9 Hal yang Berubah di Inggris Setelah Kematian Ratu Elizabeth II

Dari mata uang hingga lagu kebangsaan Inggris berubah.

9 Hal yang Berubah di Inggris Setelah Kematian Ratu Elizabeth II
Raja Charles III bersama mendiang Ratu Elizabeth II. PAUL EDWARDS—WPA POOL/GETTY IMAGES
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Inggris memiliki raja baru, Raja Charles III, setelah Ratu Elizabeth II mangkat di Kastil Balmoral di Skotlandia hari Kamis, 8 September 2022 .

Raja menyebut berita itu sebagai kesedihan yang luar biasa dan mengatakan keluarganya sedang berduka atas kematian seorang ibu yang sangat disayangi dan berdaulat.

Saat Inggris berduka atas kehilangan raja yang paling lama menjabat, para pejabat di balik pintu tertutup akan beraksi, memicu strategi yang direncanakan dengan cermat untuk transisi ke pemimpin baru.

Sementara keluarga kerajaan mengalami perubahan besar, publik Inggris juga secara bertahap akan terbiasa dengan wajah dan nama baru yang muncul dalam kehidupan sehari-hari mereka, saat negara itu memasuki era Raja Charles III.

Dari kemasan makanan hingga perangko, inilah yang akan berubah sekarang setelah kematian Ratu Elizabeth II dan Inggris memiliki raja pertamanya dalam tujuh dekade.

1. Uang

source_name

Pada tahun 1960, Ratu Elizabeth II menjadi penguasa pertama yang wajahnya pada uang kertas dan logam. Namun, semua mata uang di Inggris, yang dikenal sebagai poundsterling, menampilkan potret ratu, yang pada akhirnya akan diganti dengan potret raja.

Bank sentral mengatakan, Bank of England akan membuat uang baru setelah masa berkabung nasional Inggris berakhir. Namun, Royal Mint, yang membuat koin Inggris, belum memerinci tentang kapan akan mulai mengirim koin yang menampilkan Raja ke peredaran

The Guardian melaporkan sekitar 4,5 miliar uang kertas beredar dengan potret ratu, dan itu akan memakan waktu setidaknya dua tahun sebelum digantikan dengan wajah raja. Diperkirakan akan membutuhkan waktu dua tahun untuk melakukan perubahan tersebut setelah gambar raja baru disetujui Istana Buckingham.

2. Perangko dan kotak surat

source_name

Perangko Inggris—kecuali edisi khusus—menampilkan potret ratu, sementara kotak surat diembos dengan kode kerajaan ER-nya, yang merupakan singkatan dari Elizabeth Regina (bahasa Latin untuk ratu).

Setelah pengumuman kematian Ratu Elizabeth II, Royal Mail mengatakan perangko yang tidak terpakai yang telah diterbitkan tetap berlaku, dan akan berkonsultasi dengan Istana Buckingham sebelum membuat pengumuman tentang perangko yang menampilkan Raja baru pada waktu yang tepat.

Kotak surat yang ada akan tetap tidak berubah, sementara yang sudah dalam produksi juga akan mempertahankan lencana Ratu Elizabeth II, Royal Mail menambahkan. Ini adalah praktik standar, dan berarti bahwa beberapa kotak surat di Inggris masih memuat sandi ayah Ratu, George VI.

"Untuk saat ini, kami mengingat dedikasi seumur hidup Ratu untuk pelayanan publik," kata Royal Mail, mengutip Fortune pada Rabu (14/9).

3. Paspor

Waran kerajaan dipajang di department store Harrods London/Dok. Getty Images

Paspor Inggris yang ada saat ini berbunyi: “Her Britannic Majesty’s Secretary of State requests and requires in the Name of Her Majesty all those whom it may concern to allow the bearer to pass freely without let or hindrance.”

Perwakilan untuk Kantor Paspor Inggris tidak segera memberikan komentar ketika dihubungi oleh Fortune, dan belum membuat pengumuman tentang kapan paspor akan diperbarui untuk merujuk ke Raja.

4. Segel persetujuan kerajaan

Waran kerajaan dipajang di department store Harrods London/Dok. Getty Images

Di Inggris Raya, perusahaan atau individu yang menyediakan barang untuk keluarga kerajaan memenuhi syarat untuk mendapatkan surat perintah kerajaan. Ini membuktikan hubungan dagang mereka dengan keluarga kerajaan dan memungkinkan mereka untuk menggunakan Royal Arms saat memasarkan produk mereka.

