Met Gala 2023: Tema, Tanggal, Pengisi Acara, dan Perkembangannya

Acara fashion tahunan ternama.

Met Gala 2023: Tema, Tanggal, Pengisi Acara, dan Perkembangannya
ilustrasi Met Gala 2022 (dok.vogue)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Dikutip teenvouge.com (24/1/2023), tema Met Gala 2023 telah diumumkan. Acara ini memang menjadi kegiatan yang paling ditunggu oleh para pecinta fashion di seluruh dunia.

Agenda tahunan ini menjadi tempat untuk berkumpulnya pada desainer dan selebritas di seluruh dunia. Acara ini diadakan di The Metropolitan Museum of Art, New York. Di sana, Anda akan melihat sejumlah ragam desain busana yang inovatif.

Untuk itu, acara tahunan ini sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Diperkirakan, Met Gala 2023 akan berlangsung pada 1 Mei 2023.

Lantas, apa itu Met Gala? Apa tema Met Gala 2023? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Apa itu Met Gala?

ilustrasi Met Gala (dok.vogue)

Met Gala adalah acara tahunan yang diadakan oleh pimpinan redaksi Vogue, Anna Wintour. Ajang ini dijadikan tempat unjuk busana terbaik karya desainer dari rumah mode ternama di dunia.

Meski acara ini memiliki kesan yang mewah, tetapi tujuan dari agenda ini adalah penggalangan dana yang privat dan tertutup untuk The Metropolitan Museum of Art, New York.

Perlu untuk diketahui, setiap tahunnya Met Gala memiliki tema yang berbeda-beda. Met Gala 2022 mengusung tema In America: An Anthology of Fashion atau gilded glamour yang berarti glamor berlapis emas.

Apa tema Met Gala 2003?

ilustrasi Met Gala 2022 (dok.vogue)

Adapun tema Met Gala 2023 adalah Karl Lagerfeld: A Line of Beauty. Adapun tema ini tidak jauh berbeda dengan tahun 2017, yaitu Rei Kawakubo/Comme des Garcons: Art of the In-Beauty, dan tahun 2011, yakni Alexander McQueen: Savage Beauty.

Pengusungan tema Met Gala 2023 ini dimaksudkan untuk menghormati desainer Karl Lagerfeld, seorang direktur kreatif Channel atas karyanya di Chloé, serta sejumlah merek ternamanya.

Selain itu, Karl Lagerfeld juga menjadi salah satu toko di industri fashion yang sangat berpengaruh di dunia. 

Melihat tema tersebut, tentu Met Gala 2023 tidak main-main dan menjadi ajang yang sangat dinantikan oleh sejumlah pecinta dunia mode.

Tema Met Gala 2023 sebetulnya telah diumumkan khusus sejak 30 September 2022 oleh Pharrell Williams, salah satu duta dan kolaborator ternama dari Chanel.

Kapan Met Gala 2023?

ilustrasi Met Gala (dok.vogue)

Bagi Anda seorang fashion enthusiast, tentu sudah tidak asing lagi dengan Met Gala. Seusai tradisi, acara ini akan berlangsung pada Senin pertama di bulan Mei.

Vogue mengumumkan tradisi tahunan ini akan diadakan pada 1 Mei 2023 mendatang. Untuk peragaan atau pameran pertunjukan akan dibuka untuk umum pada 5 Mei–16 Juli 2023.

Host Met Gala 2023

ilustrasi Met Gala (dok.vogue)

Pemandu Met Gala di tahun ini akan diisi oleh sejumlah selebriti ternama, yakni penyanyi Dua Lipa, aktris asal Spanyol Penélope Cruz, dan aktris Michaela Coel. Selain itu, Roger Federer yang merupakan petenis terkenal juga akan ikut serta meramaikan acara ini.

Sejarah Met Gala

ilustrasi Met Gala (dok.Vogue)

Sebenarnya, Met Gala pertama kali pada tahun 1948 yang berasal dari sebuah acara makan malam. Agenda ini diprakarsai oleh seorang pemerhati dan jurnalis fashion terkemuka Amerika Serikat, Eleanor Lambert.

Di tahun 1972, eks editor American Vogue, Diana Vreeland menyulap acara tersebut menjadi agenda penting di masyarakat New York. Ia tidak hanya mengundang sejumlah elite di New York, tetapi juga sejumlah bintang-bintang besar, seperti Cher, Andy Warhol, dan Diana Ross.

Di tahun 1995, Anna Wintour menggantikan posisi ketua di Met Gala setelah Diana Vreeland tutup usia di tahun 1989. Di bawah kepemimpinannya, Met Gala menjadi agenda yang dikenal sampai sekarang dan digelar pada bulan Mei dengan tema yang berbeda-beda.

Tema Met Gala dari tahun ke tahun

ilustrasi Met Gala 2022 (dok.vogue)

Berikut ini sederet tema Met Gala tahun terakhir, yakni:

  • 2023, Karl Lagerfeld: A Line of Beauty
  • 2022, In America: An Anthology of Fashion
  • 2021, In America: A Lexicon of Fashion
  • 2020, In America: A Lexicon of Fashion
  • 2019, Camp: Notes on Fashion.

Itulah artikel mengenai Met Gala 2023, mulai dari tema di tahun ini, pemandu acara, serta perkembangan Met Gala dari tahun ke tahun. Apakah Anda juga tidak sabar menunggu ajang akbar tahunan ini?

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen