Selain BCA, 7 Perusahaan dengan Market Cap Terbesar di Indonesia 2022

Tertarik untuk berinvestasi di perusahaan ini?

Selain BCA, 7 Perusahaan dengan Market Cap Terbesar di Indonesia 2022
ilustrasi uang (unsplash.com/Micheile Dot Com)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Terdapat beberapa perusahaan dengan market cap terbesar di Indonesia. Bagi Anda yang terjun di bidang saham maupun investasi, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah ini.

Market cap atau market capitalization adalah nilai keseluruhan pasar berdasarkan agregat sebuah perusahaan. Perusahaan dengan market cap tertinggi biasanya memiliki fundamental yang bagus. 

Market capitalization digunakan oleh para investor untuk mengetahui ukuran dari perusahaan. Market cap sangat penting digunakan untuk para pendana, agar mereka bisa mengetahui seberapa banyak yang diperlukan untuk membeli saham yang diinginkan.

Market cap atau sebutan lainnya dalam bahasa Indonesia kapitalisasi pasar bisa dihitung. Cara menentukan nilai kapitalisasi pasar adalah outstanding shares yang beredar atau jumlah saham dikalikan dengan harga pasarnya per lembar saham.

Sederhananya, semakin tinggi nilai market capitalization, maka semakin besar pula perusahaan tersebut. Hal ini menunjukkan, dengan menanamkan modal di perusahaan tersebut akan lebih jauh potensial untuk investasi di masa depan.

Selain itu, perusahaan dengan nilai kapitalisasi pasar yang tinggi memberikan kontribusi besar bagi perekonomian. Hal ini terjadi dikarenakan perusahaan tersebut menyumbangkan pajak yang cukup besar di Indonesia.

Bagi Anda yang bingung dengan perusahaan yang ingin diinvestasikan, ada beberapa perusahaan yang bisa dijadikan rujukan. Dilansir Bursa Efek Indonesia (6/9/2022), berikut perusahaan dengan market cap terbesar di Indonesia yang bisa dijadikan rujukan.

BBCA

ilustrasi Bank BCA (dok.BCA)

PT Bank Central Asia Tbk atau BBCA merupakan bank yang tergabung ke dalam Djarum Group. Nilai market cap BCA cukup besar, yaitu Rp1020,1 triliun.

Bila dilihat pada semester 1-2022, berdasarkan kinerja laporan keuangannya, BBCA berhasil memperoleh keuntungan bersih sebesar Rp18,05 triliun atau naik 24,9 persen year-on-year (yoy).

BRI

ilustrasi BRI (pinterest.com/Masdar Budi Santoso)

Perusahaan dengan market cap terbesar di Indonesia kedua adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau BRI. Perusahaan ini merupakan salah satu bank tertua menjadi favorit di kalangan masyarakat.

Selain itu, perusahaan ini menjadi andalan bagi para pelaku UMKM maupun petani karena memberikan pelayanan pinjaman dalam skala kecil.

Adapun nilai kapitalisasi pasarnya sebesar Rp695,65 triliun. BRI berhasil memperoleh laba bersih hingga Rp24,79 triliun atau 98,7 persen pada semester I-2022.

Telkom Indonesia

ilustrasi Telkom Indonesia (dok. Telkom Indonesia)

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (TLKM) menempati posisi ketiga dengan nilai kapitalisasi pasar Rp457,67 triliun. Berdiri sejak tahun 1965, kini Telkom berhasil menjadi salah satu perusahaan terbesar di Indonesia.

Bank Mandiri

ilustrasi Bank Mandiri (dok.Bank Mandiri)

PT Bank Mandiri (Persero) TBK (BMRI) atau Bank Mandiri adalah salah satu bank BUMN terbesar di Indonesia. Adapun nilai market cap dari perusahaan ini mencapai Rp417,67 triliun. 

Berdasarkan pada semester pertama tahun ini, Bank Mandiri berhasil memperoleh laba bersih sebesar Rp20,22 triliun. Hal ini meningkat 61,7 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

GOTO

ilustrasi GOTO (dok.Gotocompany.com)

PT Go To Gojek Tokopedia Tbk menjadi perusahaan dengan market cap terbesar di Indonesia kelima, setelah sebelumnya sempat menduduki posisi ketiga. Tercatat nilai kapitalisasi pasar perusahaan ini Rp333,99 triliun.

Perusahaan ini mampu mendapatkan laba semester I-2022 sebesar Rp3,39 triliun. 

Astra Internasional

Ilustrasi Astra International (dok.Indonesiainvestment.com)

Perusahaan dengan market cap terbesar di Indonesia adalah PT Astra Internasional Tbk (ASII) atau Astra International. Perusahaan swasta ini memiliki nilai kapitalisasi hingga Rp278,32 triliun.

Tak hanya berfokus pada otomotif saja, Astra sendiri banyak memiliki usaha lain yang dijalankan. Mulai dari pertambangan, pertanian, perindustrian, dan konsultasi. Maka tak heran bila nilai market capnya besar.

PT Bayan Resources Tbk

ilustrasi PT Bayan Resources Tbk (dok.bayan.com)

PT Bayan Resources Tbk atau Bayan Group merupakan perusahaan pertambangan pertama di Indonesia. Nilai market cap dari perusahaan ini adalah sebesar Rp223,33 triliun.

Itulah tadi perusahaan dengan market cap terbesar di Indonesia. Tertarik untuk berinvestasi di perusahaan tersebut?

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Apple Minta Maaf atas Iklan iPad Pro yang Tuai Kontroversi
Pertamina Bantah Isu tentang Penghentian Penjualan Pertalite
PT Timah Rombak Jajaran Direksi, Ini Daftar Terbarunya
5 Tips Jaga Privasi Chat di WhatsApp Dengan Manfaatkan Fitur yang Ada
RUPST Bank Mas Absen Bagi Dividen dan Ganti Direktur
Paramount Petals Bangun Area Komersial Berbasis Kota Mandiri