15 Jenis Indeks Saham di Indonesia, Wajib Diketahui Investor

Simak istilah yang umum dipakai dalam investasi

15 Jenis Indeks Saham di Indonesia, Wajib Diketahui Investor
ilustrasi saham (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Fortune Recap

  • Investor perlu memahami istilah-istilah investasi saham
  • Indeks saham di Indonesia meliputi IHGS, IDX80, LQ45, IDX30, dan lainnya
  • Masing-masing jenis indeks memiliki karakteristik dan indikator yang berbeda
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Sebelum terjun ke dalam dunia investasi, investor harus memiliki pengetahuan yang cukup akan istilah-istilah yang akan ditemui. Apalagi investasi saham yang memiliki cukup banyak istilah. 

Dengan bekal yang cukup, Anda bisa berinvestasi lebih mudah sehingga dapat mengatur portofolio sesuai dengan tujuan investasi. 

Di investasi saham, Anda akan menjumpai istilah Indeks Saham. Dilansir dari laman Bursa Efek Indonesia, indeks saham merupakan ukuran statistik yang menggambarkan pergerakan harga saham secara keseluruhan. Ukuran tersebut juga berdasarkan kriteria dan metodologi tertentu serta dievaluasi secara berkala.

Adapun jenis indeks saham di Indonesia yang umumnya dipakai, sebagai berikut:

1. Indeks Harga Saham Gabungan (IHGS)

Indeks Harga Saham Gabungan (IHGS) merupakan salah satu jenis indeks saham di Indonesia yang biasa ditemui dalam investasi saham. 

Jenis indeks ini yang mengukur kinerja harga semua saham yang telah tercatat di Papan Utama dan Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia.

2. IDX80

Untuk mengukur kinerja harga dari 80 saham yang memiliki likuiditas tinggi, IDX80 menjadi jenis indeks yang dipakai.

Selain itu, jenis indeks ini juga mengukur saham dengan kapitalisasi pasar besar dan didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

3. LQ45

Jenis indeks yang dipakai untuk mengukur kinerja harga dari total 45 saham yang memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar serta didukung oleh fundamental yang baik menggunakan LQ45.

4. IDX30

Hampir serupa dengan ID80, jenis indeks IDX30 mengukur kinerja harga dari 30 saham dengan likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar besar. Selain itu, didukung juga dengan fundamental perusahaan itu sendiri yang baik.

5. IDX Quality30

Jika Anda ingin mengukur kinerja harga dari 30 saham secara historis, Anda bisa menggunakan IDX Quality 30. Dengan jenis indeks tersebut, Anda bisa melihat saham perusahaan relatif yang memiliki profitabilitas tinggi, solvabilitas baik, dan pertumbuhan stabil dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

6. IDX Value30

IDX Value30 merupakan jenis indeks di Indonesia yang mengukur kinerja harga dari 30 saham yang memiliki valuasi harga yang rendah dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

7. IDX Growth30

IDX Growth30 berfokus pada kinerja harga dari 30 saham yang mempunyai tren harga relatif pada pertumbuhan laba bersih. Selain itu, pendapatan perusahaan dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

8. IDX ESG Leaders

Bagi Anda yang ingin melihat kinerja saham yang memiliki penilaian environmental, social, dan governance (ESG), jenis indeks IDX EG Leaders bisa dipakai.

Jenis indeks tersebut mengukur saham dengan ESG baik dan tidak terlibat pada kontroversi secara signifikan serta memiliki likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

Untuk penilaian ESG dan analisis kontroversi, dilakukan oleh Sustainalytics.

9. IDX High Dividend 20

IDX High Dividend 20 adalah salah satu jenis indeks saham di Indonesia yang mengukur 20 saham yang membagikan dividen tunai dalam jangka tiga tahun terakhir.

Saham-saham tersebut juga memiliki dividend yield yang tinggi.

10. IDX BUMN20

Sesuai dengan namanya, jenis saham ini  mengukur 20 saham yang terdata sebagai dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Saham dari Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan afiliasinya juga termasuk ke dalam jenis indeks satu ini.

11. Indeks Saham Syariah Indonesia

Dikenal juga dengan sebutan Indonesia Sharia Stock Index (ISII), jenis indeks ini mengukur saham yang dinyatakan sebagai saham syariah sesuai dengan Daftar Efek Syariah (DES).

Saham yang masuk ke dalam jenis ini juga mencangkup seluruh saham di Papan Utama dan Papan Pengembangan yang telah ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

12. IDX Sharia Growth

Dalam konteks pengukuran kinerja pada 30 saham syariah yang memiliki tren pertumbuhan laba, Anda bisa menggunakan jenis indeks IDX Sharia Growth.

Saham yang masuk ke dalam indeks tersebut juga memiliki pendapatan relatif terhadap harga dengan likuiditas transaksi serta kinerja keuangan yang baik.

13. IDX SMC Liquid

IDX SMC Liquid merupakan jenis indeks di Indonesia untuk mengukur kinerja harga dari beberapa saham yang mempunyai kapitalisasi pasar kecil dan menengah.

14. Indeks Papan Utama

Indeks Papan Utama dapat dipahami sebagai jenis indeks yang digunakan untuk mengukur kinerja harga seluruh saham tercatat di Papan Utama Bursa Efek Indonesia.

15. Indeks Papan Pengembangan

Di sisi lain, Indeks Papan Pengembangan dipakai dalam pengukuran kinerja harga seluruh saham yang terdata di Papan Pengembangan Bursa Efek Indonesia. 

Demikian beberapa jenis indeks saham di Indonesia yang biasa digunakan dalam Bursa Efek Indonesia. Setiap jenis mempunyai indikator serta karakteristik yang berbeda untuk masuk ke dalam sebuah indeks. Semoga artikel ini bermanfaat!

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
TDS 3 in Jakarta: NCT Dream, Sebuah Ikon Pertumbuhan
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Ulang Tahun ke-22, Starbucks Indonesia Donasi Rp5 Miliar ke Gaza
Perkuat Ekosistem Kuliner Jepang, J Trust Gandeng Kushikatsu Daruma
Saat Bos Starbucks Bicara Persaingan dengan Brand Kopi Lokal