IPO GoTo Berpeluang Angkat Indeks Teknologi Bursa, Apa Alasannya?

GoTo memulai penawaran umum pada Jumat (1/4).

IPO GoTo Berpeluang Angkat Indeks Teknologi Bursa, Apa Alasannya?
Logo GoTo. (Shutterstock/Adansijav Official)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) bakal mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (11/4). Dengan kapitalisasi pasar maksimal sekitar Rp400 triliun, maka IPO dekakorn ini berpotensi mendongkrak indeks teknologi di bursa.

Menurut Deputy Head of Equity Research BNI Sekuritas, Aurellia Setiabudi, IPO GoTo berpotensi mengangkat bobot indeks teknologi BEI hingga 10 persen. “Dengan weighting sektor teknologi sekitar 5 persen, saat GoTo listing, sektor itu akan tumbuh dari 5 persen jadi 10 persen,” ujarnya di gelaran Media Gathering BNI Sekuritas, dikutip Jumat (1/4).

Hal itu akan membawa efek domino positif bagi pasar modal Indonesia, seperti yang terjadi di bursa Amerika Serikat, Cina, dan Korea Selatan.

Terlebih, GoTo memiliki berbagai keunikan sebagai perseroan. Berikut ini perinciannya:

Keunikan IPO GoTo

Logo GoTo. (PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk)

Pertama, GoTo hanya melepas kurang dari lima persen dari jumlah saham, yakni 40,61 miliar lembar saham seri A. Kemudian, nilai nominalnya hanya Rp1 per lembar.

Selain itu, perseroan juga menawarkan opsi penjatahan lebih sampai 15 persen (maksimal 6,09 miliar saham seri A dan treasuri). Ditambah dengan pilihan greenshoe guna menjaga stabilitas harga setelah IPO.

Head of Research NH Korindo Sekuritas, Anggaraksa Arismunandar juga menyoroti keunikan IPO GoTo. Hal itu termasuk pembagian kelas saham GoTo yang terbagi jadi dua seri, nilai nominal per saham yang kecil dengan total peredaran yang besar, serta periode lock-up bagi pemegang saham existing.

Saham GOTO punya pengaruh besar

Ilustrasi logo GoTo. (Shutterstock/Wirestock Creators)

Dengan kapitalisasi pasar yang berpotensi menembus Rp400 triliun, saham GoTo akan punya pengaruh besar bagi indeks teknologi, menurut Analis Senior CSA Research Institute, Reza Priyambada.

Namun, saham dengan kapitalisasi besar (big cap) seperti GoTo bak pisau bermata dua bagi indeks tempatnya bernaung. Ketika harganya naik, maka valuasi indeks akan terdongkrak—begitu pula sebaliknya.

“Kalau misalnya saham-saham itu (big cap) turun, pasti indeks akan turun. Setelah itu, pasti akan menyeret saham lain (di indeks) karena pelaku pasar akan berpersepsi, ‘yang big cap saja turun, masa saya beli yang small cap’, padahal—katakanlah—small cap ini enggak ada isu apa-apa,” jelasnya kepada Fortune Indonesia lewat sambungan telpon.

Fenomena serupa menurutnya terjadi pada PT Bukalapak.com Tbk (BUKA), yang awalnya digadang-gadang memiliki kapitalisasi hingga ratusan miliar rupiah.

“Tapi begitu (sahamnya) Bukalapak turun, ini akan berimbas ke pemain lain seperti fintech,” imbuhnya.

Dalam rangkaian IPO GoTo, perusahaan per hari ini (1/4) memulai masa penawaran umum saham hingga Kamis (7/4). Sedangkan untuk periode pencatatan, dijadwalkan akan digelar 11 April mendatang. 

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Mengenal Proses Screening Interview dan Tahapannya
Cara Mengaktifkan eSIM di iPhone dan Cara Menggunakannya
Perusahaan AS Akan Bangun PLTN Pertama Indonesia Senilai Rp17 Triliun
SMF Akui Kenaikan BI Rate Belum Berdampak ke Bunga KPR Bersubsidi
Digempur Sentimen Negatif, Laba Barito Pacific Tergerus 61,9 Persen
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan