari Delicatessen di Hotel Sari Pacific Jakarta, juga menjadi salah satu keunikan tersendiri karena menerapkan konsep berbeda dalam suasana dan penyajian hidangan. Toko yang berdiri sejak 1976 ini menyuguhkan desain kontemporer minimalis, pengaturan pencahayaan, dan sistem pengeras suara untuk memberikan pengalaman yang menarik bagi pengunjung.

Director of Food and Beverage Sari Pacific Jakarta, Danny Ignatius mengatakan, pengunjung Toko Sari Delicatessen kini dapat menikmati makanan dan minuman di dalam dan luar ruangan. Pelanggan juga bisa menyaksikan bagaimana para chef beraksi di ruangan Chef Theatre.

Sari Delicatessen menghadirkan lebih dari 50 pilihan roti, aneka kue (termasuk Black Forest yang populer), hidangan siap saji khas Jepang dan internasional, hingga daging olahan. "Sari Delicatessen menjadi meeting point baru di pusat kota Jakarta," ujar Danny.

Optimistis portofolio Marclan International tumbuh positif

source_name

Kendati pandemi belum usai, Marclan International tetap optimistis bahwa industri perhotelan dan pariwisata akan meningkat secara substansial pada tahun 2022. Menurut Abhi Gurung, berinvestasi di dunia perhotelan dapat dilakukan kapan pun, apalagi dunia perhotelan dan pariwisata di Indonesia sungguh penuh dengan potensi serta memiliki keunikannya tersendiri. 

“Saat ini, kami menggunakan waktu untuk melakukan perbaikan yang diperlukan agar dapat menikmati hasilnya ketika keadaan sudah membaik,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Martin Fabiano mengatakan tingkat okupansi Hotel Marclan juga terus meningkat, lebih baik dari tahun lalu. Ada tren positif dari pelaku bisnis domestik yang terus meningkat dan hal ini tercermin dari proyeksi okupansi untuk tahun 2022 di Jakarta. Pihaknya yakin keadaan akan berangsur-angsur pulih di akhir 2022 atau di awal 2023.

Sebagai gambaran, industri perhotelan Indonesia termasuk yang paling terpukul oleh pandemi. Menurut Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI), lebih dari 2.000 hotel telah ditutup secara permanen.

“Tahun lalu, kinerja industri secara keseluruhan sangat rendah, menyebabkan banyak hotel ditutup atau kehilangan profitabilitas sepanjang tahun. Sementara ini, dengan pelonggaran PPKM dan pertumbuhan GDP, industri perhotelan melihat hasil positif di bulan Maret dan dari Oktober hingga akhir tahun,” tutur Martin.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Lima Anak Bernard Arnault Jadi Direksi, Penerus LVMH Diragukan
Daftar Produk Paling Laris Dibeli di Tokopedia dan Tiktok Saat Ramadan
Pelaku Usaha dan UMKM Kini Bisa Daftar Sertifikasi Halal Lewat Shopee
Rupiah Tertekan ke Rp16.217 per US$ Usai Data PDB AA Dirilis
Peluang Rebound IHSG Terbuka, Didukung Kebijakan Suku Bunga