Comscore Tracker
LUXURY

5 Material Termahal di Dunia, Ada yang Ratusan Triliun per Gram

Material termahal di dunia sangat langka.

5 Material Termahal di Dunia, Ada yang Ratusan Triliun per GramBerlian Hitam dari Luar Angkasa/Dok. Sotheby

by Desy Yuliastuti

Jakarta, FORTUNE - Pernahkah Anda bertanya-tanya apa material termahal di dunia dan mengapa harganya sangat mahal? Berbagai material di dunia ada yang sangat langka dan sulit didapatkan. 

Misalnya, berlian setelah diasah dan menjadi perhiasan maka nilainya bisa juta rupiah per karat, padahal hanya merupakan alotrop dari karbon yang sebelumnya tak bernilai. Faktor mahalnya berlian juga dinilai dari sulitnya proses produksi yang membutuhkan ketelitian tinggi.

Benda apa pun bisa menjadi mahal apabila jumlah permintaannya (demand) lebih besar dari supply-nya. Dengan kata lain, benda tersebut merupakan langka. 

Faktor kelangkaan inilah biasanya nilai pasar suatu material atau benda naik. Selain langka, jumlah yang terbatas turut mendongkrak harganya. Lantas, apa saja material dengan harga paling mahal di dunia? Melansir laman Finansialku, berikut material termahal di dunia yang berharga fantastis

5. Tritium US$30 ribu (Rp452,7 juta) per gram

Tritium adalah senyawa hidrogen yang telah berubah menjadi zat radioaktif secara alami akibat radiasi matahari, sehingga sangat jarang ditemukan di alam. Tritium ini dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi utama PLTN dan generator berbasis neuron.

Meskipun langka, peneliti telah berhasil membuat tritium lewat reaksi nuklir. Tritium buatan manusia bisa dibanderol dengan harga US$30.000 atau kisaran Rp452,7 juta per gramnya (kurs Rp15.091 per dolar AS).

Zat tritium yang tergolong material termahal di dunia ini dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai lampu 'abadi'. Tritium bisa memancarkan cahaya akibat reaksi kimia ketika dengan dicampur dengan zat lain.  Tritium sering digunakan dalam pemberi cahaya pada tanda keluar, senjata, dan produk lainnya yang membutuhkan pemberi cahaya.

4. Berlian: US$55 ribu (Rp830,1 juta) per gram

Berlian atau intan mendapat predikat batu mulia termahal di dunia walaupun kelangkaannya kalah dibanding batu mulia lainnya. Harganya yang mahal tak lepas dari asal usulnya yang merupakan hasil pembentukan molekul karbon yang terkena tekanan dan panas tinggi selama hampir 3,2 miliar tahun.

Berlian termasuk material termahal di dunia yang memiliki nilai tinggi karena paling banyak digunakan sebagai perhiasan, seperti cincin, kalung, anting, dan sebagainya. Dalam industri perhiasan sendiri, harga berlian memang bisa dianggap sebagai yang termahal. Bahkan logam mulia seperti emas atau perak tidak dapat bersaing secara harga dengan berlian yang dibanderol dengan harga sangat fantastis.

Harga berlian juga melambung, sebab menjadi salah satu pilihan aksesoris sekaligus investasi. Tentunya proses produksinya yang membutuhkan ketelitian sangat tinggi juga membuat harga berlian meroket.

3. Californium: US$27 juta (Rp407,59 miliar) per gram

Californium merupakan logam langka yang tidak terbentuk secara natural. Salah satu material termahal di dunia ini pertama kali  ditemukan di California pada 1950. 

Californium bersifat radioaktif tinggi, 1 mikrogram Californium mampu menghasilkan 170 juta partikel neutron setiap menitnya, dan material ini mengakibatkan sifat beracun bagi alam. 

Dalam bidang militer, Californium dapat dimanfaatkan untuk alat pendeteksi bahan peledak, ranjau, hingga peluru meriam yang belum meledak. Selain itu, radiasi gamma Californium dapat digunakan sebagai reaktor nuklir.

2. Jade: US$170 juta (Rp2,566 triliun) per gram

Jade merupakan batu mulia berwarna hijau. Karakteristik warna dari jade adalah warna hijau pucat. Warna hijau batu jade berasal dari unsur mineral tinggi yang ada di dalamnya. 

Batu jade yang konon berasal dari Tiongkok ini juga digunakan untuk terapi kesehatan. Selain Tiongkok, jade juga ditemukan di kawasan lain seperti Tibet dan Myanmar. 

Melansir Finansialku, penemuan terbaru adalah batu jade terbesar dengan berat mencapai 200 ton di Kachin, Myanmar. Batu mulia yang tergolong material termahal di dunia ini kemudian dijual ke Cina untuk diproses menjadi perhiasan mahal nan indah.

1. Antimatter: US$62,5 triliun (Rp943,1 triliun) per gram

Rekor material termahal di dunia dipegang oleh antimatter. Dibutuhkan teknologi tertinggi seperti CERN untuk memproduksi sedikit substansi antimatter. Antimatter merupakan kumpulan partikel dan memiliki muatan serta struktur yang berlawanan dengan partikel bumi.

Melansir detik.com, dalam situs NASA tertera bahwa nilai antimateri atau antimatter ini dihargai US$ 62,5 triliun per gram atau setara dengan Rp943,1 triliun.

Kepala Penelitian dan Teknologi propulsi NASA Dr George Schmidt mengungkapkan jika antimateri ini merupakan bahan bakar terkuat di dunia dan memiliki kepadatan energi yang luar biasa.

Sifat antimatter yang sangat berbahaya dan mampu menghancurkan material lainnya jika dicampurkan, membuat substansi ini tidak diperkenalkan secara langsung kepada dunia.

Demikian daftar material termahal di dunia yang pernah ada. Sulitnya mendapatkan material hingga proses produksi yang tak mudah membuat harga material tersebut melambung tinggi.

Related Articles