7 Bonsai Termahal di Dunia, Harganya Capai Belasan Miliar Rupiah!

Tanaman mewah dengan harga fantastis.

7 Bonsai Termahal di Dunia, Harganya Capai Belasan Miliar Rupiah!
ilustrasi bonsai (unsplash.com/Mark Tegethoff)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Deretan Bonsai Termahal Di Dunia di bawah ini nampaknya akan menambah daftar koleksi Anda, khususnya penggemar Tanaman mewah. 

Bonsai memang dikenal sebagai tanaman pohon yang memiliki nilai yang tinggi. Akan tetapi, beberapa tanaman di bawah ini memiliki harga yang fantastis disebabkan oleh keindahannya, keunikannya, usia, serta jumlahnya yang sedikit atau langka.

Jenis tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah Asia, terkhususnya negara Jepang. Bonsai tidak sekadar tumbuh, tetapi harus dirawat, dipotong, dan dibentuk sedemikian mungkin sehingga memiliki bentuk yang unik dan indah.

Di Indonesia sendiri, bonsai sudah banyak dijumpai dan memiliki penggemarnya tersendiri.

Lantas bagaimana penampakan bonsai termahal di dunia tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Bonsai Pinus (Rp18,5 miliar)

ilustrasi bonsai pinus (dok.bonsaiempire)

Bonsai termahal di dunia jatuh pada bonsai pinus. Adapun penyebab dari tingginya nilai tanaman ini karena usianya yang mampu bertahan hingga berabad-abad.

Untuk harga satu tanaman ini, dijual dari harga US$50 hingga US$1,3 juta. Jika dikonversikan ke dalam mata uang Indonesia (rupiah) sekitar Rp700 ribu sampai Rp18,5 miliar.

Bagi Anda para pemula di dunia bonsai, tidak disarankan untuk memilikinya terlebih dahulu. Bukannya tanpa alasan, jenis bonsai satu ini sangat sulit untuk dirawat. Merawat bonsai ini membutuhkan penataan hingga proses pemangkasan yang memakan tenaga dan pikiran. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah iklim.

2. Old Pine Bonsai Tree (Rp13,1 miliar)

ilustrasi bonsai (unsplash.com/maggie yang)

Bonsai memang tanaman pohon yang berukuran mungil, tapi memiliki harga yang sangat tinggi.  

Salah satu tanaman bonsai yang menjadi primadona adalah jenis Old Pine Bonsai Tree. Harga dari jenis tanaman ini mulai dari Rp700 ribuan. 

Namun, sebuah bonsai untuk jenis pinus putih berhasil terjual di harga 100 juta yen atau Rp13,1 miliar di sebuah pameran bonsai Asia Pasifik di Takamatsu, Jepang.

3. Bonsai Sargent Juniper (Rp4,9 miliar)

ilustrasi Bonsai Sargent Juniper (dok.TheNationalBonsaiFoundation)

Bonsai termahal di dunia selanjutnya Bonsai Sargent Juniper. Tanaman ini merupakan sebuah karya dari seniman bonsai, Masahiko Kimura.

Adapun usia bonsai karya Kimura ini diperkirakan mencapai 250 tahun. Bonsai Sargent Juniper berhasil dijual dengan harga yang fantastis, yakni US$350 ribu atau sama dengan Rp4,9 miliar.

4. Bonsai Shunkaen (Rp1,2 miliar)

ilustrasi Bonsai Shunkaen (dok.bonsaiempire)

Bonsai Shunkaen adalah tanaman miliki seniman bonsai bernama Kunio Kobayashi. Adapun nama Shunkaen diambil dari nama daerah asal bonsai ini, yaitu Kota Shunkaen yang letaknya tidak jauh dari Tokyo, Jepang.

Tanaman pohon mungil ini pernah di tawar dengan harga yang sangat tinggi, yakni US$90 ribu atau sama dengan Rp1,2 miliar. Harga yang begitu tinggi ini disebabkan oleh usia pohon tersebut yang mencapai 800 tahun.

5. Bonsai Kimeng

ilustrasi Bonsai Kimeng (Dok.swindon-bonsai.co.uk)

Bonsai Kimeng masuk dalam deretan bonsai termahal di dunia. Tanaman yang menghiasi pekarangan ini ternyata memiliki nilai jual yang tinggi, yakni Rp1 miliar. Tertarik untuk mengoleksinya?

6. Bonsai Ficus Microcarpa

ilustrasi Bonsai Ficus Microcarpa (dok.bonsaitreegardener)

Bonsai Ficus Microcarpa berasal dari negara Taiwan. Memiliki ukuran yang sedikit besar dan tumbuh di daerah dataran tinggi, bonsai ini menjadi incaran kolektor.

Jenis tanaman ini pernah tampil pada tahun 2018 di Festival Bonsai Surabaya. Pemilik dari Bonsai Ficus Microcarpa adalah seorang kolektor bonsai dari Jakarta.

Tanaman yang memiliki usia 100 tahun lebih tersebut memiliki harga Rp1 miliar. Bonsai ini memiliki harga yang fantastis karena jenis bonsai ini memiliki waktu puluhan tahun untuk bisa besar dan menumbuhkan akarnya.

7. Bonsai Chinese Hackberry

ilustrasi Bonsai Chinese Hackberry (dok.carousell)

Bonsai Chinese Hackberry dapat dikatakan sebagai bonsai tertua yang memiliki usia 65 tahun lebih. Adapun tinggi tanaman tersebut sekitar 50 cm saja.

Meski berukuran mini, harga jenis bonsai ini untuk tiap pohonnya sangat fantastis, dimulai dari ratusan hingga bisa miliaran rupiah.

Itulah tadi bonsai termahal di dunia yang memiliki nilai yang mencengangkan. Apakah Anda tertarik untuk mengoleksi salah satu dari daftar di atas?

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Pialang Adalah: Pengertian, Tugas, dan Cara Kerjanya
Lima Anak Bernard Arnault Jadi Direksi, Penerus LVMH Diragukan
Daftar Produk Paling Laris Dibeli di Tokopedia dan Tiktok Saat Ramadan
Pelaku Usaha dan UMKM Kini Bisa Daftar Sertifikasi Halal Lewat Shopee
Peringatan Bank Dunia: Harga Minyak Global Bakal Naik ke US$100
Astra Otoparts Bagi Dividen Rp828 Miliar, Simak Jadwalnya