Kekhawatiran Inflasi Mereda, IHSG Jelang Akhir Pekan Diramal Naik

Dari dalam negeri, IHSG masih didorong rilis kinerja emiten.

Kekhawatiran Inflasi Mereda, IHSG Jelang Akhir Pekan Diramal Naik
Ilustrasi IHSG. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), hari ini, Jumat (12/8) diperkirakan kembali naik. Pada perdagangan kemarin Kamis, (11/2) IHSG ditutup di zona hijau dengan kenaikan 1,04 persen ke level 7.160,38 diikuti pembelian bersih (net buy) asing Rp657 miliar.

Analis Artha Sekuritas, Dennies Christopher, mengatakan secara teknikal, indeks mengindikasikan potensi penguatan. "Pergerakan akan didorong kekhawatiran akan inflasi yang mulai mereda. Sementara dari dalam negeri, masih didorong musim rilis kinerja emiten per semester I 2022," katanya dalam riset.

Inflasi Amerika Serikat pada Juli 2022 tercatat 8,5 persen year-on-year (yoy). Meski masih tergolong tinggi, namun melambat dibandingkan bulan sebelumnya yang mencapai 9,1 persen atau tertinggi dalam lebih dari 40 tahun terakhir.

Perlambatan inflasi membuat pasar optimstis bank sentral AS (The Fed) akan mengurangi pengetatan kebijakan moneter yang selama ini digunakan untuk meredam tingginya inflasi.

Berdasarkan sentimen global tersebut, Dennies memperkirakan IHSG naik di area resistance 7.210 dan 7.185, serta support  di level 7.130 ddan 7.100. Beberapa saham yang dia rekomendasikan untuk dipantau pagi ini: PTPP, CTRA, dan TOWR. 

Konsolidasi wajar

ilustrasi pergerakan saham (unsplash.com/Tech Daily)

Sementara itu, CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya, mengatakan pola pergerakan IHSG pada akhir pekan terlihat masih akan berada dalam rentang konsolidasi wajar dengan kecenderungan menguat.

Langkah menguji level tertinggi sepanjang masa masih akan terlihat dalam pergerakan IHSG dalam beberapa waktu mendatang. "Potensi kenaikan ditunjang oleh maraknya laporan kinerja emiten sepanjang kuartal II dan paruh pertama tahun ini yang diperkirakan akan membaik, hari ini IHSG berpotensi menguat," katanya dalam riset.

Dengan sentimen ini, dia memperkirakan IHSG melaju di rentang 7002 - 7223. Saham-saham pilihan yang menarik dicermati hari ini menurutnya, GGRM, TLKM, BBCA, UNVR, BBNI dan TBIG. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Maret 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi