Terbaru, Ini Daftar 10 Gedung Tertinggi di Indonesia

Gedung pencakar langit dijadikan sebagai simbol kemajuan.

Terbaru, Ini Daftar 10 Gedung Tertinggi di Indonesia
Deretan gedung bertingkat di Jakarta, Senin (25/4/2022). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Posisi Gama Tower sebagai gedung tertinggi di Indonesia tahun ini telah tergantikan oleh Autograph Tower.

Melansir data skyscrapercenter.com, Jumat (13/1), ketinggian Autograph Tower mencapai 382,9 meter. Sedangkan, Gama Tower memiliki tinggi 285,5 meter. Adapun pembangunan dari Autograph Tower rampung pada akhir 2022.

Gedung pencakar langit kerap dijadikan sebagai simbol atau ikon suatu wilayah karena merupakan salah satu parameter perkembangan ekonomi sebuah negara atau wilayah.

Gedung-gedung tersebut juga menjadi referensi kemajuan infrastruktur yang dimiliki negara tersebut. Jadi, tidak mengherankan bila gedung-gedung ini dijadikan sebagai salah satu ikon terbaik. Lantas, gedung pencakar langit apa saja yang tertinggi di Indonesia saat ini? Berikut daftar gedung tertinggi di Indonesia.

1. Autograph Tower

Autograph Tower merupakan bagian dari kompleks pengembangan mixed use Thamrin Nine. Gedung setinggi 382,9 meter ini menampung 75 lantai.

Berada di jantung Kota Jakarta dan memiliki sejumlah fasilitas lengkap, pembangunan mixed use Thamrin Nine ini menelan investasi senilai Rp7 triliun.

Autograph Tower dibangun dengan konsep ramah lingkungan sehingga memperoleh label BCA Green Mark Platinum. Bangunan gedung digunakan sebagai hotel maupun perkantoran.

2. Gama Tower

Gedung tertinggi kedua dipegang oleh Gama Tower dengan ketinggian 285,5 meter. Total lantainya berjumlah 68 dan dimanfaatkan sebagai hotel serta perkantoran di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan.

Salah satu hotel yang ada di gedung ini adalah Westin.

3. Treasury Tower

Treasury Tower merupakan salah satu gedung tertinggi di Indonesia selanjutnya. Lokasinya di District 8 at SCBD. Ketinggiannya mencapai 279,5 meter.

Gedung ini merupakan serangkai dengan empat buah bangunan lain: tiga gedung perkantoran dan hotel. Sedangkan untuk jumlah lantai dari Treasury Tower mencapai 57.

4. Jakarta MORI Tower

Jakarta MORI Tower termasuk gedung pencakar langit baru di Jakarta. Pembangunan gedung ini rampung pada 2022 dan dibangun oleh perusahaan asal Jepang, MORI Building.

Tinggi menara ini 266 m dan menawarkan sekitar 190.000 meter persegi kantor, restoran, dan kafe berkualitas tinggi dengan keamanan yang kuat dan kinerja lingkungan yang tinggi.

Lokasinya berada di pusat segitiga emas, bersebelahan dengan lintas Semanggi dan Flyover Semanggi Baru di Jalan Sudirman.

5. Trinity Tower

Gedung tertinggi di Indonesia selanjutnya adalah Trinity Tower, dengan tinggi mencapai 263 meter.

Jumlah lantai dari gedung yang rampung pada 2021 ini mencapai 50. Trinity Tower dikembangkan oleh PT Windas Development Tbk yang merupakan usaha patungan The Gesit Companies, Mitsubishi Estate Asia, Santini Group, dan Shimizu Corporation.

Dulunya Trinity Tower lebih dikenal dengan nama Daswin Office Tower. Letaknya di persimpangan Jl. H.R. Rasuna Said dan Jl. Prof. Dr. Satrio di Jakarta.

6. Wisma 46

Menjulang dengan tinggi 261,9 meter, Wisma 46 memiliki 46 lantai dengan bentuk kurva dan pembangunannya diselesaikan pada 1996. Meski terbilang berumur, namun gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia ini menjadi kantor utama dari Bank BNI dengan nama BNI City Tower.

7. Menara Astra

Gedung yang dimiliki oleh PT Astra International menjadi pencakar langit berlantai 47. Bangunannya dirampungkan pada 2018 dan memiliki ketinggian 261,5 meter.

Letak dari Menara Astra cukup strategis di jantung perekonomian negara, dan mudah diakses dengan berjalan kaki ke halte bus dan stasiun kereta api. Alamatnya berada di Jl. Jenderal Sudirman Kav. 5-6 Sudirman, Jakarta Pusat.

8. Revenue Tower

Revenue Tower adalah gedung perkantoran premium yang terletak di Jakarta, Indonesia. Tinggi pencakar langit tersebut 260 meter dengan total lantai berjumlah 52.

Revenue Tower menawarkan lokasi strategis District 8 di SCBD Jakarta. Hal ini memudahkan aksesnya ke sejumlah perusahaan multinasional, lembaga keuangan terkemuka, hotel terbaik, serta pusat perbelanjaan ibu kota.

9. Sahid Sudirman Center

Gedung pencakar langit ini pertama kali dirancang pada 2012 dan selesai pada 2015, dengan lokasi fisik di Karet, Jakarta Pusat. Tingginya 258 meter dan memiliki 59 lantai. Sahid Sudirman Center sempat menjadi gedung tertinggi di Asia.

 

10. Hotel Raffles

Hotel Raffles, juga dikenal sebagai Ciputra World Hotel, berada di segitiga emas Kuningan. Tingginya 257 meter dengan 52 lantai tanah dan 3 lantai basement. Hotel ini berada di kompleks Ciputra World 1 yang berdekatan dengan Lotte Shopping Avenue.

 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya
Ketahui Apa Bedanya Imigrasi dan Bea Cukai, Jangan Keliru!