5 Logam Mulia Termahal di Dunia, Ada Selain Emas!

Memiliki harga fantastis!

5 Logam Mulia Termahal di Dunia, Ada Selain Emas!
ilustrasi emas sebagai logam mulia termahal (unsplash.com/Zlaťáky.cz)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat lima logam mulia termahal di dunia yang perlu Anda ketahui. Bahkan, ada logam mulia yang memiliki harga ratusan juta per onsnya.

Logam mulia sangat identik dengan emas. Namun, tahukah Anda bahwa emas bukan berada di urutan pertama sebagai logam mulia dengan harga paling mahal? Dikutip fxssi.com, mari simak daftar berikut ini!

1. Rhodium (Rp4,018 miliar/kg)

ilustrasi Rhodium (wikipedia.org/Purpy Pupple)

Logam mulia termahal di dunia pertama adalah rhodium. Harga Rhodium tersebut mencapai US$262.233 per kg atau sama dengan Rp4,018 miliar.

Dilansir iflscience.com (22/8/2023), harga rhodium adalah sebesar US$10.300 atau Rp157,8 juta per ons (kurs Rp15.323).

Ada beberapa alasan membuat Rhodium memiliki harga yang tinggi. Hal ini karena logam mulia ini tidak mudah bereaksi dengan oksigen, tahan terhadap korosi serta oksidasi. 

Selain itu titik leburnya juga sangat tinggi, yakni sebesar 1.964 derajat celcius dan kemampuan bertahannya hingga suhu 600 derajat celcius. Rhodium juga tidak mudah larut dalam asam, sehingga cocok digunakan dalam pembuatan pesawat, mobil, dan lainnya.

2. Iridium (Rp2,041 miliar/kg)

ilustrasi Iridium (dok. thoughtco)

Menyusul posisi kedua sebagai logam mulia termahal adalah iridium. Harga logam mulia ini bisa mencapai US$133.240 atau Rp2,041 miliar per kg.

Iridium sangat cocok digunakan bagian mesin pesawat maupun pipa air bawah tanah. Selain itu, logam mulia ini juga bisa digunakan dalam dunia kedokteran sebagai pengobatan kanker.

Selain itu, elemen iridum juga banyak ditemukan di berbagai produk, yakni ujung pena, bantalan dan timbangan kompas, mesin roket berkekuatan rendah, hingga perangkat memori komputer.

3. Emas (Rp810,17 juta/kg)

ilustrasi emas asli (unsplash.com/Scottsdale Mint)

Emas merupakan logam mulia yang cukup populer. Bahkan, banyak orang yang menjadikannya sebagai instrumen investasi. Diperkirakan harga emas sebesar US$52.870 atau Rp810,17 juta per kg.

Selama berabad-abad, emas digunakan sebagai mata uang, tanda kekayaan, hingga kekuasaan. Hal inilah yang membuat permintaan emas selalu meroket.

Emas banyak digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari membuat peralatan aerospace, barang elektronik, hingga bisa digunakan untuk implan gigi. Meski begitu, tetap saja kegunaan emas utama adalah sebagai perhiasan.

4. Paladium (Rp607,7 juta/kg)

ilustrasi Palladium (dok. thebeautifulcompany)

Posisi keempat logam mulia termahal di dunia selanjutnya adalah paladium. Elemen yang satu ini banyak digunakan dalam dunia otomotif, terutama industri mobil. Untuk harga paladium sendiri berkisar US$39.660 atau setara Rp607.74 juta.

Logam mulia ini mulai populer setelah skandal Dieselgate pada tahun 2018. Sebelumnya, harga paladium jauh lebih rendah dibanding platinum.

Sama seperti emas, paladium mampu melindungi nilainya di tengah inflasi. Hal ini yang membuat logam mulia ini juga menarik untuk dijadikan instrumen investasi.

5. Platinum (Rp417.88 juta)

ilustrasi Platinum (wikipedia.org/Periodictableru)

Platinum adalah salah satu logam mulia yang banyak digunakan. Logam mulia ini banyak digunakan sebagai perhiasan maupun jam tangan mahal edisi terbatas.

Berbeda dengan emas, platinum menjadi salah satu logam mulia yang harganya paling tidak stabil. Selama periode stabilitas dan pertumbuhan ekonomi, harganya bisa naik dua kali lipat dari emas.

Akan tetapi, pada saat yang tidak pasti, nilainya menurun atau jatuh di bawah harga emas.

Itulah tadi sederet logam mulia termahal di dunia yang perlu Anda ketahui. Apakah Anda tertarik untuk mengoleksi salah satu dari daftar di atas?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI