Tertarik Beli Desa Pribadi? Begini Caranya!

Membeli desa pribadi mirip dengan pembelian pulau pribadi.

Tertarik Beli Desa Pribadi? Begini Caranya!
Ilustrasi properti pribadi. (Shutterstock/Sopotnicki)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Saat ini, membeli kota atau desa bagaikan versi terbaru dari membeli pulau pribadi, sebuah gaya hidup yang hanya bisa dilakukan oleh segelintir orang.

Awalnya, membeli kota termasuk fenomena yang aneh. Bahkan saat jutawan karya fiksi, Johnny Rose, membeli kota bernama Schitt’s Creek untuk putranya yang berulang tahun, dunia terheran-heran.

Padahal, itu merupakan prospek yang menarik di dunia properti. Apalagi, berbagai tokoh publik ternama juga terlibat dalam bisnis tersebut. Siapa saja?

1. Johnny Depp

Johnny Depp merupakan salah satu tokoh ternama yang terlibat dalam penjualan properti. Melansir Standard, bintang Hollywood itu bersiap menjual desa miliknya di Prancis.

Awalnya, dia merogoh kocek US$72 juta untuk merenovasi desa bersejarah itu agar terlihat lebih apik. Kini, dia kabarnya berniat menjual properti itu senilai US$55,5 juta.

Desa itu saat ini terdiri dari perkebunan luas, restoran pribadi, gereja, rumah tamu, alun-alun kota, taman, hingga gua khusus untuk menjamu para tamunya minum anggur.

2. Kanye West

Kanye West juga memutuskan menempati resor seluas 4.500 hektare di Monster Lake Ranch--rumah keduanya selama pandemi. Properti itu bernilai US$14 juta.

Di dalamnya ada berbagai fasilitas; dari bar, peternakan, restoran, lapangan tembak, gedung perkantoran, hingga dua danau khusus pemancingan.

3. Ed Sheeran

Penyanyi Ed Sheeran juga memiliki kota sendiri di dekat kampung halamannya, Framlingham. Namanya Sheeranville.

Secara bertahap, Ed Sheeran membangun empat rumah, pub, studio rekaman, kebun buah, dan sebagainya di kota itu. Pada 2019, dia juga mengajukan izin perencanaan pembangunan rumah ibadah.

4. Elon Musk

Miliarder teknologi Elon Musk, melalui SpaceX, hampir saja membeli Desa Boca Chica di Texas. Awalnya, Musk dan tim berencana mengubah tempat bagi 40 rumah itu menjadi resor dan lokasi peluncuran.

Sayangnya, mereka tak berhasil meyakinkan beberapa penghuni terakhir untuk meninggalkan desa itu.

5. Akon

Penyanyi R&B Akon juga berencana membangun Kota Akon untuk publik yang berfokus pada kripto dan bertenaga solar di Senegal, Afrika Barat. Rencana itu didukung oleh pemerintah setempat. Kabarnya, Akon bakal meletakkan batu pertama pada September 2021.

6. Cara Membeli Kota Pribadi

Jika memiliki modal melimpah, maka Anda juga bisa membeli kota pribadi seperti tokoh-tokoh ternama tersebut. Sebab, kabarnya beberapa desa kosong di Italia dan Spanyol mulai dijual.

Sebagai contoh, pada 2018, hadiah natal selebritas Goop Gwyneth Paltrow adalah Dusun Galicia yang dijual seharga Rp2,6 miliar.

Memang prospek yang menarik. Namun, Anda mesti siap mengeluarkan uang untuk mendandani desa-desa itu agar kembali layak dihuni.

Jika enggan melakukan hal merepotkan seperti itu, maka Anda dapat memilih membeli desa atau kota di Desa Aberllefenni, Wales, UK. Hampir semua rumah di desa itu dijual dalam bentuk satu kavling. Saat ini, harganya mencapai 1,15 juta poundsterling (sekitar Rp22,6 miliar).

Ada pula Desa Stra Brunn di Swedia yang dijual dengan harga 6 juta pound sterling (sekitar Rp117,6 miliar).

Menurut Agen Real Estate, Dafydd Hardy, proses pembeliannya hampir sama dengan properti lain. “Namun, Anda akan mendapatkan lebih banyak properti dalam satu blok,” imbuhnya.

Dia menambahkan, ada berbagai peminat yang ingin membeli kota atau desa pribadi; dari individu, perusahaan dengan portofolio luar biasa, masyarakat lokal, hingga kelompok masyarakat.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan