Bank Dunia Analisis Kinerja Kartu Prakerja, Ini 3 Temuannya

Kartu Prakerja terapkan sistem pembayaran G2P.

Bank Dunia Analisis Kinerja Kartu Prakerja, Ini 3 Temuannya
Shutterstock/Julio Ricco
Follow Fortune Indonesia untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow WhatsApp Channel & Google News

Jakarta, FORTUNE – Bank Dunia bersama Tim nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) menganalisis kontribusi Kartu Prakerja terhadap inklusi keuangan dan transformasi digital di Indonesia, dan menghasilkan beberapa temuan.

Dalam acara rilis Laporan Tahunan Kartu Prakerja 2021, Kepala Perwakilan Bank Dunia untuk Indonesia dan Timor-Leste, Satu Kahkonen, menyampaikan tiga temuan sebagai hasil analisis itu.

Pertama, Bank Dunia menyatakan pentingnya memberikan menu pilihan penyedia rekening bank kepada penerima bantuan sosial. “Kartu Prakerja merencanakan perluasan opsi penyedia rekening bank yang diharapkan dapat meningkatkan penggunaan rekening bank,” katanya, Rabu (27/7).

Temuan kedua yang disampaikan Satu adalah mayoritas pengguna cenderung langsung mencairkan pembayaran bantuan sosial. Oleh sebab itu, Satu menyampaikan perlunya diringan peralihan ke sistem pembayaran digital.

Ketiga, temuan yang menunjukkan bahwa sistem pembayaran Government to Person (G2P) punya lebih banyak ruang untuk mendorong inklusi keuangan melalui kolaborasi antara pemerintah dan penyedia pembayaran.

Pentingnya sistem pembayaran G2P

Ilustrasi Bank Dunia/Shutterstock Bumble Dee

Satu mengatakan bahwa sistem pembayaran G2P–seperti yang diterapkan oleh kartu Prakerja–merupakan bantuan yang penting untuk diberikan dengan cara yang aman, terjamin, dan efisien. “Kartu Prakerja merupakan program pasar tenaga kerja dan bantuan sosial aktif pertama di Indonesia yang menerapkan sistem G2P,” tuturnya.

Oleh karena itu, Kartu Prakerja cocok untuk dijadikan studi kasus dalam mengevaluasi kecukupan bantuan sosial dalam menanggapi pandemi, dilihat dari sisi pemenuhan kebutuhan pengguna serta pemahaman pengalaman pengguna dengan sistem pembayaran pandemi. “Kami harap, temuan ini dapat membantu pemerintah untuk lebih mengembangkan program Kartu Prakerja,” katanya.

Inklusivitas kartu Prakerja

Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto. (Tangkapan layar)

Menanggapi temuan Bank Dunia, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, mengatakan bahwa kartu Prakerja memang sudah terbukti inklusif. Hingga saat ini, peserta program kartu Prakerja sudah mencapai 13,4 juta orang di  Indonesia.

“Kabupaten Merauke sebanyak 16.908 orang, Sabang sebanyak 1.653 orang, hingga Kepulauan Talaud sebanyak 2.924 orang,” ujarnya dalam acara yang sama.

Ia menambahkan bahwa peserta kartu Prakerja pun relatif seimbang antara pria dan Wanita, termasuk melibatkan disabilitas, orang tua, sampai dengan peserta dengan pendidikan Sekolah dasar (SD). Dengan demikian, maka agenda pembangunan berkelanjutan (SDGs) pun bisa tercapai, yakni Leave No One Behind

“Jumlah tersebut bukan hanya angka, namun ini adalah sumber daya manusia yang luar biasa,” ujar Menko Airlangga.

Pengembangan kartu Prakerja

Warga mengakses laman website PraKerja di Rangkasbitung, Lebak, Banten, Jumat (14/1/2022). ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Salah satu pengembangan program Kartu Prakerja adalah persiapan skema offline atau normal bagi para pesertanya. Hal ini dilakukan seiring dengan pandemi Covid-19 yang kini relatif lebih dapat teratasi dengan berbagai vaksinasi yang diterapkan pemerintah.

“Fokus utama skema normal bukan lagi pada bantuan sosialnya, seperti yang dijalankan sebelumnya, tapi akan fokus pada peningkatan skill (keterampilan) penerimanya,” ujar deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan dan UMKM, Kemenko Perekonomian, Rudy Salahuddin, di Jakarta, Jumat (1/7).

Skema ini, kata Rudy, akan berfokus pada peningkatan keterampilan dan bukan lagi semi bantuan sosial. Jadi, nantinya bantuan biaya pelatihan akan lebih besar dari insentif yang diberikan. Pemerintah pun dapat mendorong berbagai pelatihan dengan kompetensi yang relevan dengan kebutuhan pasar.

Magazine

SEE MORE>
Chronicle of Greatness
Edisi April 2024
[Dis] Advantages As First Movers
Edisi Maret 2024
Fortune Indonesia 40 Under 40
Edisi Februari 2024
Investor's Guide 2024
Edisi Januari 2024
Change the World 2023
Edisi Desember 2023
Back for More
Edisi November 2023
Businessperson of the Year 2023
Edisi Oktober 2023
Rethinking Wellness
Edisi September 2023

Most Popular

Cara Daftar BRImo Secara Online Tanpa ke Bank, Ini Panduannya
Jumlah Negara di Dunia Berdasarkan Keanggotaan PBB
Erick Thohir Buka Kemungkinan Bawa Kasus Indofarma ke Jalur Hukum
Daftar Emiten Buyback Saham per Mei 2024, Big Caps!
Pacu Dana Murah, CASA BTN Capai 50,1%
Pabrik BATA Purwakarta Tutup, Asosiasi: Pasar Domestik Menantang