MARKET

Akhir Pekan Ini, IHSG Diprediksi Lanjut Menguat Lagi!

Bagaimana dengan proyeksi pergerakan IHSG secara teknikal?

Akhir Pekan Ini, IHSG Diprediksi Lanjut Menguat Lagi!Perdagangan IHSG setelah lebaran. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras)
03 November 2023
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan kembali menguat, Jumat (3/11), melanjutkan kenaikan 1,64 persen kemarin.

Menurut CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya, salah satu sentimen yang akan mendukung laju IHSG, yakni: rilis data Produk Domestik Bruto (PDB) yang diprediksi masih akan menunjukan stabilnya kondisi ekonomi dalam negeri.

"Potensi pergerakan IHSG tampak akan berada di teritori positif, mengingat berdasarkan data perekonomian terlansir menunjukan kondisi ekonomi dalam kondisi stabil," tulisnya dalam riset.

Ia memproyeksikan IHSG akan melaju di kisaran support 6.636 dan resisten di 6.778. Saham-saham pilihannya hari ini, terdiri dari: KLBF, UNVR, WIKA, EXCL, TBIG, HMSP, GGRM, TLKM, dan JSMR.

Menurut Analis Phintraco Sekuritas, Alrich Paskalis Tambolang, pengumuman dat Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) dalam negeri juga dinanti oleh pasar.

Ia memprediksi IHSG akan mencatatkan rebound lanjutan hari ini. Khususnya untuk saham-saham perbankan dengan kapitalisasi besar. Selain itu, ia juga menyoroti saham-saham ACES, MIKA, ADMR, JSMR, MAPI, dan MEDC.

Selain itu, dari pasar internasional, keputusan The Fed untuk tak meningkatkan suku bunga pekan ini memenuhi ekspektasi para pelaku pasar. Ketua The Fed, Jerome Powell dinilai mengisyaratkan bahwa The Fed mulai melonggarkan kebijakan suku bunganya. Yang akhirnya berdampak positif terhadap pasar saham.

"Pernyataan Powell adalah hal yang ingin didengar semua orang," ujar Wakil Presiden Riset Ekuitas Ameriprise Financial, Justin Burgin, dilansir dari Reuters, Jumat.

Analisis teknikal IHSG hari ini

Pria melintasi layar digital pergerakan saham di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (24/6/2022). Pada penutupan perdagangan akhir pekan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup naik 44,67 poin atau 0,64 persen ke 7.042,93. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho)

Sementara itu, secara teknikal, Analis Binaartha Sekuritas, Ivan Rosanova menyebut, IHSG berpotensi melanjutkan kenaikan menuju level 6.821 demi menguji kembali garis SMA-20. Itu adalah level resisten dinamisnya.

Ivan pun memproyeksikan IHSG akan melaju di kisaran support 6.633 dan resisten di 6.968. Menurutnya, IHSG bisa kembali rebound karena masih bertahannya support di 6.633.

Lalu, MNC Sekuritas menambahkan, selama IHSG tidak kembali terkoreksi ke bawah 6.639, maka diperkirakan IHSG telah menyelesaikan wave c dari wave (ii) dan berpeluang melanjutkan penguatannya untuk membentuk awal dari wave (iii) menuju rentang 6.824-6.881 lebih dahulu.

Level support IHSG adalah 6.622 dan 6.578, sedangkan resistennya di 6.840 dan 6.772. Empat saham pilihannya, yakni: JSMR, HRUM, BRPT, dan BBRI.

Related Topics