5 Daftar Sekuritas di Indonesia Terbaik, Ini Cara Memilihnya!

Pilih sekuritas terbaik untuk investasi jangka panjang Anda.

5 Daftar Sekuritas di Indonesia Terbaik, Ini Cara Memilihnya!
ilustrasi pergerakan saham (pexels.com/D'Vaughn Bell)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Ada beberapa perusahaan yang masuk dalam daftar sekuritas di Indonesia. Sekuritas sebuah bukti mengenai kepemilikan Saham Anda di sebuah perusahaan.

Adapun kegiatan transaksi atau jual beli saham yang dilakukan investor harus melalui perantara perusahaan sekuritas. Artinya, Anda tidak bisa membeli saham di perusahaan publik secara langsung.

Namun, apa itu sekuritas? Berikut penjelasan lebih lanjut dan deretan daftar sekuritas di Indonesia yang perlu diketahui.

Pengertian sekuritas

ilustrasi saham (unsplash.com/Austin Distel)

Bagi Anda yang sudah memiliki jam terbang tinggi di dunia investasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah sekuritas. Banyak orang menyamakan sekuritas memiliki arti yang sama dengan perusahaan sekuritas.

Sekuritas adalah bukti mengenai kepemilikan saham. Selain itu, sekuritas juga sering disebut sebuah instrumen yang mewakili posisi investor mengenai kepemilikan sama pada sebuah perusahaan.

Sedangkan, perusahaan sekuritas adalah perusahaan yang menjadi pihak perantara pembelian saham. Hal ini berarti para investor yang ingin melakukan kegiatan jual beli saham harus menggunakan perantara perusahaan sekuritas terlebih dahulu.

Adapun semua perusahaan sekuritas yang ingin beroperasi harus mengantongi izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Tips memilih perusahaan sekuritas

ilustrasi saham (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Saat ini, banyak sekali perusahaan sekuritas yang bermunculan di Indonesia. Melihat hal tersebut, Anda harus bisa lebih selektif dalam memilih perantara pembelian saham. 

Pasalnya, investasi merupakan aset jangka panjang. Apabila Anda salah memilih perusahaan sekuritas, maka keuntungan yang Anda peroleh akan sedikit atau bahkan bisa menghilang.

Ada oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab menggunakan kedok ini untuk melakukan penipuan. Berikut ini beberapa tips memilih perusahaan sekuritas, di antaranya:

Terdaftar di OJK dan BEI

Syarat utama yang harus dimiliki oleh perusahaan sekuritas tersebut telah mengantongi izin dari OJK. Selain itu, pastikan perusahaan sekuritas yang Anda pilih telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Memiliki Customer Services

Ketika Anda mengalami kendala atau ada hal yang ingin dikonsultasikan terkait investasi, hal yang harus Anda lakukan adalah menghubungi layanan customer service.

Untuk itu, pastikan perusahaan sekuritas yang dipilih memiliki pelayanan yang baik atau bahkan memfasilitasi 24 jam.

Memberikan riset yang mendetail

Perusahaan sekuritas haruslah memberikan informasi mengenai kondisi pasar secara berkala. Apabila hasil riset tersebut tidak masuk akal, maka pertimbangkan kembali untuk memilih perusahaan tersebut.

Memberikan kemudahan bertransaksi

Tips memilih perusahaan sekuritas selanjutnya adalah memastikan bahwa perusahaan sekuritas tersebut memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi, salah satunya dengan menerapkan sistem online pada proses transaksi.

Daftar sekuritas di Indonesia 2022

ilustrasi pergerakan saham (unsplash.com/Kanchanara)

Sebenarnya, ada sekitar 100 perusahaan sekuritas yang telah terdaftar di OJK dan BEI. Pada artikel ini, berikut daftar sekuritas di Indonesia yang bisa jadi bahan pertimbangan Anda, di antaranya:

1. Phillip Sekuritas Indonesia

Perusahaan Phillip Sekuritas Indonesia ini telah tersebar hingga 16 negara dan menjadi bagian dari PhillipCapital.

Ada berbagai layanan yang disediakan, seperti obligasi, saham, reksadana hingga online trading melalui situs POEMS.

2. Indo Premier Sekuritas

Daftar sekuritas di Indonesia terbaik selanjutnya datang dari Indo Premier Sekuritas. Sejak beroperasi pada tahun 1996, perusahaan ini tercatat telah melakukan transaksi obligasi sebesar Rp10 triliun.

3. Mirae Asset Sekuritas Indonesia

Mirae Asset Sekuritas Indonesia berdiri sejak tahun 1994. Salah satu kelebihan dari perusahaan sekuritas ini adalah Anda tidak akan dikenakan biaya administrasi bulanan.

4. BNI Sekuritas

PT Bank Negara Indonesia ternyata memiliki perusahaan sekuritas yang bernama BNI Sekuritas yang telah beroperasi sejak tahun 1995.

Adapun layanan dari perusahaan ini meliputi perdagangan efek, jasa penjamin emisi efek, hingga reksadana.

5. RHB Sekuritas

Perusahaan ini beroperasi sejak tahun 1990 dengan MKBD yang besar. Ada berbagai produk yang ditawarkan, seperti jasa riset investasi, fixed income, equity sales, dan lainnya.

Itulah tadi daftar sekuritas di Indonesia terbaik dan tips cara memilih perusahaan sekuritas. Jadi, sudah siap untuk memulai investasi?

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen