5 Rekomendasi Pasar Ramadan yang Menjual Takjil Khas Nusantara

Biasanya pasar Ramadan hanya muncul saat bulan puasa.

5 Rekomendasi Pasar Ramadan yang Menjual Takjil Khas Nusantara
Ilustrasi buka puasa bersama. Shutterstock/Zurijeta
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Salah satu tradisi yang dilakukan secara turun temurun saat bulan Ramadan di Indonesia adalah menunggu waktu berbuka dengan mencari takjil. Menariknya, keragaman kuliner dan budaya di Indonesia sudah membuat tradisi ini semakin bervariasi, salah satunya meraknya kegiatan pasar Ramadan.

Pasar Ramadan merupakan pasar tidak tetap yang kemunculannya hanya terjadi di bulan Ramadan. Biasanya, pasar ini menyediakan berbagai kebutuhan khas bulan suci Ramadan, termasuk makanan-makanan untuk berbuka puasa, atau yang biasa disebut takjil.

Melansir laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berikut ini beberapa rekomendasi pasar Ramadan yang bisa dikunjungi sembari berburu takjil, di sejumlah daerah Indonesia.

Pasar Ramadan Aceh

Ngabuburit di Masjid Raya Baiturrahman, Aceh. (ANTARA FOTO /Irwansyah Putra)

Aceh adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki budaya islami cukup kental. Di Aceh, setiap tahun pun pasar Ramadan selalu digelar di dekat bangunan ikonik khas Aceh, yakni Masjid Raya Baiturrahman.

Di pasar Ramadan ini, Anda bisa menemukan berbagai takjil khas masyarakat Aceh yang sangat otentik, seperti kue Bhoi dan Timpan yang manis; mi Caluk Aceh yang kaya akan rasa; sampai dengan Rujak Khas Aceh dan hidangan lainnya.

Pasar Benhil Jakarta

Berburu takjil di pasar Benhil. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Dari Sumatra, kita beralih ke Ibu Kota Jakarta. Salah satu pasar di Jakarta yang terkenal akan keragaman jajanan kaki lima yang begitu beragam adalah Pasar Benhil atau Bendungan Hilir. Meski di luar bulan Ramadan juga ramai sebagai lokasi perdagangan, namun Pasar Benhil menyajikan suasana yang berbeda saat bulan puasa.

Lokasi Pasa Benhil cukup strategis di dekat kawasan perkantoran, sehingga membuat pasar Ramadan ini selalu ramai menjelang waktu berbuka. Ada banyak sekali jenis makanan berbuka yang dijual di Pasar Benhil, mulai dari bubur kampiun, lemang, ikan bakar, es campur, hingga aneka gorengan. Bahkan, kita juga bisa menemukan makanan khas Betawi di Pasar Ramadan Benhil, yakni Soto Betawi.

Pasar Pusdai Bandung

Jajaran para pedagang Pasar Ramadan di sekitar Masjid Pusdai Bandung. (IDNTimes/Debbie Sutrisno)

Bandung yang terkenal dengan kuliner inovatifnya ini juga memiliki ciri tersendiri Pasar Ramadan untuk berburu takjil. Namanya Pasar Pusdai (Pusat Dakwah Islam), yang hanya buka pada saat Ramadan dan hari Jumat saja.

Di tempat ini, ada berbagai hidangan berbuka puasa khas Jawa Barat pun bisa kita temukan. Sebut saja, cimol, batagor, es doger, es oyen, hingga cireng, banyak sekali dijajakan di pasar ini.

Kampung Ramadan Jogokariyan

Kampung Ramadan Jogokariyan. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Meski masih di Pulau Jawa, namun semarak bulan Ramadan di kota pelajar Yogyakarta sangatlah berbeda. Keramahan khas masyarakat Yogya berbalut dengan budayanya yang lembut serta penuh kesopanan, selalu berhasil merengkuh hati para pelancong.

Apalagi, saat Ramadan, Kampung Ramadan Jogokariyan selalu hadir dan menyajikan berbagai macam hidangan berbuka puasa yang unik dan lezat.

Di Kampung Ramadan Jogokariyan terdapat beragam takjil khas Yogyakarta yang ditawarkan, mulai dari kolak, kipo, jenang mutiara, tiwul, hingga gatot. Takjil-takjil tersebut memiliki rasa yang nikmat, bercitarasa otentik, dan sangat cocok dijadikan menu berbuka puasa.

Pasar Wadai Banjarmasin

Pasar Wadai Banjarmasin. (ANTARA FOTO/Bayu Pratama S)

Salah satu pasar Ramadan teramai juga ada di Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Menariknya, Pasar Wadai dikelola oleh Pemerintah Daerah dan lokasinya berpindah-pindah setiap tahunnya. Pada Ramadan di tahun 2023 ini, Pasar Wadai ditempatkan di Siring Sungai Martapura.

Pasar Wadai sudah sejak lama jadi gelaran yang ditunggu oleh masyarakat Banjarmasin, terutama saat bulan Ramadan menyapa. Berbagai kuliner khas Banjarmasin pun tersedia, khususnya sebagai takjil berbuka puasa. Di tempat ini, kita bisa menemukan sajian khas Banjarmasin, seperti bingka kentang, amparan tatak pisang, papari, ipau, hingga laksa dan sejumlah makanan lainnya.

Demikianlah 5 rekomendasi pasar Ramadan yang bisa menjadi tempat ngabuburit, menunggu waktu berbuka puasa sambil mencari takjil yang otentik dan nikmat, khas Nusantara. Semoga bermanfaat.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Membuat Akun PayPal dengan Mudah, Tanpa Kartu Kredit!
UOB Sediakan Kartu Kredit Khusus Wanita, Miliki Nasabah 70 ribu
Kelas BPJS Kesehatan Dihapus tapi Iuran Tetap Beda, Seperti Apa?
IBM Indonesia Ungkap Fungsi WatsonX Bagi Digitalisasi Sektor Keuangan
Survei BI: Tren Harga Rumah Tapak Masih Naik di Awal 2024
Saksi Sidang Kasus Korupsi Tol MBZ Sebut Mutu Beton Tak Sesuai SNI