Misalnya, produsen makanan tertentu di Inggris—termasuk Cadbury, Heinz, dan pembuat Champagne Laurent-Perrier—dapat mencetak Royal Arms pada kemasan produk mereka di samping kata-kata: “By appointment to Her Majesty the Queen,” atau  “Dengan janji dengan Yang Mulia Ratu,” yang memberi tahu konsumen raja telah memberi mereka segel persetujuan kerajaan.

Setelah kematian Ratu, pemegang surat perintah kerajaan yang dikeluarkannya akan dapat terus menggunakan Royal Arms pada produk mereka selama dua tahun.

Raja dapat mengeluarkan surat perintah kerajaan sebagai ahli waris, dan apa pun yang dia berikan sebagai Prince of Wales akan terus dipegang, karena surat perintah itu melekat pada rumah tangganya—bukan gelarnya.

Menurut Royal Warrant Holders Association, 620 surat perintah kerajaan yang dikeluarkan oleh Ratu saat ini sedang digunakan, sedangkan Raja mengeluarkan 182 surat perintah sebagai Prince of Wales.  

5. Penegakan hukum

Dok. Getty Images

Fortune melaporkan, dalam sebuah pernyataan, Mark Fenhalls, chairman England and Wales Bar, mengatakan pengacara yang memiliki gelar Queen's Counsel (QC) akan segera mengubah gelar mereka menjadi King's Counsel (KC).

King's Counsel di Inggris berlaku untuk pengacara atau pengacara yang telah diakui sebagai ahli terkemuka di bidang hukum mereka. Pada tahun 2021, ada 101 profesional hukum ditunjuk sebagai Queen's Counsel.

Di ranah lain dalam penegakan hukum, petugas polisi kemungkinan akan melihat sandi kerajaan pada helm mereka berubah dari helm Elizabeth II ke helm Charles III pada waktunya.

6. Lagu kebangsaan

source_name

Dengan Raja Charles sebagai raja, lagu kebangsaan Inggris akan diubah dari "God Save the Queen" menjadi "God Save the King."

Setelah berita kematian Ratu menyebar, ribuan orang yang berkumpul di luar Istana Buckingham menyanyikan lagu kebangsaan dengan lirik barunya.

7. Gelar keluarga

Dok. Kirsty O'Connor/Pool Photo via AP

Selain gelar Charles, banyak gelar dalam keluarga kerajaan juga berubah. Istri Raja Charles III, Camilla Parker Bowles, sekarang menjadi Permaisuri. Pangeran William dan Kate Middleton, yang dulunya Duke dan Duchess of Cambridge, sekarang menjadi Duke dan Duchess of Cornwall dan Cambridge. 

Dalam pidatonya pada 9 September 2022, Raja Charles III menegaskan bahwa William juga akan mengambil gelar Prince of Wales yang merupakan gelar bagi putra mahkota, yang sebelumnya dijabat oleh Charles. Selain itu, Kate juga akan mengambil gelar Princess of Wales, yang sebelumnya disandang oleh mendiang ibunda William, Putri Diana. 

Meskipun Pangeran Harry dan Meghan Markle telah meninggalkan keluarga kerajaan, ada kemungkinan anak mereka, Archie dan Lilibet, bisa dianugerahi gelar pangeran dan putri.

8. Doa

Ratu Elizabeth II dalam suatu acara yang dihadiri David Cameron, mantan perdana menteri Inggris. Flickr.com/Number 10

Ratu Elizabeth juga berstatus sebagai pemimpin tertinggi Gereja Inggris yang juga dikenal sebagai Anglican. Oleh sebab itu, ada doa untuknya yang tercantum dalam Buku Doa Umum, diterbitkan tahun 1662, yang berbunyi, “replenish her with the grace of thy Holy Spirit, that she may alway incline to thy will, and walk in thy way”. 

Namanya juga terkandung dalam doa ibadat umum yang berbunyi, "rule the heart of thy chosen servant Elizabeth, our Queen and governor, that she may above all things seek thy honour and glory". Perubahan dengan nama raja baru akan dilakukan berdasarkan undang-undang atau surat perintah kerajaan dan dieksekusi oleh Pemimpin Sinode.

9. Bendera Inggris

Bendera Inggris. Shutterstock/leventina

Bendera di seluruh negeri di kantor polisi, gedung pemerintah, dan lokasi lain yang memiliki sandi ratu perlu diganti. Logo baru, beserta warnanya, belum diumumkan.

Mungkin juga bendera standar kerajaan, yang berkibar di sebuah gedung setiap kali kepala keluarga kerajaan berada, bisa berubah. Bendera lain juga yang bisa berubah adalah bendera warna ratu.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
Bukan Cuma Untuk Umrah, Arab Saudi Targetkan 2,2 Juta Wisatawan RI
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M