8 Daftar Saham Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI, Sudah Koleksi?

Daftar saham ini bisa dijadikan pilihan investasi

8 Daftar Saham Sektor Perbankan yang Terdaftar di BEI, Sudah Koleksi?
ilustrasi saham (pexels.com/Alesia Kozik)

Fortune Recap

  • Bank Central Asia Tbk (BBCA)
    • BCA memiliki total aset Rp1,4 triliun dengan laba bersih Rp48 triliun per 31 Desember 2023.
  • Bank Rakyat Indonesia Persero (BBRI)
    • BRI meraih laba bersih sebesar Rp20,9 triliun di tahun 2023 yang meningkat 14,2 persen dari tahun sebelumnya.
  • Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII)
    • Maybank Indonesia sukses meraih kinerja keuangan positif di tahun 2023 dengan pertumbuhan aset secara berkelanjutan.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Menentukan pilihan investasi harus diperhatikan setiap investor agar tujuan investasi bisa tercapai. Di antara sektor investasi, Perbankan menjadi salah satu lembaga yang memiliki prospek yang menjanjikan. 

Sektor perbankan juga kerap dianggap sebagai wajah dari kondisi perekonomian negara, sehingga membuat emiten perbankan ini dilirik banyak investor Saham

Bagi Anda yang ingin mencoba berinvestasi di sektor ini atau ingin menambah portofolio, berikut beberapa daftar saham sektor perbankan yang terdaftar di BEI.

1. Bank Central Asia Tbk (BBCA)

Menjadi salah satu perbankan swasta terbesar di Indonesia, Bank Central Asia (BCA) tentu cukup familier di kalangan masyarakat umum dan investor. Perbankan ini juga termasuk ke dalam daftar saham perbankan yang terdaftar di BEI.

Perbankan yang kini dimiliki PT Djarum ini sudah memiliki banyak nasabah yang ada di seluruh Indonesia. Anak perusahaannya juga cukup banyak diantaranya, seperti BCA Finance, Bank Digital BCA, dan lain sebagainya. 

Di tahun 2023, BCA telah sukses melakukan investasi produk dan mengoptimalisasi layanan perbankan lewat kemajuan teknologi terkini. Didukung kemajuan tersebut, jumlah total aset BCA adalah sebesar Rp1,4 triliun dengan total laba bersih sekitar Rp48 triliun per 31 Desember 2023.

2. Bank Rakyat Indonesia Persero (BBRI)

Didirikan pada tahun 1895, Bank Rakyat Indonesia sudah menjadi perbankan yang banyak diandalkan masyarakat Indonesia. Perbankan ini kerap beberapa kali memenangkan sejumlah penghargaan yang cukup bergengsi. 

Berpengalaman lebih dari 120 tahun, membuat BRI menjadi salah satu perbankan dengan portofolio yang menarik. Oleh karena itu, tidak sedikit investor yang berinvestasi pada perbankan milik negara ini karena prospeknya yang cukup menjanjikan.

3. Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO)

Bank Raya Indonesia merupakan anak perusahaan dari Bank Rakyat Indonesia. Perbankan satu ini berfokus pada bank digital sehingga bisa diakses oleh segmentasi masyarakat mikro dan kecil di Indonesia.  

Menawarkan kemudahan dalam mengakses produk perbankan, nasabah Bank Raya cukup banyak didominasi oleh kalangan milenial dan Gen Z. 

Dilihat dari pertumbuhan bisnisnya, Bank Raya cukup memperlihatkan kinerja yang baik diantara bank digital lainnya. Selaras dengan pertumbuhannya, perbankan satu ini memiliki jumlah aset sebesar Rp13,9 triliun.

4. Bank Negara Indonesia Persero (BBNI)

Selain BRI, Bank Negara Indonesia (BNI) merupakan bank milik negara yang masuk ke daftar saham perbankan yang terdaftar di BEI. Perbankan dengan kode emiten BBNI ini berperan besar dalam perekonomian negara. Tak heran, BNI menjadi salah satu perbankan bergengsi di kalangan masyarakat dan investor.

Dengan terus meningkatkan pelayanan bagi nasabahnya, BNI sukses meraih laba bersih sebesar Rp20,9 triliun di tahun 2023 yang meningkat 14,2 persen dari tahun 2022.

5. Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII)

Bank Maybank Indonesia juga termasuk salah satu perbankan swasta terkemuka di Indonesia. Bagian dari grup Malayan Banking Berhad, Bank Maybank sudah beroperasi sejak tahun 1959. 

Sepanjang karirnya, perbankan ini kerap menampilkan perkembangan yang signifikan. Di tahun 2023, perbankan ini sukses meraih kinerja keuangan positif. Hal tersebut juga didukung oleh pertumbuhan aset secara berkelanjutan dan pendapatan yang lebih baik dari tahun sebelumnya. 

Tak ayal lagi, Bank Maybank Indonesia cukup menarik untuk dijadikan pilihan investasi dengan prospek yang menjanjikan. Tertarik untuk berinvestasi pada sektor perbankan ini?

6. Bank Mandiri Persero Tbk (BMRI)

Tak kalah dengan perbankan yang termasuk Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Bank Mandiri juga terlibat secara aktif dalam perkembangan perekonomian negara. 

Bahkan, Bank Mandiri dapat dikatakan sebagai salah satu pemimpin industri perbankan di Indonesia lewat inovasi-inovasinya. Beberapa kali juga sempat memboyong beberapa penghargaan ternama dan bergengsi. 

Lewat penghargaan dan inovasinya tersebut, Bank Mandiri berhasil mendapatkan total aset sebanyak Rp2 triliun dengan laba bersih Rp55 triliun per Desember 2023.

Perbankan yang belum lama ini mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) ini semakin menguatkan posisinya perubahan susunan direksi dan komisarisnya.

7. Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS)

Di tahun 2021, sektor perbankan Indonesia memunculkan inovasi baru dengan menghadirkan PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BSI). Perbankan tersebut merupakan hasil merger PT Bank BRI Syariah Tbk, PT Bank BNI Syariah, dan PT Bank Syariah Mandiri. 

Perbankan yang masuk ke daftar saham perbankan yang terdaftar di BEI ini juga menjadi cermin wajah perbankan syariah di Indonesia. 

Dengan kode saham BRIS, harga saham Bank Syariah Indonesia berada di angka Rp2.850 per lembar di tanggal 13 Maret 2024.

8. Bank KB Bukopin Tbk (BBKP)

Perbankan yang juga menarik dari segi pertumbuhannya, yaitu Bank KB Bukopin. Didirikan pada tahun 1970, perbankan swasta satu ini diakuisisi dan menjadi bagian dari KB Kookmin Bank asal Korea Selatan. 

Hingga sekarang, Bank KB Bukopin sudah memiliki 29 kantor cabang utama dan 142 kantor cabang pembantu yang tersebar di seluruh dunia. 

Dilihat dari perkembangannya, perbankan swasta ini menampilan kinerja keuangan yang baik setiap tahunnya. Di tahun 2022 saja, total aset meningkat sekitar 0,87 persen atau setara dengan Rp780 miliar dari tahun sebelumnya.

Itu dia beberapa daftar saham sektor perbankan yang terdaftar di BEI yang bisa dijadikan diversifikasi portofolio untuk mencapai tujuan investasi. Dari beberapa saham di atas, Anda sudah mengoleksi yang mana?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu