Mengenal Pengertian Yield: Jenis dan Cara Menghitungnya

Ketahui hitung-hitungannya sebelum berinvestasi.

Mengenal Pengertian Yield: Jenis dan Cara Menghitungnya
ilustrasi menghitung investasi (pexels.com/Lukas)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Yield adalah salah satu istilah yang digunakan dalam dunia investasi. Dapat dikatakan, pengertian yield mengacu pada keuntungan yang akan diperoleh oleh para investor setelah menanamkan modalnya.

Ada pula yang menyebutkan yield merupakan imbal hasil yang diterima dari hasil investasi dalam periode jangka waktu tertentu. 

Biasanya, keuntungan tersebut diukur dalam bentuk persentase berdasarkan dari nilai investasi atau aset yang dimiliki investor.

Bagi Anda yang berkecimpung dengan dunia investasi dan masih bingung dengan istilah ini, berikut pengertian yield, jenis, serta cara menghitungnya.

Pengertian yield

ilustrasi pergerakan saham (unsplash.com/Wance Paleri)

Yield merupakan jumlah dana yang akan diterima oleh para investor bila menempatkan suatu produk dalam periode waktu tertentu. Istilahnya, keuntungan yang akan diterima nantinya.

Semua orang yang melakukan investasi pasti mengharapkan profit yang akan diterimanya. Namun, tidak menutup kemungkinan investasi akan membuat Anda merugi. Hal ini bisa terjadi bila Anda tidak mengerti cara menghitungnya.

Banyak beberapa istilah investasi yang merujuk pada keuntungan seperti gain, return, dividen, dan lainnya. Akan tetapi, yield sendiri lebih merujuk kepada imbal hasil sebuah saham bagi para pemegangnya.

Apabila nilai yield besar, maka kemungkinan untuk menanamkan modal pada perusahaan tersebut juga besar. Apa pun yang berhubungan dengan profit dari penjualan hingga dividen atau bagi hasil akan disebut dengan yield.

Perbedaan yield dan return

ilustrasi uang (unsplash.com/micheile dot com)

Yield dan return memang berkaitan dengan nilai keuntungan yang akan diterima oleh investor.

Akan tetapi, yield memiliki cakupan yang luas karena memberikan gambaran tentang keuntungan dan perkembangan sebuah perusahaan, sedangkan return lebih kepada nominal untung rugi yang akan di dapatkan saat berinvestasi.

Selain itu, informasi yield akan tersedia sepanjang waktu, sedangkan return nominalnya telah diketahui pada saat pembagian saham.

Jenis-jenis yield dan cara menghitungnya

ilustrasi saham (unsplash.com/Aidan Hancock)

Apabila Anda ingin berinvestasi, hendaklah mengetahui yield terlebih dahulu. Tentu saja hal ini penting karena tujuan dari investasi tidak lain adalah mendapatkan keuntungan sebanyak-banyaknya. 

Berikut beberapa jenis yield yang bisa Anda pilih serta cara menghitungnya. Berikut adalah penjelasannya:

1. Current yield

Current yield merupakan jenis keuntungan yang akan diterima saat ini atau on-time Anda bisa mengetahui nilai yield dengan melakukan perbandingan kupon yang ditawarkan oleh investor dengan harga obligasi di pasar. 

Adapun rumus perhitungannya adalah:

Current yield = (nilai obligasi x %pertumbuhan tahunan) / harga saham saat ini x 100 persen

Misalnya, sebuah PT memberikan kupon investor sebanyak 10 persen per tahun. Anda melakukan investasi sebesar Rp 5 juta pada perusahaan tersebut. Kira-kira obligasi di pasar yang terjadi sekitar 97 persen.

Maka besarnya nilai current yield saat ini 

Current yield= (10 persen x Rp5 juta / (97 persen x Rp5 juta) x 100 persen 

= Rp5 juta/ Rp4,85 juta x 100 persen = 10,3 persen

Maka, nilai current yield atau kenaikan dari kupon yang ditawarkan adalah sebesar 0,3 persen.

2. Yield dividend

Yield dividend adalah besarnya presentasi dari nilai dividen atau bagi hasil. Untuk harganya sendiri di bandro per lembar saham. Nilai dividend sendiri selalu berubah dan tidak tetap. Berikut rumus perhitungannya:

Yield dividend = (Nilai Obligasi / Keuntungan Per Lembar Saham) X 100 persen

Sebagai contoh, perusahaan menjual saham Rp 4 ribu per lembarnya. Dengan perjanjian bagi hasil yang akan diberikan Rp2 ratus per lembar.Maka, nilai yield dividendnya adalah sebagai berikut.

Yield dividend = Rp2 ratus/ Rp4 ribu x 100 persen = 50 persen

3. Yield to maturity

Jenis yield to maturity ini adalah hasil yang akan Anda terima dari awal hingga masa tenor tertentu. Untuk perhitungannya mirip dengan jenis current yield. Akan tetapi, jenis ini lebih memprediksi untuk kurun waktu yang panjang. Berikut rumus perhitungannya:

Yield to Maturity = [Return + (Nilai Obligasi Sekarang - Nilai Obligasi Terakhir) / Tenor Obligasi] / [(Nilai Obligasi Terakhir + Nilai Obligasi Sekarang) / 2] X 100 perlembar

Contoh, sebuah PT memberikan investor kupon obligasi sebesar Rp 4 juta. Anda melakukan investasi sebesar Rp 12 juta dengan harga obligasi saat itu Rp 10 juta. Maka nilai yield untuk tenor 5 tahun adalah sebagai berikut

Yield to maturity = (Rp4 juta + (Rp12 juta – Rp10 juta)/5) : (Rp12 juta + Rp10 juta) /2) x 100 persen

= Rp1,2 juta/Rp11 juta x 100 persen

= 10,9 persen

4. Yield to call

Yield to call merupakan jenis yield yang membandingkan nilai obligasi terakhir dengan nilai obligasi sekarang atau sampai masa tenor berakhir. Berikut rumus perhitungannya.

Yield to call = [Return + (Nilai Obligasi Sekarang - Nilai Obligasi Terakhir) / Tenor Sampai Calling Saham] / [(Nilai Obligasi Terakhir + Nilai Obligasi Sekarang) / 2] X 100 persen

Contoh, Anda telah berinvestasi sejak tahun 2018 dengan masa tenor 10 tahun. Berdasarkan laporan keuangan, nilai obligasi terakhir adalah Rp4.275 ribu dengan return per lembar saham senilai Rp550. Akan tetapi, pada tahun 2022 Anda ingin menarik kembali sahamnya dengan nilai obligasi saat itu Rp6.120 ribu.

Maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Yield to call = (Rp550 + ( Rp6.120 ribu – Rp4.275 ribu / 3) / ((Rp4.275 ribu +  Rp6.120 ribu) / 2) x 100 persen

= 15,36 persen

Itulah tadi artikel mengenai pengertian yield serta cara menghitungnya. Jadi, Yield adalah keuntungan yang akan diterima oleh investor untuk periode waktu tertentu. Profit yang diterima bervariasi tergantung dari modal dan jenis perhitungannya. Tertarik untuk memulai investasi?

Related Topics

Yield

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Saat Harga Turun, Edwin Soeryadjaya Borong Saham SRTG Lagi
Lampaui Ekspektasi, Pendapatan Coinbase Naik Hingga US$1,6 Miliar
Mengenal Apa Itu UMA pada Saham dan Cara Menghadapinya