Jejak Investasi East Ventures yang Tak Kenal Sektor

IDN Media terima investasi dari EV Growth pada 2017.

Jejak Investasi East Ventures yang Tak Kenal Sektor
Fortune Indonesia Summit 2022, sesi Roderick Purwana. (IDN Media/Herka Yanis)
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - East Ventures melanglang buana di Asia Tenggara sejak 2009, hingga kini bertumbuh sebagai pemodal ventura berpengaruh. Bibit investasi yang mereka tanam telah berkembang pesat, seperti Tokopedia dan IDN Media.

Managing Partner East Ventures, Roderick Purwana bercerita, kini East Ventures memiliki 6 pendanaan tahap seed dan 2 pendanaan tahap growth. Portofolionya telah melampaui 200 perusahaan, dengan total member 60 di kantor Indonesia dan Singapura.

“Dengan total aset di bawah manajemen di atas US$1 miliar, kami juga baru mengumumkan penggalangan dana terakhir berjumlah sekitar Rp8 triliun itu,” katanya, Kamis (19/5) di acara Fortune Indonesia Summit 2022, di Java Grand Ballroom, The Westin, Jakarta.

Pertumbuhan itu tak lepas dari peran para pendiri perusahaan portofolio East Ventures, menurut Roderick. “Kita enggak bisa seperti hari ini tanpa mereka,” imbuhnya.

Investasi pertama sebagai East Ventures

Fortune Indonesia Summit 2022, sesi Roderick Purwana. (IDN Media/Herka Yanis)

Di Indonesia, East Ventures pertama kali mengucurkan dana ke Tokopedia, yang tahun ini baru menginjak batu loncatan baru; IPO setelah merger dengan Gojek.

Menurutnya, pasar sektor teknologi di Indonesia masih berada di tahap awal, sehingga di bursa domestik persentasenya masih satu digit. Karena itu, perlu edukasi pasar lebih dulu.

“(IPO Tokopedia dengan Gojek) suatu momen luar biasa. Karena kalau bicara investasi, ada harapan financial return, biasanya exit itu dari dua hal: akuisisi dan IPO. Bagi kebanyakan founder, mimpinya IPO,” jelasnya.

Meski GOTO sempat tertekan, Roderick optimis dengan sektor teknologi di Indonesia. Itu berkaca dari fenomena pergerakan saham Amazon dan perusahaan teknologi lain yang tertekan ketika krisis.

Ia berujar, “Ke depannya masih banyak peluang juga. GOTO salah satu yang buka jalan juga untuk banyak perusahaan lain.”

Investasi lewat EV Growth, pertama kali di IDN Media

Fortune Indonesia Summit.

Selain lewat EV, investasi juga disalurkan lewat EV Growth 1 pada 2018. Namun, pendanaan awal telah dikucurkan pada September 2017 ke IDN Media.

“Jadi saya ingat ke kantor lama pada September 2017, yang akhirnya berujung investasi pertama dari EV Growth 1. Hari ini bisa datang ke Fortune Summit yang diprakarsai oleh Indonesia, ini mungkin momen yang sangat luar biasa untuk melihat seberapa jauh kalian sudah berkembang hari ini,” paparnya.

Fortune Indonesia Summit 2022 telah berlangsung pada Rabu (18/5) dan Kamis (19/5) di Java Grand Ballroom, The Westin, Jakarta. Konferensi itu menampilkan para tokoh prominen di dunia bisnis, dari investor, eksekutif perusahaan, hingga ribuan peserta.

Magazine

SEE MORE>
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023
Fortune Indonesia 100
Edisi Agustus 2023
Driving Impactful Change
Edisi Juli 2023

Most Popular

Paylater Layaknya Pedang Bermata Dua, Kenali Risiko dan Manfaatnya
Bidik Pasar ASEAN, Microsoft Investasi US$2,2 Miliar di Malaysia
LPS Bayarkan Klaim Rp237 Miliar ke Nasabah BPR Kolaps dalam 4 Bulan
BI Optimistis Rupiah Menguat ke Rp15.800 per US$, Ini Faktor-faktornya
Saham Anjlok, Problem Starbucks Tak Hanya Aksi Boikot
Rambah Bisnis Es Krim, TGUK Gandeng Aice Siapkan Investasi Rp700 M