Mengenal Pengertian Net Buy dan Net Sell Asing di Saham

Menjadi bagian analisis saham

Mengenal Pengertian Net Buy dan Net Sell Asing di Saham
Ilustrasi saham (pexels/alphatradezone)

Fortune Recap

  • Pengertian net buy dan net sell

    Net buy adalah pembelian saham asing lebih besar dari penjualan, mempengaruhi harga saham positif. Net sell adalah penjualan saham lebih besar dari pembelian, mempengaruhi harga saham negatif.

  • Pengaruh net buy dan net sell

    Metrik foreign flow penting untuk investasi saham, menentukan keyakinan investor asing terhadap perekonomian Indonesia. Pergerakan net buy dan net sell memengaruhi pasar saham Indonesia.

  • Cara mengetahui net buy dan net sell saham asing
    1. Buka aplikasi investasi saham Anda
    2. Pilih emiten yang ingin dianalisis atau bagian analisa saham
    3. Klik bagian transaksi asing atau
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Bagi investor yang sudah lama berkecimpung di pasar Saham, tentu sudah tidak asing dengan pengertian net buy dan net sell asing di saham. Rupanya, dua data tersebut memperlihatkan transaksi Investor Asing di pasar saham.

Tidak jarang, kedua data itu juga merupakan hal penting yang diperhatikan oleh para investor. Selain investor domestik, investor asing juga memiliki pengaruh yang besar karena termasuk investor big fund atau investor institusi.

Dengan begitu, pergerakan pasar saham bisa dilakukan dengan analisis berbagai informasi yang komprehensif, termasuk investor asing. 

Untuk Anda yang masih asing dengan istilah tersebut, berikut informasi seputar net buy dan net sell yang akan menambah wawasan.

Pengertian net buy dan net sell

Dalam investasi saham, dikenal analisis mengenai foreign flow atau analisis investasi yang berguna untuk melakukan pemantauan pergerakan dana asing di pasar saham domestik. Analisis tersebut biasanya memakai data penjualan dan pembelian yang hadir dalam bentuk grafik garis.

Pada analisis foreign flow, terdapat pengertian net buy dan net sell asing di saham yang akan Anda jumpai. 

Net buy atau dikenal juga sebutan foreign net buy adalah kondisi ketika investor asing sedang melakukan pembelian dengan transaksi lebih besar dari transaksi penjualan. Biasanya, pembelian tersebut dilakukan oleh investor asing pada periode tertentu sehingga harga saham akan bergerak positif.

Di sisi lain, net sell atau foreign net sell adalah kondisi yang menunjukkan jumlah transaksi penjualan saham jauh lebih besar dari pembelian saham. Dengan kata lain, investor asing sedang menarik dananya yang dapat mengakibatkan harga saham bergerak negatif.

Pengaruh net buy dan net sell

Pada umumnya, metrik foreign flow menjadi salah satu alat bantu dalam melakukan investasi di pasar saham dengan mengikuti pergerakan dana asing.

Dengan melakukan analisis pergerakan tersebut, Anda bisa mengetahui saham big caps yang sedang diinvestasikan oleh investor asing.

Tak heran, keberadaan foreign flow penting dijadikan komponen analisis karena itu Anda harus mengetahui pengertian net buy dan net sell asing di saham yang sudah dijelaskan pada bagian sebelumnya.

Selain berguna untuk mengidentifikasi prospek harga saham, Anda juga melakukan pengukuran keyakinan dan pandangan investor asing dalam berinvestasi di pasar domestik.

Jika metrik net buy sedang positif atau naik, hal tersebut menandakan investor asing percaya dengan kemajuan perekonomian Indonesia di masa. 

Sebaliknya, saat pergerakan net sell lebih besar, investor asing terlihat ragu dan khawatir dengan perekonomian Indonesia dengan menjual sahamnya.

Artinya, investasi investor asing memegang pengaruh besar bagi pergerakan pasar saham Indonesia dan keputusan investasi investor domestik. Hal tersebut bisa terjadi disebabkan oleh transaksi yang dilakukan investor asing biasanya memiliki nilai yang besar.

Cara mengetahui net buy dan net sell saham asing

Untuk bisa memantau pergerakan foreign flow, Anda bisa melakukannya di beberapa aplikasi investasi saham. Cara juga cukup mudah dan bisa langsung dicoba. Secara umum, berikut cara mengetahui net buy dan net sell saham asing.

  1. Bukalah aplikasi investasi saham Anda 
  2. Pilih emiten yang ingin dianalisis atau bagian analisa saham yang bisa disesuaikan dengan aplikasi masing-masing
  3. Kemudian, klik bagian transaksi asing atau foreign 
  4. Di sana, Anda bisa melihat jumlah net buy dan net sell asing di pasar saham domestik.

Itu dia informasi mengenai pengertian net buy dan net sell asing di saham yang perlu Anda ketahui sebagai investor saham. Dengan data tersebut, ada bisa menjadikannya salah satu analisis saat melakukan investasi saham. Semoga artikel ini bermanfaat!

Related Topics

SahamInvestor Asing

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
Cara Pinjam Uang dari BPJS Ketenagakerjaan serta Syaratnya
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Pengertian Google SGE, Fitur, dan Cara Mengaktifkannya
Stanchart Indonesia Tunjuk Rino Donosepoetro Sebagai Cluster CEO
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu