Israel Balas Serang Iran, Harga Emas dan Dolar Diprediksi Tembus Rekor

Serangan ini mengejutkan para investor global.

Israel Balas Serang Iran, Harga Emas dan Dolar Diprediksi Tembus Rekor
Sejumlah warga mengantre untuk menukarkan uang di salah satu gerai penukaran uang asing di Jakarta, Rabu (17/4). NTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin

Fortune Recap

  • Rudal Israel menghantam lokasi di Iran sebagai tindakan balasan, membuat harga emas dan dolar AS bergejolak.
  • Investor menjadikan aset safe haven sebagai lindung nilai, dengan prediksi harga emas mencapai US$2.500 per troy ounce.
  • Harga minyak mentah dunia melambung menuju US$90 per barel, sementara rupiah melemah hampir 108 poin akibat eskalasi konflik di Timur Tengah.
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Rudal Israel dikabarkan menghantam sebuah lokasi di Iran sebagai tindakan balasan. Serangan Israel terhadap Iran ini membuat komoditas seperti Emas dan Dolar As bergejolak.

Direktur Laba Forexindo Berjangka, Ibrahim Assuaibi, mengatakan sebelumnya telah beredar spekulasi bahwa Israel pada akhir pekan ini akan menyerang Iran. Namun, ternyata, perkiraan itu terjawab pada pagi ini.

Menurut Ibrahim, serangan Israel tersebut telah mengejutkan investor sehingga aset-aset safe haven dijadikan sebagai lindung nilai. 

"Dolar AS akan kembali menguat," kata Ibrahim kepada wartawan, Jumat (19/4).

Selanjutnya, kata Ibrahim, harga emas yang telah melambung akan kembali naik karena serangan ini, bahkan diprediksi akan ke level tertinggi pada US$2.500 per troy ounce. Adapun harga emas Comex saat ini, untuk kontrak Juni 2024 juga menguat 0,23 persen ke US$2.403,70 per troy ounce pada pukul 14.15 WIB.

Rupiah kembali melemah

Ibrahim juga mengatakan harga minyak mentah dunia telah melambung, dengan kemungkinan besar akan menuju US$90 per barel.

Rupiah yang diprediksi bergerak menguat hari ini akhirnya berbalik melemah, dengan hampir 108 poin pelemahan pada pagi ini.

Menurut Ibrahim, hal ini mengindikasikan eskalasi konflik di Timur Tengah memiliki dampak luar biasa. 

Data Bloomberg pada pukul 14.15 WIB menunjukkan rupiah terkoreksi 0,58 persen ke level Rp16.273 per dolar Amerika Serikat (AS) dari posisi penutupan kemarin yang mencapai Rp16.179 per dolar AS.

"Semoga Iran tidak melakukan penyerangan kembali untuk menstabilkan ekonomi global. Hanya satu peluru yang dilesatkan Israel ke Iran dan mengenai sasaran. Artinya, Iran tidak punya perisai untuk menghalau serangan Israel," kata Ibrahim. 

Sebelumnya, dikutip dari kantor berita Fars, terjadi ledakan di barat laut Kota Isfahan—yang berjarak sekitar 350 kilometer dari Teheran, Iran.

Ledakan itu terjadi di dekat bandara internasional Kota Isfahan. Wilayah ini merupakan lokasi pangkalan udara militer Iran, tempat produksi rudal besar, dan fasilitas nuklir.

Pada akhir pekan lalu, Iran meluncurkan ratusan drone dan rudal sebagai serangan balasan setelah dugaan serangan Israel terhadap kompleks kedutaan besarnya di Suriah. Sebagian besar drone dan rudal ditembak jatuh sebelum mencapai targetnya di Israel.

 

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

IDN Media Channels

Most Popular

Ekspor Nonmigas April 2024: Logam Mulia Turun, Nikel Naik
Ini Tips Kelola Keuangan Untuk Pasturi yang LDR Antar Negara
Dibayangi Risiko Geopolitik,Ekonomi RI Diprediksi Tumbuh 5,06% di 2024
Gandeng Spotify, Boss Creator & Podkemas Asia Hadirkan PODFEST 2024
Riset East Ventures: Kesenjangan Digital RI Turun Meski Spread Naik
Impor Barang Konsumsi Januari-April 2024 Melesat 12,55%, Ini Pemicunya