7 Perusahaan dengan Market Cap Terbesar di Dunia

Nilai kapitalisasi pasar yang fantastis!

7 Perusahaan dengan Market Cap Terbesar di Dunia
ilustrasi uang (pexels.com/Pixabay)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Market capitalization atau market cap adalah nilai perusahaan ditentukan dari harga pasar sekarang. Nilai tersebut menjadi pedoman bagi para investor untuk memutuskan memilih emiten demi menanamkan modal mereka.

Apabila Anda hendak berinvestasi, berikut ini perusahaan dengan market cap terbesar di dunia yang bisa Anda jadikan alternatif untuk berinvestasi.

Lantas, apa saja perusahaan tersebut? Simak selengkapnya dalam artikel berikut ini daftar perusahaan dengan market cap terbesar di dunia.

Microsoft (MSFT)

ilustrasi Microsoft (dok.microsoft)

Berdasarkan Global Top 100 Companies by Market Capitalization dari PwC (PricewaterhouseCoopers), Microsoft adalah perusahaan dengan market cap terbesar di dunia. Adapun nilai kapitalisasi dari perusahaan tersebut adalah US$905 miliar.

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen tersebut bahkan berhasil mengungguli perusahaan Apple. Pada tahun 2021, saham dari perusahaan Microsoft terus meningkat hingga 50 persen.

Saudi Aramco

ilustrasi Saudi Aramco (dok.reuters)

Kapitalisasi pasar dari perusahaan Saudi Arabian Oil Company atau Saudi Aramco yang sangat tinggi yakni US$1.684,4 miliar.

Pada akhir tahun 2019, perusahaan minyak dan gas (migas) tersebut berhasil menjual saham sebanyak 3 miliar lembar, dengan harga 32 riyal per lembarnya. Hal ini yang membuat nilai kapitalisasi pasar dari perusahaan Saudi Aramco cukup tinggi.

Apple (AAPL)

ilustrasi iPhone (unsplash.com/Miguel Tomás)

Perusahaan dengan market cap terbesar di dunia adalah Apple (AAPL). Perusahaan yang berfokus untuk memproduksi gadget ini sangat laris dan mengalami penjualan yang besar di seluruh dunia. 

Nilai kapitalisasi pasar dari perusahaan asal Amerika tersebut adalah US$1.258,5 miliar. Pada tahun 2020, Apple mencatat pendapatan yang berhasil dikumpulkan mencapai US$273,9 miliar. Dengan total keuntungan sebesar US$58,3 miliar.

Amazon

Ilustrasi Amazon (unsplash.com/Bryan Angelo)

Siapa yang tidak kenal dengan Amazon, perusahaan e-commerce asal Amerika. Adapun nlai kapitalisasi pasar dari perusahaan ini sebesar US$1,6 triliun. Amazon juga berhasil memiliki pendapatan sebesar US$110,8 miliar.

Perusahaan yang didirikan oleh Jeff Bezos tersebut menjadi salah satu perusahaan layanan konsumen yang sangat terkenal di seluruh dunia.

Google Alphabet

ilustrasi Google Alphabet (dok.abc)

Perusahan selanjutnya yang memiliki nilai kapitalisasi pasar terbesar di dunia adalah Google Alphabet dengan nilai perusahaan menyentuh Rp12,9 ribu triliun. Perusahaan induk Google ini juga banyak membawahi perusahaan lainnya.

Saham perusahaan Google Alphabet ini terus meningkat, hal ini sejalan dengan banyaknya konsumen yang menggunakan layanan Google tersebut. 

Meta

ilustrasi facebook (pexels.com/Pixabay)

Perusahaan ini menjadi salah satu perusahaan dengan market cap terbesar di dunia. Adapun nilai kapitalisasi pasar perusahaan tersebut adalah 778,3 miliar US Dolar.

Selain berfokus mengelola Facebook, saat ini perusahaan Meta terus meningkatkan kualitasnya. Salah satu fitur yang sedang dikembangkan adalah Reels di Instagram, di mana fitur tersebut bersaing dengan aplikasi TikTok.

Monetisasi Facebook juga terus mengalami perkembangan yang signifikan. Hal ini membuat perusahaan tersebut cukup terkenal dan menjadi salah satu perusahaan terbesar di dunia.

Tesla

mobil tesla (unsplash.com/Tesla Fans Schweiz)

Kapitalisasi perusahaan Tesla mencapai US$677,4. Perusahaan Elon Musk tersebut memiliki kinerja saham yang fantastis dengan pertumbuhannya yang terus meningkat.

Diketahui saham Tesla kini mampu melampaui Toyota, dengan kapitalisasi pasar sebesar US$1 triliun. Maka tidak heran bila perusahaan mobil listrik ini mampu masuk ke dalam deretan market cap terbesar di dunia.

Itulah tadi daftar perusahaan dengan market cap terbesar di dunia yang memiliki nilai kapitalisasi pasar yang fantastis.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

3 Cara Mengubah Suara Menjadi Teks Untuk Kebutuhan Konten
Cara Melihat Pesan WA yang Terhapus, Tanpa Aplikasi Tambahan
Panduan Cara Ganti Kartu ATM BCA yang Hilang atau Rusak
10 Kacamata Termahal di Dunia Lengkap dengan Harganya!
Usai PHK Karyawan Tesla, Elon Musk Investasi Rp8 Triliun. Buat Apa?
Ekspektasi Fed Pangkas FFR Menguat, IHSG Berpotensi Rebound