Daftar Konglomerat Pemilik Hotel-hotel Mewah di Labuan Bajo

KTT ASEAN di Labuan Bajo datangkan cuan ke pengusaha hotel.

Daftar Konglomerat Pemilik Hotel-hotel Mewah di Labuan Bajo
Pulau Padar, Labuan Bajo. Shutterstock/Sittichai Wangngam
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 Asean 2023 yang akan digelar di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada 9–11 Mei mendatang memiliki delapan agenda pertemuan.

Ada berbagai hotel mewah di Labuan Bajo yang menjadi sorotan utama pemerintah untuk menyambut kehadiran para delegasi dari berbagai negara Asean. Satu di antaranya adalah Meruorah Labuan Bajo sebagai tempat utama ajang internasional tersebut.

Hotel Meruorah dikelola oleh BUMN, yaitu PT ASDP Indonesia Ferry (Persero). Sejak diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2021, hotel ini terus bersolek untuk mendukung penyelenggaraan G20 2022 dan Asean Summit 2023.

Di samping itu, terdapat sejumlah hotel mewah di kawasan Labuan Bajo yang akan meraup untung dengan adanya KTT Asean 2023, yaitu Jayakarta Suites, AYANA, Plataran Komodo, dan lainnya. Lantas, siapa pemilik hotel-hotel mewah di Labuan Bajo?

 

Plataran Komodo Resort & Spa

Ilustrasi: Plataran Komodo Resort & Spa (Dok. Plataran)

Plataran Komodo Resort & Spa ini terletak di lokasi yang menarik, yakni 10 menit dengan berperahu dari kota utama pulau Labuan Bajo, pintu gerbang ke Taman Nasional Komodo yang dilindungi UNESCO.

Tersembunyi di Teluk Pantai Waecicu, Pulau Flores, Plataran Komodo Resort & Spa menawarkan ketenangan di tengah surga tropis Labuan Bajo.

Ada beberapa fasilitas yang ditawarkan: mulai dari olahraga air, mendaki bukit, atau sekadar menikmati keindahan taman bawah laut yang terletak di dermaga dengan panjang 200 meter.

Penginapan mewah ini yang tergabung dalam Plataran Grup ini dibangun oleh suami istri Yozua Makes dan Dewi Makes. Dilansir dari laman resmi perusahaan, bisnis ini dibangun karena keduanya suka menjelajah nusantara, serta memajukan perekonomian masyarakat di bidang pariwisata.

Dengan membawa keunikan Indonesia, Plataran berupaya menghadiran pengalaman liburan bagi wisatawan kelas atas.

Bisnis hotelnya telah berdiri di berbagai wilayah, seperti di Plataran Borobudur, Plataran Heritage Borobudur, Plataran Bromo, Plataran Menjangan, Plataran Canggu, Plataran Ubud, Plataran Komodo, Enam Langit by Plataran, Atlantis Beach Club dan Plataran Private Cruise.

AYANA Komodo Resort

Ilustrasi: AYANA Komodo Resort (Dok. AYANA)

AYANA Komodo Resort, Pantai Waecicu, dibuka pada 15 September 2018 dengan 13 suite dan 192 kamar tamu premium yang terletak di tepi pantai Labuan Bajo.

AYANA Komodo Resort merupakan milik Rudy Suliawan, Presiden Direktur PT Midplaza Prima. Hotel mewah AYANA tersebar di Jakarta, Bali dan Nusa Tenggara Timur. Adapun, Rudy merupakan pengusaha hotel terkemuka yang mendirikan Ritz Carlton Hotel, Resort, and Spa.

Dilansir dari laman perusahaan, AYANA terinspirasi oleh gaya hidup resor santai dengan ruang tamu yang mengundang dan menyatu secara harmonis dengan alam. Setiap kamar memiliki pemandangan laut via jendela besar untuk menangkap matahari terbenam.

AYANA Komodo Resort menawarkan beberapa aktivitas, mulai dari berlayar sambil menikmati terumbu karang, sarapan mewah di tepi laut, melakukan konservasi dengan penanaman terumbu karang, hingga olahraga air lainnya.

Sudamala Resort, Seraya

Ilustrasi: Sudamala Resort, Seraya (Dok. Sudalama)

Sudamala Resort berlokasi di Pulau Seraya Kecil, Flores, yang harus ditempuh menggunakan perahu. Pihak resor menawarkan transportasi gratis dari Kampung Ujung di Labuan Bajo untuk menuju penginapan.

Resor mewah ini terdiri dari total 25 bungalo, sebuah vila pribadi dengan dua kamar tidur, dan 23 bungalo pantai pribadi. Setiap bungalo pantai diatur sebagai unit terasing yang menghadap ke pantai asli dengan pilihan kamar terhubung untuk keluarga dan kelompok lebih besar.

Resor mewah ini dikelola oleh PT Griya Usaha, yang merupakan induk dari Sudamala Resort. Perusahaan tersebut dinakhodai Emily Subrata selaku anak Benjamin Subrata, pendiri Hotel Sudamala di Bali.
 

Luwansa Beach Resort Labuan Bajo

Ilustrasi: Luwansa Beach Resort Labuan Bajo (Dok. Luwansa)

Luwansa Beach Resort Labuan Bajo menawarkan penginapan tepi laut.

Luwansa Beach Resort Labuan Bajo tergabung dalam Luwansa Hotel Group yang dikelola oleh PT Santini Kelola Persada, anggota Grup Santini. Konglomerasi bisnis ini awalnya dibangun oleh Sofjan Wanandi, dan sekarang dijalankan oleh anaknya, Lukito Wanandi dan Emmanuel L. Wanandi.

Dalam kurun empat tahun, Luwansa Hotel Group telah memiliki sejumlah portofolio: Lumire Hotel Jakarta, Luwansa Hotel Palangkaraya, Luwansa Beach & Resort Labuan Bajo, Luwansa Hotel and Convention Center Manado, Villa Ombak Kedungu di Tabanan Bali, dan JS Luwansa Kuningan.

The Jayakarta Suites Komodo-Flores

Ilustrasi: The Jayakarta Suites Komodo-Flores (Dok. Jayakarta)

Dikutip dari laman resmi pudjiadiprestige.co.id, The Jayakarya Suites Komodo-Flores merupakan hotel bintang 5 pertama di Labuan Bajo. Salah satu jaringan Hotel Jayakarta ini didirikan oleh PT Pudjiadi & Sons Tbk. (PNSE) yang dimiliki oleh mendiang Sjukur Pudjiadi.

Saat ini, perusahaan yang telah melantai di Bursa Efek Indonesia (BEI) sejak 1 Mei 1999 itu dipimpin oleh anaknya, Kristian Pudjiadi selaku Presiden Direktur Pudjiadi & Sons.

Hotel Jayakarta Suites Komodo mulai beroperasi pada 2010 dengan total 71 kamar yang terdiri dari 56 kamar deluxe, 14 kamar sweet, dan 1 kamar presidential suite.

 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya