Comscore Tracker
LUXURY

7 Bonsai Termahal di Dunia, Tertarik untuk Mengoleksinya?

Tanaman mewah dengan harga fantastis.

7 Bonsai Termahal di Dunia, Tertarik untuk Mengoleksinya?ilustrasi bonsai (unsplash.com/Mark Tegethoff)

by Surti Risanti

Deretan bonsai termahal di dunia di bawah ini nampaknya akan menambah daftar koleksi Anda, khususnya penggemar tanaman mewah. 

Bonsai memang dikenal sebagai tanaman pohon yang memiliki nilai yang tinggi. Akan tetapi, beberapa tanaman di bawah ini memiliki harga yang fantastis disebabkan oleh keindahannya, keunikannya, usia, serta jumlahnya yang sedikit atau langka.

Jenis tanaman ini banyak dibudidayakan di daerah Asia, terkhususnya negara Jepang. Bonsau tidak sekadar tumbuh, tetapi harus dirawat, dipotong, dan dibentuk sedemikian mungkin sehingga memiliki bentuk yang unik dan indah.

Di Indonesia sendiri, bonsai sudah banyak dijumpai dan memiliki penggemarnya tersendiri.

Lantas bagaimana penampakan bonsai termahal di dunia tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Bonsai Pinus (Rp18,5 miliar)

bonsai pinus

Bonsai termahal di dunia jatuh pada bonsai pinus. Adapun penyebab dari tingginya nilai tanaman ini karena usianya yang mampu bertahan hingga berabad-abad.

Untuk harga satu tanaman ini, dijual dari harga US$50 hingga US$1,3 juta. Jika dikonversikan ke dalam mata uang Indonesia (rupiah) sekitar Rp700 ribu sampai Rp18,5 miliar.

Bagi Anda para pemula di dunia bonsai, tidak disarankan untuk memilikinya terlebih dahulu. Bukannya tanpa alasan, jenis bonsai satu ini sangat sulit untuk dirawat. Merawat bonsai ini membutuhkan penataan hingga proses pemangkasan yang memakan tenaga dan pikiran. Hal ini disebabkan oleh berbagai macam faktor, salah satunya adalah iklim.

2. Old Pine Bonsai Tree (Rp13,1 miliar)

Bonsai

Bonsai memang tanaman pohon yang berukuran mungil, tapi memiliki harga yang sangat tinggi.  

Salah satu tanaman bonsai yang menjadi primadona adalah jenis Old Pine Bonsai Tree. Harga dari jenis tanaman ini mulai dari Rp700 ribuan. 

Namun, sebuah bonsai untuk jenis pinus putih berhasil terjual di harga 100 juta yen atau Rp13,1 miliar di sebuah pameran bonsai Asia Pasifik di Takamatsu, Jepang.

3. Bonsai Sargent Juniper (Rp4,9 miliar)

Bonsai Sargent Juniper

Bonsai termahal di dunia selanjutnya Bonsai Sargent Juniper. Tanaman ini merupakan sebuah karya dari seniman bonsai, Masahiko Kimura.

Adapun usia bonsai karya Kimura ini diperkirakan mencapai 250 tahun. Bonsai Sargent Juniper berhasil dijual dengan harga yang fantastis, yakni US$350 ribu atau sama dengan Rp4,9 miliar.

4. Bonsai Shunkaen (Rp1,2 miliar)

Bonsai Shunkaen

Bonsai Shunkaen adalah tanaman miliki seniman bonsai bernama Kunio Kobayashi. Adapun nama Shunkaen diambil dari nama daerah asal bonsai ini, yaitu Kota Shunkaen yang letaknya tidak jauh dari Tokyo, Jepang.

Tanaman pohon mungil ini pernah di tawar dengan harga yang sangat tinggi, yakni US$90 ribu atau sama dengan Rp1,2 miliar. Harga yang begitu tinggi ini disebabkan oleh usia pohon tersebut yang mencapai 800 tahun.

5. Bonsai Kimeng

Bonsai Kimeng

Bonsai Kimeng masuk dalam deretan bonsai termahal di dunia. Tanaman yang menghiasi pekarangan ini ternyata memiliki nilai jual yang tinggi, yakni Rp1 miliar. Tertarik untuk mengoleksinya?

6. Bonsai Ficus Microcarpa

Bonsai Ficus Microcarpa

Bonsai Ficus Microcarpa berasal dari negara Taiwan. Memiliki ukuran yang sedikit besar dan tumbuh di daerah dataran tinggi, bonsai ini menjadi incaran kolektor.

Jenis tanaman ini pernah tampil pada tahun 2018 di Festival Bonsai Surabaya. Pemilik dari Bonsai Ficus Microcarpa adalah seorang kolektor bonsai dari Jakarta.

Tanaman yang memiliki usia 100 tahun lebih tersebut memiliki harga Rp1 miliar. Bonsai ini memiliki harga yang fantastis karena jenis bonsai ini memiliki waktu puluhan tahun untuk bisa besar dan menumbuhkan akarnya.

7. Bonsai Chinese Hackberry

Bonsai Chinese Hackberry

Bonsai Chinese Hackberry dapat dikatakan sebagai bonsai tertua yang memiliki usia 65 tahun lebih. Adapun tinggi tanaman tersebut sekitar 50 cm saja.

Meski berukuran mini, harga jenis bonsai ini untuk tiap pohonnya sangat fantastis, dimulai dari ratusan hingga bisa miliaran rupiah.

Itulah tadi bonsai termahal di dunia yang memiliki nilai yang mencengangkan. Apakah Anda tertarik untuk mengoleksi salah satu dari daftar di atas?

Related Articles