Ini Pengertian dari Free Rider di Perpajakan

Contoh dari free rider ada di sekeliling kita.

Ini Pengertian dari Free Rider di Perpajakan
Shutterstock/Haryanta.p
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Free rider merupakan salah satu penyebab masih rendahnya tax ratio di Indonesia. Hal itu merupakan masalah serius yang harus diselesaikan secara bersama-sama. 

Apalagi, dana dari perpajakan digunakan untuk pembangunan Indonesia. Salah satunya yaitu membiayai berbagai fasilitas dan layanan publik yang selama ini dinikmati oleh masyarakat. 

Namun, edukasi perpajakan juga diperlukan agar tidak ada lagi free rider. Lalu, apa sebenarnya yang dimaksud dengan free rider dalam dunia perpapajan, dan apa saja contohnya? Berikut ulasan selengkapnya. 

Pengertian free rider

Ilustrasi Pajak Kripto. Shutterstock/Wit Olszewski.

Merujuk pada artikel yang ditulis Fontaine, free rider diartikan sebagai tindakan atau praktik mengambil manfaat atau mencari keuntungan dari upaya, pengorbanan atau pengeluaran keuangan orang lain tanpa berkontribusi serupa. 

Sementara itu, OECD Glossary Tax Statistical Term mendefinisikan, free rider menjadi masalah yang muncul ketika suatu perusahaan atau individu mendapat manfaat dari tindakan dan upaya orang lain tanpa membayar atau berbagi biaya (sharing the cost).

Istilah free rider juga kerap disematkan untuk pihak yang turut menikmati manfaat publik, tetapi tidak membayar pajak. Padahal, pajak sekarang menjadi tulang punggung keuangan negara karena menyumbang lebih dari 80 persen dari seluruh pendapatan negara.

Contoh dari free rider ada di sekeliling kita

ilustrasi pajak bea cukai (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Anda dapat menemukan banyak contoh free rider di sekitar Anda, terutama untuk fasilitas yang disediakan untuk publik. Misalnya, lampu jalan. Anda dan tetangga Anda menghabiskan uang untuk penerangan jalan. Setelah dipasang, lampu ini bermanfaat bagi warga sekitar. Misalnya, anak-anak bisa bermain di malam hari.

Meski menguntungkan bagi warga sekitar, warga luar yang melintasi kawasan tersebut juga mendapatkan manfaat yang sama meski tidak ikut membeli. Begitu juga ketika teman Anda berkunjung dari luar kota, mereka juga mendapat manfaat darinya.

Contoh lainnya taman umum. Pembangunan taman umum dibiayai oleh uang publik melalui pajak untuk membayar upah pekerja kebersihan, berkebun, pembebasan lahan, dan sebagainya. Dan, semua orang dapat mengaksesnya, terlepas dari apakah mereka membayar pajak atau tidak.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Maret 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

17 Film Termahal di Dunia, Memiliki Nilai yang Fantastis
Ada Modus Bobol Akun Bank via WhatsApp, Begini Cara Mitigasinya
Bea Cukai Kembali Jadi Samsak Kritik Warganet, Ini Respons Sri Mulyani
Rumah Tapak Diminati, Grup Lippo (LPCK) Raup Marketing Sales Rp325 M
Bahlil: Apple Belum Tindak Lanjuti Investasi di Indonesia
Stanchart: Kemenangan Prabowo Tak Serta Merta Tingkatkan Investasi